HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KELELAHAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG ANGKATAN 2019

Nabilah Nurul Madinah, Suprihhartini Suprihhartini, Wijayanti Fuad

Sari


Abstrak: HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KELELAHAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG ANGKATAN 2019. Latar Belakang: Secara global, prevalensi kecemasan mahasiswa kedokteran (41.6%), sedangkan di Indonesia mencapai 22.4%. Kecemasan ini salah satu pemicu kelelahan 62% mahasiswa di Indonesia. Penelitian ini bertujuan membuktikan hubungan kecemasan dengan kelelahan pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang Angkatan 2019. Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional dan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Instrumen kecemasan dengan Beck Anxiety Inventory dan kelelahan dengan Subjective Self Rating Test. Data yang diperoleh dianalisis bivariat dengan korelasi Rank Spearman. Hasil: Sebanyak 64 orang, dengan tingkat kecemasan sedang berjumlah 42 responden (65.6%), kecemasan berat (26.6%), dan kecemasan ringan (7.8%). Untuk Tingkat kelelahan terbanyak pada kategori kelelahan sedang (46.9%), kelelahan rendah (40.6%), kelelahan tinggi (10.9%), dan kelelahan sangat tinggi (1.6%). Pada Uji korelasi Rank Spearman nilai p value 0,000 (<0,05) serta koefisien korelasi (r)=0.829 yang berarti terdapat hubungan kuat kecemasan dengan kelelahan. Kesimpulan: Terdapat hubungan kuat antara kecemasan dengan kelelahan pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas Muhammadiyah semarang Angkatan 2019 dengan p value = 0,000 (<0,05) serta koefisien korelasi (r)=0.829.

 

Kata Kunci : Kecemasan, Kelelahan, Mahasiswa Kedokteran

 


Kata Kunci


Ilmu Kedokteran Jiwa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AlSaeed, S. et al. (2022) ‘Fatigue, Depression, and Anxiety Among Ambulating Multiple Sclerosis Patients.’, Frontiers in immunology, 13(March), p. 844461. doi:10.3389/fimmu.2022.844461.

American Psychiatric Association (2022) Diagnosis And Statistical Manual Of Mental Disorders DSM-5-TR, American Psychiatric Association. p216-22

Arisyna, A., Sustini, F. and Muhdi, N. (2020) ‘Anxiety Level and Risk Factors in Medical Students’, JUXTA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Universitas Airlangga, 11(2), p. 79. doi:10.20473/juxta.v11i22020.79-82.

Ian, Y. et al. (2021) ‘Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Kondisi Kelelahan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang’, Cendana Medical Journal, 21(1), pp. 1–8.

Mahaendrayasa, I.N.W.E., Purnamasidhi, C.A.W. and Ganesha, I.G.H. (2022) ‘Anxiety level on the implementation of the student’s essay at Faculty of Medicine, Udayana University’, Research, Society and Development, 11(1), p. e34711125242. doi:10.33448/rsd-v11i1.25242.

Ramadhan, A.F., Sukohar, A. and Saftarina, F. (2019) ‘Perbedaan Derajat Kecemasan Antara Mahasiswa Tahap Akademik Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung’, Medula, 9(1), pp. 78–82.

Sadock BJ, Sadock VA, R.P. (2017) Kaplan & Sadock’s Synopsis Of Psychiatry. 11th edn. Edited by M.D. Caroly S. Pataki and M.D. Norman Sussman. Wolters Kluwer.

Sajadi, S.A. et al. (2018) ‘Sleep quality and the factors affecting the fatigue severity and academic performance of students at AJA university of medical sciences’, Journal of Advances in Medical Education (JAMED), 1(2), pp. 6–10.

Sani, U.P. (2022) ‘Gangguan Kecemasan Dan Depresi Menurut Perspektif Al Qur’an’, Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), pp. 1262–1278. doi:10.36418/syntax-literate.v7i1.6055.

Soekanto, A. and Rianti, E.D.D. (2021) ‘Analisis Tingkat Kelelahan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Diera Pandemik Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021’, Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 10(2), p. 154. doi:10.30742/jikw.v10i2.1446.

Srinivasagam, T.D. and Satriyasa, B.K. (2020) ‘The characteristic of anxiety and depression among medical students at the Faculty of Medicine, Universitas Udayana, Bali in 2016’, Intisari Sains Medis, 11(2), p. 643. doi:10.15562/ism.v11i2.600.

States, U., Murray, S.L. and States, U. (2016) Human Fatigue Risk Management. Elsevier.

Stephanie, M. and Surjadi, C. (2020) ‘the Mental Health of First- and Final-Year Preclinical Medical Students’, The Indonesian Journal of Medical Education, 9(3), p. 291. doi:10.22146/jpki.52417.

Zdun-Ryżewska, A., Nadrowska, N., Basiński, K., Walkiewicz, M., & Błażek, M. (2021) ‘Who is a tired student? Fatigue and its predictors from a gender perspective’, Journal of University Teaching & Learning Practice, 18(6), pp. 139–154.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i2.9169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.