Pengaruh Kinetic Play Sand Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Bina Putra dan TK Dian Pratama

Nurul Aqidah Arafah, Mariyani Mariyani

Sari


ABSTRAK

 

Pada masa anak prasekolah merupakan proses pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat, sehingga membutuhkan stimulasi yang intensif dari lingkungan sekitarnya untuk mendukung masa depannya mendatang (Akmaliyah, 2013). Diketahuinya pengaruh kinetic play sand terhadap kreativitas pada anak usia pra sekolah di TK Bina Putra dan TK Dian Pratama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian case control. Jenis penelitian ini memiliki ciri melakukan perbandingan antara TK Bina Putra dan TK Dian Pratama untuk melihat perbedaan kreativitas anak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 anak usia 5-6 tahun dari TK Bina Putra dan TK Bina Dian Pratama. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling. Hasil pretest kreativitas pada TK Bina Putra yaitu sebesar 86,7% dan TK Dian Pratama sebesar 100%. Pada hasil posttest didapatkan sebesar 56,7% di TK Bina Putra dan 53,3% di TK Dian Pratama. Hasil uji statistik dengan Wilcoxon yang dilakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara skor kreativitas pretest dan posttest pada anak usia pra sekolah di TK Bina Putra dan TK Dian Pratama (p-value <0,05) dan Z berselisih negatif. Adanya intervensi berupa permainan kinetic playsand terhadap kreativitas anak usia pra sekolah dianggap efektif untuk meningkatkan kreativitas anak. Oleh karena itu, diharapkan dari hasil penelitian ini orang tua, guru tempat anak belajar dan sekolah dapat memberikan perhatian lebih dalam proses tumbuh kembang anak.

 

Kata Kunci: Anak Pra Sekolah, Kinetic Play Sand, Kreativitas

 

 

ABSTRACT

 

During the preschool years, the process of growth and development is very rapid, so it requires intensive stimulation from the surrounding environment to support their future (Akmaliyah, 2013). The known effect of kinetic play sand on creativity in preschool-aged children at Bina Putra and Dian Pratama Kindergarten in 2023. Methodology This research is a quantitative study with a case control research design. This type of research has the characteristic of making a comparison between Kindergarten Bina Putra and Kindergarten Dian Pratama to see differences in children's creativity. The population in this study was 60 children aged 5-6 years from Bina Putra Kindergarten and Bina Dian Pratama Kindergarten. The sample technique used is total sampling. Research Methods : The creativity pretest results in Bina Putra Kindergarten were 86.7% and Dian Pratama Kindergarten were 100%. The results of the posttest were 56.7% in Bina Putra Kindergarten and 53.3% in Dian Pratama Kindergarten. The results of statistical tests conducted by Wilcoxon showed that there was a significant difference between pretest and posttest creativity scores in pre-school aged children at Bina Putra Kindergarten and Dian Pratama Kindergarten (p-value <0.05) and Z was negative. The existence of an intervention in the form of kinetic playsand games on the creativity of pre-school age children is considered effective in increasing children's creativity. Therefore, it is hoped that from the results of this study parents, teachers where children study and schools can pay more attention to the process of child development.

 

Keywords: Preschoolers, Kinetic Play Sand, Creativity


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adiesti, F. (2018). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kreativitas Anak Prasekolah (4-5 Tahun) Di Tk Al-Kholifah Selorejo – Jombang. Biomedika, 11(2), 130–135. Https://Doi.Org/10.31001/Biomedika.V11i2.405

Akmaliyah, M. (2013). Prasekolah. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Anggelina, B. R. (2020). Pengaruh Storytelling Dengan Fingger Puppet Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Pandemic Covid 19) Studi Pra-Eksperimen Di Ra Mambaul Huda Kec. Puri Kab. Mojokerto (Doctoral Dissertation, Stikes Bina Sehat Ppni).

Dunggio, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Melalui Media Pasir Ajaib Pada Anak Di Kabupaten Pohuwato. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 224. Https://Doi.Org/10.32529/Glasser.V3i2.295

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1143-1155.

Harahap, F., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Bermain Pasir Kinetik Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5931-5941.

Handayani, Y. (2023). Pengaruh Kombinasi Terapi Bermain Origami Dankomunikasiterapeutikterhadapperilakukooperatifanakusiaprasekolahpre Operasidi Rsuddr. H. Abdulmoeloekprovinsi Lampungtahun 2023 (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang).

Keyra, T. (2022). Bagaimanakah Kondisi Pendidikan Di Indonesia Saat Ini? Kompasiana.Com.

Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Pengaruh Bermain Pasir Kinetik Terhadap Kreativitas Anak. Jpp Paud Fkip Untirta, 6, 21–28. Https://Doi.Org/10.30870/Jpppaud.V6i1.7369

Lubis, L., Munir, A., & Wulandari, U. (2020). Pengaruh Permainan Pasir Dan Permainan Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Di Paud Cemerlang Deli Serdanf. Medan Area University, Nov-2020.

Muthiah, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Desain Media Pasir Kinetik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 207-218.

Nababan, S., Agustina, W., & Sitorus, H. (2023). Pengaruh Media Bermain Pasir Kinetik Terhadap Aspek Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pelangi Kasih Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 290-306.

Nurrahmawati, E., Ariska, K., & Mulya, N. (2022). Bermain Pasir Kinestik (Kinetic Sand) Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita Paud, 7(1), 55-62.

Rizkia, N., Hayati, F., & Amelia, L. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Kinetik Dalam Menstimulasi Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B1 Tk Pertiwi Lhoknga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Septiana, A. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Pasir Kinetik (Kinetic Sand) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Usia 3-4 Tahun Di Tk Islam Birul Walidain Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan Dan Tk Insan Cendekia Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan (Doctoral Dissertation, Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun).

Suhartanti, I., Rufaida, Z., Setyowati, W., & Ariyanti, F. W. (2019). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Pra Sekolah. E-Book Penerbit Stikes Majapahit, 1-119.

Sulistiyowati, A. (2009). Kemampuan Imajinasi Anak Usia Dini Sebagai Sumber Ide Pembuatan Karya Tekstil.

Takahopekang, C. R., Danjie, F. E. K., & Nafiqoh, H. (2020). Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Pasir Ajaib. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 181–189. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/Ceria.V3i2.P%25p

Umah, K. K., & Rakimahwati, R. (2021). Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Pasir Ajaib Di Taman Kanak-Kanak. Aulad: Journal On Early Childhood, 4(1), 28–36. Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V4i1.86

Wulandari, F. (2018). Pengaruh Bermain Kinetic Sand Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini, 3(2), 18–23.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i7.11248

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License