EVALUASI PROGRAM PROMOSI KESEHATAN MENGENAI RUMAH TANGGA BER-PHBS DENGAN INDIKATOR TIDAK MEROKOK DALAM RUMAH TANGGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON PADA BULAN JANUARI-SEPTEMBER TAHUN 2022

Akhmad Kheru Dharmawan, Neno Fitriani Hasbie, Aswan Jhonet

Sari


Abstrak: Memahami proses evaluasi program promosi kesehatan pada kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam tatanan rumah tangga dengan indikator anggota keluarga yang merokok dipandang sangat penting sehingga dapat meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan pada masyarakat serta tercapainya derajat kesehatan yang optimal. Evaluasi Program Promosi Kesehatan pada Kegiatan rumah tangga ber-PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan Indikator anggota keluarga tidak ada yang merokok di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Kedaton tahun 2022 menunjukan Pencapaian persentase evaluasi program rumah tangga ber-PHBS dengan indikator anggota keluarga tidak ada yang merokok hanya sebesar 43% dihitung dari bulan Januari hingga September 2022 dari target yang ditentukan yaitu 80%.terdeteksi penyebab utama dan terdapat 4 alternatif pemecahan masalah.

Kata Kunci


Evaluasi; PHBS; Program Promosi Kesehatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adistie, F., Pahria, T., Prawesti, A., & Safariah, T. D. 2015. “Faktor-Faktor Yang Mendukung Perilaku Merokok Mahasiswa.” Jurnal Keperawatan Aisyiyah.

Aswin, D. A. 2017. “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Gambar Dikotak Rokok Dengan Intensi Merokok Pada Perokok Pemula Di Kota Samarinda.” ejournal Psikologi.

Binita, A. M., Istiarti, T., & WiMdagdo, L. 2016. “Hubungan Persepsi Merokok Dengan Tipe Perilaku Merokok Pada Siswa SMK ‘X’ Di Kota Semarang.” Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Etrawati, F. 2014. “Perilaku Merokok Pada Remaja: Kajian Faktor Sosio Psikologis.” Junal Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Guyton, A. C., Hall, J. E. 2014. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi 12. Jakarta: EGC.

Hasanah, H. 2014. “Baby Smoker: Perilaku Konsumsi Rokok Pada Anak Dan Strategi Dakwahnya.” Journal Walisongo.

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Panduan PromosiKesehatan. Jakarta: Pusat PromosiKesehatan Kementerian KesehatanRepublik Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Peraturan Menteri KesehatanRepublik Indonesia Nomor 2269/MENKES/PER/XI/2011 tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: Situasi Kesehatan Kerja. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Kesehatan RI. 2019. Peraturan Kementrian Kesehatan Nomor 43 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Komalasari, D & Helmi A F.2000. Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Merokok Pada Remaja. Jurnal Psikologi.

Machini, F. N., Nafikadini, I., & Gani, H. A. 2015. “Self Esteem Pada Remaja Perokok (Studi Kualitatif Di SMA Islam Lumajang).” E-journal Universitas Jember.

Nasution, H. A. 2017. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Merokok Kepala Keluarga Di Kelurahan Ujung Padang Kota Padang Sidimpuan Tahun 2017.” Jurnal Ilmiah Kohesi.

Notoatmodjo S. 2015. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku.

Ottawa Charter. 1986. Promosi Kesehatan.

Saminan. 2016. “Efek Perilaku Merokok Terhadap Saluran Pernapasan.” Jurnal Kedokteran Syiah Kuala.

Setiaji, G. D., Supriyo, & Nusantoro, E. 2014. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kebiasaan Merokok Pada Penerima Manfaat Di Balai Rehabilitasi Mandiri Semarang.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application.

Wijayanti, E., Dewi, C., & Rifqatussa’adah. 2017. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Kampung Bojong Rawalele, Jatimakmur, Bekasi.” Journal Global Medical and Health Communication.

World and Health Organization. 2015. “Global Youth Tobacco Survey (GYTS): Indonesia Report 2014.” World and Health Organization.

Yuliarti, R., Karim, D., & Sabrian, F. 2015. “Hubungan Perilaku Merokok Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau.” Jurnal Keperawatan.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i1.9108

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.