HUBUNGAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI PABRIK ES BALOK DI LAMONGAN

Suaibatul Islamiyah, Zulfra Inayah

Sari


Abstrak: Hubungan Intensitas Kebisingan Dengan Stres Kerja Pada Pekerja Bagian Produksi Pabrik Es Balok Pabrik Es Balok Di Lamongan. Indonesia berada di peringkat 9 sebagai negara paling stres di dunia salah satunya akibat faktor lingkungan kerja kebisingan dari alat produksi. Penilitian untuk menganalisis hubungan intensitas kebisingan dengan stres kerja pada pekerja bagian produksi pabrik es balok di Lamongan. Jenis penelitian kuantitatif yakni analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian dilaksanakan di pabrik es balok di Lamongan. Sampel penelitian ialah pekerja bagian produksi pabrik es balok di Lamongan sebanyak 30 pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan menggunakan alat ukur Sound Level Meter, dan kuisioner Survei Diagnostic Stres. Hasil Pengukuran kebisingan di bagian produksi didapatkan nilai 91,2 dB(A) yang melebihi Nilai Ambang Batas dan pekerja yang mengalami stres ringan sebanyak 22 pekerja (73%) serta stres berat sebanyak 8 pekerja (27%). Teknik analisis data menggunakan uji Sormers’d dan diperoleh p value 0,004. Berdasarkan hasil penelitian yaitu terdapat hubungan antara intensitas kebisingan dengan stres kerja pada pekerja bagian produksi pabrik es balok di Lamongan. Diharapkan perusahaan melakukan upaya pengendalian kebisingan di tempat kerja memberikan perlindung telinga kepada pekerja dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala seperti pemeriksaan pendengaran, dan memberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan pekerja.

Kata Kunci


Intensitas Kebisingan, Stres Kerja, Pekerja Pabrik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Attang, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Pt. Pro Sistimatika Automasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 21(3), 261–274.

Budiyanto, Rattu, J. M. ., & Umboh. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Stress Kerja Perawat Dalam Merawat Pasien Covid-19. Jurnal Kesmas, 3(8), 1–18.

Buranda, G. F., Jufri, M., & Indahari, N. A. (2018). Hubungan Stres Kerja Dengan Perilaku Presenteeism Perawat Rumah Sakit X Makassar. Jurnal Administrasi Negara, 24(1), 47–60.

Friska. (2021). Hubungan Intensitas Kebisingan Dengan Stres Kerja Pada Pekerja Bagian Produksi PT Inka (Persero) Kota Madiun. Skripsi. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Gaffar, M. A. (2017). Pengaruh Stress Kerja dan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Hasjrat Abadi Gorontalo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 5(1), 3–42.

Gani, L. (2018). Hubungan antara Kebisingan di Tempat Kerja dengan Kualitas Tidur pada Pekerja Pabrik Kayu PT. Muroco Jember. Agromedicine and Medical Sciences, 4(2), 72–76.

Hasan, A. (2018). Hubungan Antara Beban Kerja Mental Dan Shift Kerja Terhadap Stres Kerja Pada Pekerja Central Control Room (Studi Kasus Pada PT. PJB Unit Pembangkit Paiton Probolinggo). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(4), 255–260.

Inayah, Z., & Widyawati, W. (2021). Mine Workers’ Psychology. Proceedings of the 1st UMGESHIC International Seminar on Health, Social Science and Humanities (UMGESHIC-ISHSSH 2020), 585(table 2), 643–645.

Juwita, F. (2019). Perbedaan Antara Kebisingan, Umur, dan Beban Kerja Pada Tingkat Stres Kerja di Bagian Produksi. Kesehatan Dan Kebidanan, 8(1), 1–13.

Kemnaker. (2018). Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta.

Kourouw, P., Tatimu, V., & Sambul, S. A. P. (2019). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bengkel Rangkuti Motor Ukui Pelalawan. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 10(4), 467–471.

Larasati, F. N. (2017). Perbedaan Stres Kerja Pada Karyawan Terpapar Kebisingan Di Atas Dan Di Bawah Nab Pada Bagian Pabrikasi Di Pg. Trangkil Pati. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mufti, L. (2021). Hubungan Intensitas Kebisingan Dengan Kejadian Keluhan Kelelahan Subjektif Pada Pekerja Bagian Produksi Di PKS. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat: Tambusai, 5(1), 434–439.

Nasution, A. K. (2019). Hubungan Kebisingan Dengan Stres Kerjapada Pengrajin Besi Jalan Mahkamahkecamatan Medan Kota. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Octavariny, R., Siregar, W. W., Bangun, S. M. br, & Sartika, D. (2020). Hubungan Kebisingan Dan Beban Kerja Dengan Stres Kerja Pada Pekerja Bagian Kilang Padi. Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Lingkungan Hidup, 5(2), 91–96.

Parinduri, A. I., Br Ginting, L. R., Irmayani, I., & Prabaja, R. E. (2020). Hubungan Lama Kerja Dan Kebisingan Dengan Stres Kerja Pada Pekerja Unit Produksi Paving Block Di UD. Rizki Assila Ulfa Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Kesmas Dan Gizi (Jkg), 3(1), 84–90.

Pinilih, F. L., Kamasturyani, Y., & Fauzi, A. (2021). Hubungan Tingkat Kebisingan Dengan Stress Kerja Pada Pekerja Pabrik Batu Alam Di Desa Kepuh Kabupaten Cirebon. Jurnal Kesehatan Mahardika, 8(2), 16–23.

Pramanos. (2018). Analisis Faktor Stres Kerja pada Pekerja di Unit Produksi PT. Borneo Melintang Buana Export. Jurnal of Nursing and Public Health, 6(2), 34–44.

Rahayu, E., & Cahyadi, B. (2020). Analisa Tingkat Kebisingan Terhadap Produktivitas Kerja dengan Menggunakan Metode SEM dan FMEA di PT Rotary Electrical Machine Service. Jurnal Rekayasa Dan Optimasi Sistem Industri, 1(2), 51–58.

Saputra, A. I., & Diza, M. (2020). Hubungan Intensitas Kebisingan Dengan Tingkat Stres Kerja Pada Pekerja Area Workshop PT. Bintang Intipersada Hipyard Batam. Zona Kedokteran: Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Batam, 9(3), 65–74.

Sinamude, M. G. (2022). Hubungan Paparan Kebisingan dengan Stres pada Pekerja Bagian Weaving di PC GKBI Medari Sleman Yogyakarta. Jurnal Forum Ilmiah Kesmas Respati, 7(1), 1–13.

Wiediartini, & Dermawan, D. (2019). Pengaruh Kebisingan Dan Iklim Kerja Terhadap Stres Kerja Di Pabrik Produksi Makanan Hewan. Journal of Research and Technology, 5(1), 30–40.

Yuli Asih, G., Hardani Widhiastuti, & Dewi, R. (2018). Stres Kerja. Semarang University Press, 9(1), 28–31.

Yulianti. (2021). Kebisingan Berhubungan Terhadap Stres Kerja Pada Karyawan di Area Produksi PT. Pabrik Es Siantar Tahun 2021. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Medan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.