ANALISIS DESKRIPTIF KUALITAS SOAL MULTIPLE CHOICE QUESTIONS (MCQ) MINI KUIS TUTORIAL DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Alia Mahda, Mega Pandu Arfiyanti, Andra Novitasari, Romadhoni Romadhoni

Sari


Abstrak: Analisis Deskriptif Kualitas Soal Multiple Choice Questions (MCQ) Mini Kuis Tutorial di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Penilaian hasil belajar siswa merupakan suatu proses dalam pendidikan. Dalam pendidikan kedokteran asesmen memiliki beberapa tujuan, yaitu mencapai tujuan pembelajaran, memahami proses belajar mahasiswa, memberikan asesmen terhadap kompetensi mahasiswa, dan sebagai pengembangan dan evaluasi program pendidikan. Hasil tes menggambarkan standar kompetensi siswa dan kualitas pembelajaran yang diterapkan sehingga instrumen tes yang digunakan harus memiliki karakteristik butir yang baik. Kualitas soal dapat dilihat dari indeks kesukaran dan indeks daya pembeda butir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas tutorial kuis mini multiple choice questions (MCQ) di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menganalisis tingkat kesukaran dan indeks daya pembeda butir soal MCQ data nilai mini kuis tutorial mahasiswa blok 8 tahun akademik 2021/2022 FK Unimus. Penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh secara total sampling. Instrument penelitian ini adalah indeks kesukaran dan indeks diskriminasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Jumlah butir soal mini kuis tutorial yaitu sebanyak 10 soal. Indeks kesukaran yang termasuk kategori mudah yaitu modul 1 (80%), modul 2 (80%), modul 3 (80%) dan modul 4 (70%). Dan memiliki indeks diskriminasi yang jelek yaitu (70%) pada modul 1, (40%) pada modul 2, (30%) pada modul 3 dan (30%) pada modul 4. Butir soal mini kuis FK Unimus ditinjau dari proporsi indeks kesukaran didominasi oleh kategori mudah dan indeks diskriminasi didominasi oleh kategori kurang baik.


Kata Kunci


Indeks kesukaran, indeks diskriminasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Ayu, Shafira Nyimas Natasha. (2015). Peran MCQ Sebagai Instrumen Evaluasi Dalam Pendidikan Kedokteran. Jambi Medical Journal, Vol.3 No.2.

Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan The Analysis of Difficulty Level and Discrimination Power of Test Items of Radiography Level 1 Examination. Repsitori Ilmiah Nasional, 16(1):1–12.

Chellamani, C. B. (2013). Analysis Of Test Items On Difficulty Level And Discrimination Index In The Test For Research In Education. IRJC, vol 2.

Djiwandono, M. S. (2008). Tes Bahasa: pegangan bagi pengajar bahasa . Indeks. Jakarta

Hanifah, Nani. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Sosio E-Kons, Vol. 6.

Hartaty, Lumbanraja Lenny dan Daulay Syahnan. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Pada Butir Tes Soal Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas Xii Sma Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode Jurnal Bahasa, 06(01).

Koni, U. (2012). Assesment Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Loka, Aloisius Son. (2019). Insturmentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Sistematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Butir Soal. Gema Wiralodra, Vol 10, No 1.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik: penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Marhamah. (2018). Analisis Tes Standar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Murabby Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1. No.2.

Sunarti dan Selly Rahmawati. (2014) Penlilaian Dalam Kurikulum 2013, Pepusnas RI.Yogyakarta

Wahyuni, Sri. (2015). Item Analysis Blok Imunologi dan Neoplasma. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh, Vo.1: No.2.

Wati, E. (2021). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Ujian Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Swasta Imelda Medan. JIMPAI, Vol.1, No.1

Widiyaningrum, DK, Syamsiah N, Septiani R. Analisis Kualitas Butir Soal Multiple Choice Pada Tes Akademik Matematika Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Sandi Negara (Spmb Stsn) Tahun Akademik 2019/2020. IPSIKOM, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i6.9932

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.