FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP KECELAKAAN PADA PEKERJA SEKTOR TRANSPORTASI DARAT DI KOTA PAREPARE

Lalu Muhammad Saleh, Syamsiar S. Russeng, Awaluddin Awaluddin, Mahfuddin Yusbud, Firmita Dwiseli, Nurul Mawaddah Syafitri, Yulianah Rahmadani

Sari


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, khususnya di bidang transportasi telah membawa pesatnya pertumbuhan sarana transportasi baik udara, laut dan darat yang menyebabkan semakin padatnya arus lalu lintas. Kepadatan lalu lintas yang timbul dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dialami masyarakat pekerja saat berangkat ataupun kembali dari pekerjaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD). Informan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang terdiri dari perwakilan pengemudi ojek online, rumah sakit, puskesmas, Kasatlantas, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan dan BPJS Ketenagakerjaan. Analisis data dilakukan dengan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memberikan respon positif terhadap riset dan mendukung pelaksanaan riset, selain itu juga memberikan gambaran umum masalah kecelakaan kerja di Kota Parepare serta faktor risiko yang terkait. Masukan terkait faktor risiko menjadi pertimbangan dalam penentuan variabel penelitian yang tepat. Penelitian ini menyarankan agar dibuat tindakan penanganan yang tepat dan berkesinambungan untuk mengatasi tigkat kecelakaan yang terjadi di Kota Parepare.

Kata Kunci


Kecelakaan kerja; lalu lintas; pengemudi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ade, G. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengguna Sepeda Motor di Jalan Raya Lingkar Selatan Kabupaten Pati. SKRIPSI.

Aqsha M N, Pristya R, Maharani T, Utari D. (2021). Determinan Kejadian Kecelakaan Kerja pada Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum, Jurnal kesehatan masyarakat Khatulistiwa, Vol 9 No 1, hh

Aulia N S, Kurniawan B, Wahyuni. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Safety Riding Driver Ojek Online di Kota Semarang, Vol 8 No 5, hh

Azrianoor, A. (2014). Pemahaman Norma Berlalu Lintas Pada Siswa Sman 7dan SMKN 5 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(7).

Bayumi, F. Q. A., & Hendrati, L. Y. (2019). Analisis Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas pada Pelajar SMA Menggunakan Regresi Logistik. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 8(2), 120-128.

Bisjoe, A. R. H. (2018). Menjaring Data dan Informasi Penelitian Melalui FGD (Focus Group Discussion): Belajar dari Praktik Lapang. Buletin Eboni, 15(1), 17-27.

Buntara, A. (2019). Cedera Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia: Faktor Risiko Serta Strategi Pencegahan dan Intervensi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 11(3), 262-268.

Dumanauw O, Kawatu T. (2018). Studi Perilaku Pada Pengendara Ojek Online Tentang Safety Riding di Kota Manado, Jurnal KESMAS, Vol 7 No 5, hh

Enggarsasi U. (2017). Kajian Terhadap Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan Lalu lintas dalam Upaya Perbaikan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas, Perspektif, Vol 22 No 3, hh

Fahmi K. (2021). Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu lintas dan perilaku berkendara pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Pasir Pengaraian Riau, Vol 10 No 1, hh

Fisu, A. A. (2019). Tinjauan Kecelakaan lalu Lintas Antar Wilayah Pada Jalan Trans Provinsi Sulawesi Selatan. PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik, 4(1), 53-65.

Gazali, S, Hakzah, Fadly I. (2022) Perilaku Pengendara Terhadap Potensi Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Barru’,Jurnal Karajata Engineering, Vol 2 No 1 hh

Kusuma, Y., Sumarna, T., Mustika, D., & Demar, M. (2019). Kinerja Rambu Lalu Lintas dan Dampaknya Pada Kecelakaan (Studi Kasus: Jalan Soekarno Hatta Bandung). Potensi: Jurnal Sipil Politeknik, 21(2), 61-64

Magfirona, A., Hidayati, N., Sunarjono, S., Putra, D. A. A., & Safira, S. (2020). Pemodelan Kecelakaan Lalu Lintas di Kalangan Pelajar di SMA Negeri 2 Cepu.

Mahalalita, R., Kusnandar, D., & Debataraja, N. N. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kecelakaan Lalu Lintas Di Kabupaten Mempawah. Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 10(2):

Monggilo, Z. M. Z. (2020). Analisis konten kualitatif hoaks dan literasi digital dalam@ komikfunday. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 1-18.

Negara D, Jayanti S, Widjasena B, (2016). Analisis Kecelakaan Bus Rapid Transit Semarang Koridor II Terminal Terboyo Terminal Sisemut Ungaran Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 5 No 5, hal 2.

Pratama, R. Y. A., & Koesyanto, H. (2020). Kejadian Kecelakaan pada Pengemudi Ojek Online. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(Special 1), 13-24.

Putra, Y A K (2019). Penanganan terhadap Kecelakaan lalu lintas di Kota Probolinggo, Dialetika, Vol 14 No 1, hal 59-67

Rahmita, Destria. (2020). Analisis Hubungan Hasil Penilaian Keselamatan Jalan Terhadap Kecelakaan Pada Ruas Jalan Pantura di Kota Tegal. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, Tesis.

Rinaldi R F, Masykur M A. (2017). Pengalaman kecelakaan Lalu lintas Berat Studi Kualitatif Fenomologi, Jurnal Empati, Vol 6 No 1, hh.

Rochman, dkk. (2020). Efektivitas Fungsi Kepolisian Dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Kecelakaan Lalu Lintas. Indonesian Journal of Criminal Law, 2(12), 76-92.

Setiawan, D., & Asima, M. (2019). Pemetaan Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Tol Cipularang. Jurnal Teknik Sipil, 15(2), 100-113.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i4.9631

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.