Pengetahuan Menghindari Kebosanan dan Stres Selama Pembelajaran Daring

Rafida Anshori, Anggi Dearni Silalahi, Tutus Rachkutho, Reny I’tishom

Sari


ABSTRAK

 

Pandemi COVID19 menjadi fokus utama masalah kesehatan oleh pemerintah sejak kasusnya meningkat setiap bulan pada tahun 2020. Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar pada berbagai bidang Salah satu bidang yang terdampak akibat Covid 19 di Indonesia adalah bidang pendidikan, maka dilakukan pembelajaran daring. Pada kondisi saat ini beberapa konsep pembelajaran sebagaimana yang diterapkan dalam pembelajaran daring tidak berjalan dengan  baik dalam  situasi  darurat  seperti  sekarang, selain itu sistem pembelajaran yang kurang efektif dapat menakibatkan penyampaian materi sulit untuk dipahami, Yang  mengakibatkan semakin luas terjadinya kecemasan, kebosanan terlebih dimasa pandemi Covid-19. Oleh sebab itu kegiatan webinar ini dilakukan agar memberikan pengetahuan tentang cara menghindari kebosanan dan stres selama pembelajaran daring kepada seluruh pelajar di Indonesia. Dengan  metode penyampaian materi menggunakan webinar lalu dilakukan pre test dan post test untuk mengukur pengetahuan pelajar. Didapatkan hasil 827 siswa yang mengikuti pre test dan post test dengan nilai rata-rata pada pre test sebesar 3,45 sedangkan pada post test nilai rata- rata sebesar 4. Hal ini menunjukkan ada peningkatan pengetahuan dari kegiatan webinar dengan hasil rerata pre test dan post test peserta. 

 

Kata Kunci: Covid-19, Kebosanan, Stres, Daring, Pengetahuan

 

 

ABSTRACT

 

The COVID19 pandemic has become by the government since the cases increased every month in 2020. The Covid-19 pandemic has had a major impact on various fields. One of the areas affected by Covid-19 in Indonesia is education, then online learning is carried out. In the current condition, some learning concepts as applied in online learning do not work well in emergency situations like now, besides that, an ineffective learning system can result in the delivery of material being difficult to understand, which results in widespread anxiety, boredom, especially during the pandemic Covid -19. Therefore, this webinar activity was conducted in order to provide knowledge about how to avoid boredom and stress during online learning to all students in Indonesia. With the method of delivering material using a webinar then pre-test and post-test are carried out to measure student knowledge. The results obtained were 827 students who took the pre-test and post-test with an average score of 3.45 in the pre-test while the post-test average value of 4. participant test.

 Keywords: Covid-19, Boredom, Stress, Online, knowledge


Kata Kunci


Kata Kunci: Covid-19, Kebosanan, Stres, Daring, Pengetahuan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alfaray, R. I., Yodianto, L., Fauzia, K. A., Armyta, D. N., Annisa, Y., & Rezkitha, A. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan Kota Tempat Tinggal Dengan Pengetahuan Covid19 Pada Generasi Muda Surabaya. Jurnal Layanan Masyarakat, 5(1).

Budiman, & Riyanto, A. (2014). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Charismiadji. (2020). Hubungan Regulasi Emosi dengan Stress Akademik pada Mahasiswa Baru. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hayati, N. I. (2018). Study Komparatif Mekanisme Koping Pasien Coronary Artery Disease (CAD) Sebelum dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan di High Care Unit RS Immanuel Bandung. Jurnal Kesehatan Kartika, 8(2), 38–55.

Kaplan, S. (2005). Gangguan ansietas. Tanggerang: Bima as.

Kmendikbud. (2020). Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Masa Belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan. Retrieved January 7, 2022, from bersamahadapikorona.com website: https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/surat-edaran-direktorat-jenderal-pendidikan-tinggi-masa-belajar-penyelenggaraan-program-pendidikan/

Livana, H. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran.

Peilouw, F. J., & Nursalim, M. (2013). Hubungan Antara Pengambilan Keputusan dengan Kematangan Emosi dan Self-Efficacy Pada Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 2013.

Purba, S. A. Br. (2020). Tingkat Stres pada Siswa yang Bersekolah dengan Media Daring di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Journal of Biology Education Research, 1(1).

Sulata, M. A., & Hakim, A. A. (2020). Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu Keolahragaan UNESA di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga. 8(3) : 147 – 156.

Vitasari, Ita. (2016). Kejenuhan (Burnout) Belajar Tinjau dari Tingkat Kesepian dan Kontrol Diri pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i2.5781

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.