Hubungan Pengetahuan tentang Pola Asuh Balita terhadap Keikutsertaan Ibu dalam Kelas Ibu Balita di Desa Pasirtalaga Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat

Sifa Nuriah, Rahmadyanti Rahmadyanti

Sari


ABSTRACT

 

The mother under five class program is a class for mothers who have children aged 0-5 years together for discussions, health nutrition services and stimulation of growth and development guided by the facilitator using the MCH handbook. The impact that can be caused if the execution of toddler mother classes does not go well is the low use of the MCH handbook which will lead to low understanding of mothers about child health. To determine the relationship between knowledge of parenting toddlers, age, education, mother's parity on participation in toddler mothers' classes. The chi-square research design uses questionnaires to be distributed directly to the respondents. Researchers will collect data using a questionnaire. Total population of 82 respondents, using total sampling. Based on statistical tests, it shows that knowledge of Mother Toddler Parenting has a p-value of 0.000 <0.05, Age has a p-value of 0.009 <0.05, Latest education has a p-value of 0.028 <0.05, Productivity has a p-value of 0.000 < 0.05 and Parity has a p-value of 0.000 > 0.05. There is a significant relationship between knowledge of mother-to-five parenting, age, last education, productivity and parity towards class participation of mothers of toddlers aged 0-5 years in Pasirtalaga Village, Telagasari District, Kab. Karawang.

 

Keywords: Toddler Mother Class, Knowledge of Toddler Parenting, Age, Education, Parity

 

 

ABSTRAK

 

Program kelas ibu balita adalah kelas para ibu yang mempunyai anak berusia 0-5 tahun bersama sama berdiskusi, pelayanan kesehatan gizi dan stimulasi tumbuh kembang yang di bimbing oleh fasilitator dengan menggunakan buku KIA. Dampak yang dapat ditimbulkan jika pelaksanaan kelas ibu balita tidak berjalan dengan baik yaitu rendahnya pemanfaatan buku KIA yang akan menyebabkan rendahnya pemahaman ibu terhadap kesehatan anak. Diketahuinya hubungan pengetahuan pola asuh balita, usia, pendidikan, paritas ibu terhadap ke ikutsertaan dalam kelas ibu balita. Desain penelitian chi square dengan rancangan menyebar kuesioner langsung pada responden. Peneliti akan melakukan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Total populasi sebanyak 82 responden, menggunakan total sampling. Berdasarkan uji statistik menunjukan bahwa pengetahuan Pola Asuh Ibu Balita memiliki p-value 0,000 < 0,05, Usia memiliki p-value 0,001 < 0,05, Pendidikan terakhir memiliki p-value 0,034 < 0,05, Produktifitas memiliki p-value 0,000 < 0,05 dan Paritas memiliki p-value 0,000 > 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan Pola Asuh Ibu Balita, Usia, Pendidikan Terakhir, Produktifitas dan Paritas tehadap Keikutsertaan Kelas Ibu Balita usia 0-5 Tahun di Desa Pasirtalaga Kecamatan Telagasari, Kab. Karawang.

 

Kata Kunci: Kelas Ibu Balita, Pengetahuan Pola Asuh Balita, Usia, Pendidikan, Paritas

 


Kata Kunci


Kelas Ibu Balita; Pengetahuan Pola Asuh Balita; Usia; Pendidikan; Paritas

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Akbar, H. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi Pada Pasangan Usia Subur Di Desa Lohbener Kabupaten Indramayu. Gema Wiralodra, 9(2), 164–182. Https://Doi.Org/10.31943/Gemawiralodra.Vol9.Iss2.350

American Academy Of Pediatrics. (2017). Age And Fertility. Https://Www.Healthychildren.Org/English/Ages-Stages/Prenatal/Pages/Age-And-Fertility.Aspx

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Conger, R. D., & Elder Jr., G. H. (2021). Families In Troubled Times: Adapting To Change In Rural America. Aldinetransaction.

