Stimulasi Ibu dengan Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun di Posyandu Kelurahan Palmeriam

Mirajsul Mirajsul, Mariyani Mariyani

Sari


ABSTRACT

 

It is recorded that 52.9 million children are less than 5 years old, it is estimated that 5-25% of preschool-aged children experience minor brain dysfunction including 85,779 (62.02%) fine motor development (WHO, 2018). The Indonesian Pediatricians Association (IDAI) revealed data that it is estimated that 5-10% of children experience developmental delays and 1-3% of toddlers experience global development delays (IDAI, 2013 in Setyaningsih & Wahyuni, 2018) so to anticipate this, parents are expected to be stimulated and screened for growth and development as early as possible. To know the relationship Stimulation of mothers with the development of children aged 1-2 years at Posyandu in Palmeriam in 2023. Quantitative study using a cross-sectional method on children aged 1-2 years at posyandu in Palmeriam village. Samples were taken randomly using cluster sampling technique at 10 posyandu as many as 84 respondents. The results of the chi square test showed that the p-value of the relationship between stimulation given by the mother and child development was 0.019 (<0.05). The stimulation given by the mother has been shown to have a significant relationship with the development of children aged 1-2 years at Posyandu in Palmeriam Village (H0 is rejected). For further research, it is expected to increase the number of samples so that they can be more representative of the population and health workers can play an active role in providing interventions related to stimulation of development according to the child's age.

 

Keywords: Children, Development, Stimulation

 

 

ABSTRAK

 

Tercatat 52,9 juta anak kurang dari 5 tahun, diperkirakan 5-25% anak usia prasekolah mengalami disfungsi otak minor termasuk perkembangan motorik halus sebanyak 85.779  (62,02%) (WHO,2018). Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan data bahwa diperkirakan 5-10% anak mengalami keterlambatan perkembangan dan 1-3% balita mengalami keterlambatan perkembangan umum (global development delay) (IDAI, 2013 dalam Setyaningsih & Wahyuni, 2018) sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, diharapkan oran tua  dapat stimulasi dan skrining pertumbuhan dan perkembangan sedini mungkin. Mengetahui hubungan Stimulasi Ibu dengan perkembangan Anak usia  1-2 tahun di posyandu Kelurahan Palmeriam tahun 2023. Penelitian kuantitatif menggunakan metode cross sectional pada anak usia 1-2 tahun di di posyandu Kelurahan Palmeriam. Sampel diambil secara random dengan teknik cluster sampling pada 10 posyandu sebanyak  84 responden. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa  nilai p-value hubungan Stimulasi yang diberikan ibu dengan perkembangan anak yaitu 0,019(<0,05).  Stimulasi yang diberikan ibu terbukti memiliki hubungan yang bermakna dengan perkembangan anak usia  1-2 tahun di posyandu Kelurahan Palmeriam  (H0 di tolak). Untuk penelitian selanjutkan diharapkan dapat menambahkan jumlah sampel agar dapat lebih mewakili populasi serta nakes dapat berperan aktif memberikan intervensi terkait Stimulasi perkembangan sesuai usia anak.

 

Kata Kunci: Anak, Perkembangan, Stimulasi


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adriana, D. (2014). Tumbuh Kembang Dan Terapi Bermain Pada Anak. Nuha Medika.

Anielisa, M. P. (2024). Gambaran Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Ahda, H., Erlyani, N., Rahmayanti, D. (2014). Peranan Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 2-3 Tahun Di Puskesmas Sungai Besar Banjarbaru. In Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan (Vol. 2, Issue 1, Pp. 79–86).

Ananditha, A. C., Kesehatan, F. I., & Muhammadiyah, U. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1), 109–118.

Aim Matun, N., & Nurun, N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motorik Halus Balita Usia 3-5 Tahun Di Kota Bangkalan.

Barir, B., & Fatmawati, Z. (2020). Pengaruh Asi Ekslusif Dan Stimulasi Terhadap Perkembangan Balita Usia 1-2 Tahun Di Momby Kid Jombang. Jurnal Kebidanan, 10(1), 23–29. Https://Doi.Org/10.35874/Jib.V10i1.729

Cahyani, F. P., Furqon, M. T., & Rahayudi, B. (2018). Identifikasi Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak Dengan Algoritme Backpropagation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jptiik) Universitas Brawijaya, 2(5), 1778–1786.

Fao, Ifad, And U. (2018). Wfp And Who. 2017. The State Of Food Security And Nutrition In The World 2017. Building Resilience For Peace And Food Security. In International Journal Of Phytoremediation (Vol. 15, Issue 10). Fao. Https://Doi.Org/10. 1080/15226514.2012.751351

Febriana, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Maze Alur Tulis Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok Tk Aba Janturan Umbulharjo Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Harahap, N. R. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Pante Raya Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Tahun 2018. Jurnal Midwifery Update (Mu), 1(1), 37. Https://Doi.Org/10.32807/Jmu.V1i1.39

Hati, F. S., & Lestari, P. (2016). Pengaruh Pemberian Stimulasi Pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan Di Kecamatan Sedayu, Bantul. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 4(1), 44. Https://Doi.Org/10.21927/Jnki.2016. 4(1).44-48

Heryana, A. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pada Kesehatan Masyarakat (Vol. 2). (E-Book) Tidak Dipublikasikan.

