Komunikasi Terapetik pada Pasien Pasca Operasi dalam Penerapan Pasien Safety Terhadap Pelayanan Keperawatan

Sulistiorini Kurniawati, Ida Faridah

Sari


ABSTRACT

 

Therapeutic communication is communication that has a specific purpose, namely to achieve the goal of healing. The implementation of therapeutic communication is carried out on all patients, one of which is postoperative patients. This study aims to determine the effect of therapeutic communication on postoperative patients in the implementation of patient safety (fall risk) on nursing services at Hermina Bitung Hospital. This research is a quasi-experimental study with a research design of One group Pre-Post test Design. The sampling technique in this study was simple random sampling with a sample size of 88 people. The data analysis carried out is univariate and bivariate analysis. The statistical test used is the Wilcoxon test. From the results of the study, the average value of therapeutic communication before the intervention was 59.95 and after the intervention was 66.24. The average value of nursing services before the intervention was 39.56 and after the intervention was 43.86. From the results of the Wilcoxon test, a significant value of 0.000, means that there is an influence of the influence of therapeutic communication on postoperative patients in the implementation of patient safety (risk of falling) on nursing services. From the results of the study, it can be concluded that there is an effect of therapeutic communication on postoperative patients in the implementation of patient safety (risk of falling) on nursing services.

 

Keywords: Therapeutic Communication, Nursing Services, Patient Safety

 

 

ABSTRAK

 

Komunikasi terapetik merupakan komunikasi yang memiliki tujuan yang spesifik yaitu untuk mencapai tujuan kesembuhan. Pelaksanaan komunikasi terapetik dilakukan pada semua pasien, salah satunya kepada pasien pasca operasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terapetik pada pasien pasca operasi dalam pelaksanaan pasien safety (resiko jatuh) terhadap pelayanan keperawatan RS Hermina Bitung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian One group Pre-Post test Design. Tekhnik sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 88 orang. Analisa data yang dilakukan adalah analisa univariat dan bivariat. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon.  Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata komunikasi terapetik sebelum intervensi adalah 59,95 dan setelah intervensi adalah 66,24. Nilai rata – rata pelayanan keperawatan sebelum intervensi adalah 39,56 dan setelah intervensi adalah 43,86. Dari hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai sginifikan 0,000, artinya terdapat pengaruh pengaruh komunikasi terapetik pada pasien pasca operasi dalam pelaksanaan pasien safety (resiko jatuh) terhadap pelayanan keperawatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh pengaruh komunikasi terapetik pada pasien pasca operasi dalam pelaksanaan pasien safety (resiko jatuh) terhadap pelayanan keperawatan.

 

Kata Kunci: Komunikasi terapetik, Pelayanan Keperawatan, Pasien Safety


Kata Kunci


Komunikasi terapetik, Pelayanan Keperawatan, Pasien Safety

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anjaswarni, T. 2016. Komunikasi Dalam Keperawatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Indonesia, Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan,BadanPengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan.

Ariani, T. A. 2018. Komunikasi Keperawatan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Christyana, V. C., Simamora, R. S., & Agustina, L. (2022). The Relationship Between The Application Of Therapeutic Communication And The Quality Of Nursing Services At The Pratama Restu Pirnawat Clinic, Way Panji Lampung Selatan District In 2022. Soscience: Journal of Social Science, 45-54.

Dirdjo, M. M. (2021). Hubungan Komunikasi dengan Keselamatan Pasien pada Perawat di IGD Rumah Sakit: Literature Review.

Elmonita, Y. 2021. Hubungan Caring Dan Komunikasi Terapeutik Terhadap Keselamatan Pasien Di Puskesmas. Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.

Hadi, I. 2017. Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Deepublish.

Handi, N. H. (2021). Komunikasi Dalam Konteks Sosial Dan Latar Belakang Budaya (Culture Diversity) Serta Keyakinan DalamKeperawatan. Komunikasi Keperawatan, 47.

Lestarinengseh, V. 2019. Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsd Balung , Kabupaten Jember Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Keperawatan Oleh . Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember.

Manalu et al . 2022). Kepemimpinan & Manajemen Pelayanan Keperawatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Marlindawati, M., Hilda, H., & Arsyawina, A. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsd Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. Aspiration of Health Journal, 1(1), 53-62.

Mayasari, M., Waluyo, A., Jumaiyah, W., & Azzam, R. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi. Journal of Telenursing (JOTING), 1(2), 344-353.

Mardiyono, M. I. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Tuberkulosis (Doctoral Dissertation, Universitas Dr. Soebandi).

Muhith, A., & Siyoto, S. (2018). Aplikasi komunikasi terapeutik nursing & health. Penerbit Andi.

Paramitha, D. S., Kusumawati, N., Hidayat, R., Al Ashri, A., Tauhidah, N. I., Nurman, M., ... & Anggeriyane, E. (2021). Nilai Esensial Dalam Praktik Keperawatan. Penerbit Insania.

Pertiwi, Melinda Restu. Wardhani, A. R. .2022. Komunikasi Terpeutik Dalam Kesehatan. Yogyakarta: Rizmedia Pustaka Indonesia.

Ramli, R. 2021. Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Klien Dalam Mendapatkan Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jurnal Inovasi Penelitian.

Rusnoto et al. 2019). Hubungan Pelayanan Keperawatan dan Komunikasi Terapeutik dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Loekmono Hadi Kudus. University Research Colloqium.

Simangunsong, A. U., & Fitriani, A. D. (2022). Pengaruh kepuasan pasien terhadap minat kunjungan ulang di ruang rawat inap. Jurnal Kesmas Prima Indonesia, 6(2), 27-37.

Siregar, N. S. 2016. Komunikasi Terapeutik Dokter Dan Paramedis Terhadap Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Bernuansa Islami Di Kota Medan’. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Susanto, W. H. A., Rachman, N., Situmeang, L., Panjaitan, N., Nuliana, W., Megasari, A. L., ... & Saherna, J. (2022). Komunikasi Dalam Keperawatan. Global Eksekutif Teknologi.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i12.10141

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License