Darmin, S. (2021). Hubungan Asi Eksklusif Dan Paritas Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Usia 6-12 Bulan Di Kota Kotamobagu : Studi Retrospektif. Gema Wiralodra, 12(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31943/Gemawiralodra.V12i2.186

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology. Mis Quarterly.

Defranco, E. A., Stamilio, D. M., Boslaugh, S. E., & Gross, G. A. (2019). A Short Interpregnancy Interval Is A Risk Factor For Preterm Birth And Its Recurrence. American Journal Of Obstetrics And Gynecology, 191(2), 481–486.

Dilanti, M. R., & Nasution, A. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosialisasi Dan Kemandirian Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Bidan Pintar, 1(1), 1–10.

Dufur, M. J., Parcel, T. L., & Hoffmann, J. P. (2021). Family Background, Parental Education, And Parenting Knowledge: Do They Matter For Parenting Behaviors? Child Development, 92(4), 1308–1323.

Ellis, L. K., & Hoskin, A. W. (2018). Parenting In Context: Revisiting The Intersectionality Of Age, Gender, And Parenting. Developmental Psychology, 54(9), 1724–1734.

Gita, K. R., & Rahayu. (2018). Efektifitas Penyelenggaraan Kelas Ibu Balita Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Tentang Mp-Asi Usia 6-12 Bulan. Jurnal Ilmiah Bidan, 3(3).

Harjatmo, T. P., Par’i, H. M., & Wiyono, S. (2017). Buku Ajar Penilaian Status Gizi. Egc.

Hudzaifah, A. F., Ningrum, T. P., & Lestari, L. (2020). Tingkat Kepuasan Ibu Balita Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Posyandu Wilayah Kota Bandung. Jurnal Keperawatan Bsi, 8(1).

Indrayani, D., Legiati, T., & Hidayanti, D. (2019). Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Ibu Dalam Stimulasi Tumbuh Kembang. Jurnal Kesehatan Prima, 13(2).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Pedoman Umum Posyandu.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020.

Kurnia, W. (2018). Program Pengaruh Kelas Ibu Balita Terhadap Pengetahuan Ibu, Pola Asuh, Asupan Zat Gizi, Pola Makan Dan Status Gizi Pada Balita Gizi Buruk Usia 0-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Picung Tahun 2018. Universitas Esa Unggul.

Kusumawardani, N., Wijayanti, R., & Sari, E. (2019). Hubungan Pengetahuan Orangtua Tentang Pola Didik Dengan Pola Didik Orangtua Pada Anak Usia 3-6 Tahun. Kesmas: National Public Health Journal, 14(2), 83–88.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, & Badan Pusat Statistik. (2019). Profil Anak Indonesia 2018.

Maccoby, & Loby, M. (2000). Contemporary Research On Parenting: The Case For Nature And Nurture. American Psychologist, 55(2), 218–232.

Notoatmodjo, S. (2021). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Nuraeni, A., Wijayanti, R., & Sari, E. (2019). Hubungan Pengetahuan Orangtua Tentang Pola Asuh Dengan Pola Didik Orangtua Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Kesmas: National Public Health Journal, 14(3), 143–148.

Surat Keterangan No. 284/Menkes/Sk/Iii/2004 Tentang Buku Kesehatan Ibu Dan Anak (Kia), (2004).

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. Https://Doi.Org/10.17509/Jpa.V4i1.27206

Sunarti. (2018). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Terhadap Partisipasi Dalam Kelas Ibu Balita Di Kelurahan Labibia Wilayah Kerja Puskesmas Labibia Kota Kendari Tahun 2018. Politeknik Kesehatan Kendari.

Tyas, T. P. (2013). Factors Affecting Nutritional Parents In Bgm Todders In Mumbulsari District Jember District. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 1(2).

Yulihasri, R., & Mahyuddin, N. (2021). Pengaruh Pola Asuh Berdasarkan Pekerjaan Orang Tua Terhadap Karakter Mandiri Anak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 169–181. Https://Doi.Org/10.35568/Earlychildhood.V5i2.1385




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i4.11087

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License