Imelda. (2017). Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Stimulasi Dan Perkembangan Anak Pra Sekolah (3-5 Tahun) Di Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 8(3).

Iriani, N., Dewi, A. K. R. S., Sudjud, S., Talli, A. S. D., Surianti, Setyowati, D. N., Lisarani, V., Arjang, Nurmillah, & Nuraya, T. (2022). Metodologi Penelitian. Rizmedia Pustaka Indonesia.

Karsaeni, N. W. Y. (2019). Studi Komparasi Riwayat Kelahiran Matur Dengan Prematur Terhadap Status Perkembangan Anak Usia Toddler Di Upt Kesmas Gianyar I Tahun 2019 (Doctoral Dissertation, Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan).

Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2016). Fase Tumbuh Kembang Anak. Kemenpppa. Https://Www.Kemenpppa.Go.Id/Index.Php/Page/Read/31/586/Fase-Tumbuh-Kembang-Anak

Larasati, A. R. B. (2018). Hubungan Stimulasi Ibu Terhadap Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun Di Paud Almirah Desa Limau Manis Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018. Energies, 6(1), 1–8. Http://Journals.Sagepub.Com/Doi/10.1177/1120700020921110%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Reuma.2018.06.001%0ahttps://Doi.Org/10.1016/J.Arth.2018.03.044%0ahttps://Reader.Elsevier.Com/Reader/Sd/Pii/S1063458420300078?Token=C039b8b13922a2079230dc9af11a333e295fcd8

Mulyaningsih, S., & Djunaid, U. (2021). Studi Literatur :Pengaruh Stimulasi Ibu Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Bayi Umur 1-3 Tahun. Madu : Jurnal Kesehatan, 10(2), 9. Https://Doi.Org/10.31314/Mjk.10.2.9-15.2021

Mutiara, V. S. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Anak Prasekolah. Chmk Nursing Scientific Journal, 1(2), 41–46. Https://Cyber-Chmk.Net/Ojs/Index.Php/ Ners/Article/View/293

Perdani, R. R. W., Purnama, D. M. W., Afifah, N., Sari, A. I., & Fahrieza, S. (2021). Hubungan Stimulasi Ibu Dengan Perkembangan Anak Usia 0-3 Tahun Di Kelurahan Penengahan Raya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Sari Pediatri, 22(5), 304. Https://Doi.Org/10.14238/Sp22.5.2021.304-10

Putri, A. (2024). Pengaruh Pernikahan Dini Terhadap Perkembangan Anak Di Desa Bukit Ranah Kabupaten Kampar (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

R Ariyana, D., & Rini, N. S. (2009). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Anak Dengan Perkembangan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Semarang. Jurnal Keperawatan (Fikkes), 2(2), 11–20.

Rukmini. (2019). Pemberian Stimulasi Dan Perkembangan Motorik Anak Usia 1-3 Tahun Di Kelurahan Krembangan Kecamatan Morokrembangan Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. Http://Www.Scopus.Com/Inward/Record.Url?Eid=2-S2.0-84865607390&Partner Id=Tzotx3y1%0ahttp://Books.Google.Com/Books?Hl=En&Amp;Lr=&Amp;Id=2limmd9fvxkc&Amp;Oi=Fnd&Amp;Pg=Pr5&Amp;Dq=Principles+Of+Digital+Image+Processing+Fundamental+Techniques&Amp;Ots=Hjrheus_

Siregar, Susanti, R., Indriawati, R., Panma, Y., Hanaruddin, D. Y., Adhiwijaya, A., Akbar, H., Agustiawan, Nugraha, D. P., & Renaldi, R. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan (Y. P. P. Rangga (Ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Siswanto, H. (2019). Pendidikan Kesehatan Unsur Utama Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Kinabalu, 11(2), 305–321.

Soejatmiko. (2011). Deteksi Dini Gangguan Tumbuh Kembang Balita. Sari Pediatri.

Susanti, Y. I. (2017). Asuhan Neonatus, Bayi, Balita Dan Anak Pra Sekolah. Kekata Group.

Suwardi, S. (2021). Hubungan Stimulasi Ibu Dengan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Kebidanan Malahayati, 7(3), 459–465. Https://Doi.Org/10.33024/Jkm.V7i3.4414

Varney, H. (2010). Buku Ajaran Asuhan Kebidanan (4th Ed.). Egc.

Yuliantini, E. L. (2019). Hubungan Tingkat Stimulasi Dengan Perkembangan Nak Usia Toddler Di Wilayah Kerja Puskesmas Dlingo Ii Bantul Tahun 2019 (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i6.11247

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License