PERBEDAAN ANTARA PEER ASSESSMENT DENGAN SELF-ASSESSMENT DALAM KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Sevilsa Putri Shafania, Romadhoni Romadhoni, Mega Pandu Arfiyanti, Andra Novitasari

Sari


Abstrak: Perbedaan Antara Peer Assessment dengan Self-Assessment
dalam Keterampilan Klinis Mahasiswa Kedokteran Universitas
Muhammadiyah Semarang. Mahasiswa kedokteran harus menguasai
keterampilan klinis seperti yang tertera dalam Standar Kompetensi Dokter
Indonesia (SKDI). Apabila mahasiswa tidak mempelajari keterampilan klinis dengan
benar, maka kemungkinan akan menyebabkan masalah di kemudian hari.
Pelaksanaan peer assessment dan self-assessment dapat mendorong mahasiswa
untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar terhadap pembelajaran mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara peer
assessment dengan self-assessment dalam keterampilan klinis mahasiswa S1
Kedokteran. Penelitian ini bersifat kuantitatif, observasional analitik dengan
pendekatan cross-sectional. Instrumen yang digunakan adalah form berupa
checklist keterampilan klinis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling dan dianalisis menggunakan analisis bivariat dengan uji mann whitney.
Sampel penelitian adalah mahasiswa tahun ketiga Fakultas Kedokteran Universitas
Muhammadiyah Semarang. Penelitian ini mendapatkan sampel sebanyak 60
responden. Rerata nilai peer assessment sebesar 87,53±12,21 dan nilai selfassessment sebesar 88,46±12,44. Hasil analisis bivariat perbedaan nilai peer
assessment dan self-assessment adalah p=0,339. Tidak terdapat perbedaan antara
peer assessment dengan self-assessment dalam keterampilan klinis Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Dokter.


Kata Kunci


Mahasiswa kedokteran; keterampilan klinis; peer assessment; self-assessment

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ashraf, H., & Mahdinezhad, M. (2015). The Role of Peer-assessment versus Self-assessment in Promoting Autonomy in Language Use : A Case of EFL Learners. Iranian Journal of Language Testing, 5(2), 110–120. https://pdfs.semanticscholar.org/a7f4/764fc0bb730681690ab628f544a2a78aebc0.pdf

Bozkurt, F. (2020). Teacher candidates’ views on self and peer assessment as a tool for student development. Australian Journal of Teacher Education, 45(1), 47–60. https://doi.org/10.14221/ajte.2020v45n1.4

Devianto, A., Soebiyanto, A., & Wujoso, H. (2014). Perbedaan Self Assessment dan Peer Assessment Terhadap Kompetensi Pemasangan Infus Ditinjau dari Motivasi. Journal of Health, 1(1), 46. https://doi.org/10.30590/vol1-no1-p46-53

Esfandiari, S., & Tavassoli, K. (2019). The Comparative Effect of Self-assessment vs. Peer-assessment on Young EFL Learners’ Performance on Selective and Productive Reading Tasks. 22(2).

Khairani, A. N. (2018). Persepsi Mahasiswa tentang Constructive Feedback yang Diberikan Oleh Instruktur Saat Skills Lab Prostodonsia.

KKI. (2019). Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia. Konsil Kedokteran Indonesia, 169.

Lerchenfeldt, S., Mi, M., & Eng, M. (2019). The utilization of peer feedback during collaborative learning in undergraduate medical education: A systematic review. BMC Medical Education, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1755-z

Listyani, L. (2019). Gender-based Responses to Peer Reviews in Academic Writing. Theory and Practice in Language Studies, 9(1), 89. https://doi.org/10.17507/tpls.0901.14

Madrazo, L., Lee, C. B., McConnell, M., & Khamisa, K. (2018). Self-assessment differences between genders in a low-stakes objective structured clinical examination (OSCE). BMC Research Notes, 11(1), 10–13. https://doi.org/10.1186/s13104-018-3494-3

Maulana, A. (2020). Efektivitas Self Assessment Pada Tutorial Problem Based LearningDi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2(1), 1–12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201

Ocampo, J. C. G., Panadero, E., & Díez, F. (2022). Are men and women really different? The effects of gender and training on peer scoring and perceptions of peer assessment. Assessment and Evaluation in Higher Education, 0(0), 1–17. https://doi.org/10.1080/02602938.2022.2130167

Oren, F. S. (2018). Self, Peer and Teacher Assessments: What Is the Level of Relationship Between Them? European Journal of Education Studies, 4(7), 1–19. https://doi.org/10.5281/zenodo.1249959

Puspasari, I., Demak, K., & Tadulako, U. (2019). Peer Assessment dalam Pembelajaran Keterampilan Komunikasi. October.

Ratminingsih, N. M., Marhaeni, A. A. I. N., & Vigayanti, L. P. D. (2018). Self-Assessment: The effect on students’ independence and writing competence. International Journal of Instruction, 11(3), 277–290. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11320a

Sriyati, S., Permana, A., & Purnamasari, M. (2016). Efektivitas Peer Assessment dalam Menilai Kemampuan Kinerja Siswa pada Kegiatan Praktikum Biologi The Effectiveness of Peer Assessment in Assessing the Performance Ability of Students in Biology Lab Activities. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 372–376.

Tambunan, A. A. (2020). Hubungan Keterampilan Klinis dan Kesiapan Praktik Lulusan Dokter Fakultas Kedokteran UMSU. 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o

Townsend, M. H., & Bishop Baier, M. (2020). The Effect of Gender on Team-Based Learning Peer Assessment in a Psychiatry Clerkship. Medical Science Educator, 30(1), 601–603. https://doi.org/10.1007/s40670-019-00819-w




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i5.9724

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.