Hubungan Spritual Quotient Ibu terhadap Tingkat Stres Ibu yang Mendampingi Anak Kelas 1-3 Sekolah Dasar yang Melaksanakan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Rifki Alfia Nuriska, Suprihhartini Suprihhartini, Andra Novitasari

Sari


Dampak pandemi virus Covid-19 telah memengaruhi bidang pendidikan, dimana pembelajaran yang semula dengan metode tatap muka, diubah menjadi metode daring. Hal ini membuat sebagian ibu merasa stres mendampingi anaknya belajar dari rumah. Salah satu faktor yang berperan dalam mengendalikan stres adalah Spiritual Quotient(SQ). Ibu yang memiliki SQ tinggi akan mampu mengendalikan stres.

Kata Kunci


dampak pandemi; Spiritual Quotient; stres ibu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Z. (2020) ‘Peran dan Fungsi Keluarga dalam Pendampingan Pendidikan Anak di Tengah Pandemi COVID_19’, 2.

‘Andina, E. “Protection of Mental Disorders Risk Group”, Aspirasi, 4(2), pp.’ (2013), pp. 143–154.

Arifin, Nur. Manajemen Sumberdaya Manusia: Teori dan Kasus (2013). Jepara: PERS UNISNU.

Aswandi, F. et al (2017) ‘Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak’.

Aswandi, F., Nurfianti, A. and Ernawati (2017) ‘Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak’, Jurnal ProNer, 3(1), pp. 1–13.

Azzahra, F. (2017) ‘Pengaruh Relisiensi Terhadap Distres Psikologis Pada Mahasiswa’, jipt, 05, p. 80.

Blonna, R. (2006) Coping with stress in a changing world. McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages.

Burhaein, E. (2017) ‘Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD’, Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), p. 51. doi: 10.17509/ijpe.v1i1.7497.

Cahyati N, K. R. (2020) ‘Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah saat Pandemi COVID 19’, Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04, pp. 152–9.

Depkes RI. Klasifikasi Umur menurut Kategori (2009). Jakarta: Ditjen Yankes.

Fallah, V., Khosroabadi, S. and Usefi, H. (2015) ‘Development of Emotional Quotient and Spiritual Quotient: The Strategy of Ethics Development’, International Letters of Social and Humanistic Sciences, 49, pp. 43–52. doi: 10.18052/www.scipress.com/ilshs.49.43.

Fatwikiningsih, N. and Fajriyah, L. (2021) ‘Perbedaan Pola Hubungan antara Orang Tua dan Anak Usia Dini Ditinjau dari Tingkat Stres Pengasuhan pada Masa Pandemi Covid-19’, Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), pp. 20–36. doi: 10.33367/piaud.v1i1.1518.

Fernandy, N. (2017) ‘Hubungan Spiritualitas dengan Stres Pengasuhan Ibu yang Memiliki Anak Retardasi Mental’, Digital Repository Univeristas Jember.

Garbe A, Ogurlu U, Logan N, C. and P. (2020) ‘COVID-19 and Remote Learning: Experiences of Parents with Children during the Pandemic’, America Journal of Qualitative Research, 4.

Hidayat, M. F. and Adri, Z. (2021) ‘Coping stress pada ibu yang bekerja dalam membimbing anak belajar di rumah selama pandemi COVID’, Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), pp. 138–145.

Kholil (2020) ‘Panduan Orang Tua Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah Dengan MIKIR’, Dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Guru Berbagi).

Khosravi, M. and Nikmanesh, Z. (2014) ‘Relationship of spiritual intelligence with resilience and perceived stress.’, Iranian journal of psychiatry and behavioral sciences, 8(4), pp. 52–6.

Koenig H, K. D. and C. V. (2012) ‘Handbook of Religion and Health, 2nd Edn’, New York: Oxford University Press.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (2020) ‘Hasil Survei Pemenuhan Hak & Perlindungan Anak pada Masa Pandemi COVID-19’, (10).

Maramis (1994) Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga Press.

Marten, F., Radstaak, M. and Van Zyl, L. E. (2001) ‘The mediating effect of eustress and distress on the relation between the mindset towards stress and health2’, pp. 1–22.

Maslim, Rusdi. Diagnosis Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas PPDGJ-III (2003). Jakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Unika Atma Jaya.

Moh, M. (2020) ‘Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193’, Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), pp. 192–201.

Notoatmodjo, Soekidjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan (2003). Rineka Cipta.

Palupi, T. N. (2021) ‘Tingkat Stres Ibu Dalam Mendampingi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Selama Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19’, JPESDM, 10(1), pp. 36–48.

Radhitya TV, Nurwati N, I. M. (2020) ‘Dampak pandemi COVID-19 terhadap Kekerasan dalam Rumah Tangga’, Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik.

Raihana (2020) ‘Pengelolaan Emosi Ibu Pada Anak Selama Pembelajaran Dari Rumah’, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(4), pp. 132–139.

Ratnasari, K. A. (2017) ‘Hubungan Parenting Stress, Pengasuhan Dan Penyesuaian Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Kekerasan Anak Dalam Rumah Tangga’, Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 3(1), p. 85. doi: 10.29241/jmk.v3i1.91.

Rus’an (2013) ‘Spiritual Quotient (sq): the Ultimate Intelligence’, Lentera Pendidik Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 16.

Susilowati, E. and Azzasyofia, M. (2020) ‘The parents stress level in facing children study from home in the early of covid-19 pandemic in Indonesia’, International Journal of Science and Society, 2(3), pp. 1–12.

Syukriya, A. U. (2021) ‘Optimalisasi Peran Ibu Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) untuk Menanggulangi Gangguan Kesehatan Mental Anak di Masa Pandemi’, Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(2), p. 61.

Valeza, A. R. (2017) ‘Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung’, Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Yusuf, M. L. (2005) ‘Emotional Spiritual Quotient’, p. 100.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i1.8864

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.