ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN ANAK USIA 36-59 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWOSARI

Muhib Zanuar Nurrohman, Agus Saptanto, Oky Rahma Prihandani

Sari


Abstrak Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia 36-
59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Purwosari. Perkembangan anak
merupakan suatu poses penting yang harus dilalui anak dengan baik dikarenakan
masalah perkembangan pada anak tentu akan berpengaruh pada masa yang akan
datang, masalah perkembangan anak masih ditemukan dengan dibuktikan dari
data pada tahun 2018 hampir 11,7% anak pada usia 36-59 bulan mengalami
gangguan perkembangan, penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui faktor apa
saja yang berpengaruh pada perkembangan anak yang bisa berguna untuk deteksi
dini gangguan perkembangan pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian
observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan metode
pengambilan sampel secara consecutive sampling. Sampel penelitian yang
digunakan yaitu ibu dan anak sebanyak 55 responden. Uji statistik yang digunakan
yaitu uji fisher’s exact untuk analisis bivariat. Responden yang mengalami
penyimpangan perkembangan yaitu dengan riwayat stimulasi kurang baik sebesar
41,7%, tingkat pendidikan rendah (SD dan MP) sebesar 77,5% dan pola asuh yang
tidak baik sebesar 35,3%. Hasil analisis dari variabel status gizi (p= 0,078), riwayat
stimulasi (p= 0,017), tingkat pendidikan (p= 0,003), dan pola asuh (p= 0,019)
Terdapat hubungan antara riwayat stimulasi, tingkat pendidikan dan pola asuh
dengan perkembangan anak serta tidak ada hubungan antara status gizi terhadap
perkembangan anak.


Kata Kunci


Perkembangan Anak; Status Gizi; Riwayat Stimulasi; Tingkat Pendidikan Ibu; Pola Asuh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiaty, V. et al. (2020) ‘Analisis Perkembangan Motorik Halus Berdasarkan Status Stunting , Asi Eksklusif Pada Balita Yang Tinggal Di Wilayah Kumuh Pendahuluan’, 5, pp. 18–26.

Anggraini, D. (2017) ‘Pengaruh Stimulasi Perkembangan Dengan Pencapaian Perkembangan Motorik Anak Usia 1-3 Tahun Di Play Group Kelurahan Pandean Kota madiun’, stikes bhakti husada mulia madiun, 4, pp. 9–15.

Ariani and Yosoprawoto, M. (2010) ‘Usia Anak dan Pendidikan Ibu sebagai Faktor Risiko Gangguan Perkembangan Anak Children Age and Mother Literacy as the Risk Factors for Children Development Disorder’, Jurnal Kedokteran Brawijaya, 27(2), pp. 118–121.

Fatimah, L. (2012) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak di R.A Darussalam Desa Sumber Mulyo, Jogoroto, Jombang’, Prosiding Seminas, 1(2), p. 6.

Hurlock, E. (2009) ‘Teori Perkembangan Anak’, pp. 1–23. Available at: http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/23/jtptiain-gdl-s1-2006-istimunaja-1118-bab3_310-8.pdf.

Krisdiyanto, D. (2015) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Anak USIA 3-5 TAHUN Arwani **), Purnomo ***) Mahasiswa Progran Studi S1 Ilmu Keperawatan STIKES Telogorejo Semarang **) Dosen Program Studi Keperawatan Poltekkes Depkes Kemenkes Semarang ***) Dose’, 047, pp. 1–9.

Kusuma, R. M. (2019) ‘Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Anak Umur 24-60 Bulan di Kelurahan Bener Kota Yogyakarta’, Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(3), p. 122. doi: 10.22146/jkesvo.46795.

Makrufiyani, D. (2016) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Perkembangan Balita Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Puskesmas Gamping Ii Sleman Tahun 2018’.

Nurmalasari, R. G. (2017) ‘Hubungan Panjang Badan Lahir Dengan Perkembangan Anak Usia 3-24 Bulan Di Kabupaten Gunungkidul Tahun 2017’, Kesehatan Ibu dan Anak, 11(no 1), pp. 57–61.

Riskesdas, K. (2018) ‘Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS)’, Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), pp. 1–200. doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Suharyanto, E. R., Hastuti, T. P. and Triredjeki, H. (2017) ‘Hubungan status gizi dengan perkembangan anak usia 1 sampai 5 tahun di kelurahan tidar utara binaan puskesmas magelang selatan kota magelang’, Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), p. 27. doi: 10.20884/1.jks.2017.12.1.686.

Wayanti, kharisma kusumaningtyas dan sri (2016) ‘Faktor Pendapatan Dan Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun’, Jurnal Involusi Kebidanan, VII(2011), pp. 46–51.

Yanti, E. and Fridalni, N. (2020) ‘Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah’, Tinjauan Sosial, Etika dan Hukum Surrogate mother di Indonesia, 7(2), pp. 108–113. Available at: http://www.jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/medika/article/view/761.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i5.9291

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.