Pengaruh Alat Permainan Lego Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD Arriyadatul Badi’ah
Sari
ABSTRACT
According toWHO in 2021 reported that 5-25% of young children suffer from minor brain dysfunction, including impaired fine motor development (WHO, 2021). To determine the effect of educational game toolsLego on cognitive development in Early Childhood (4-5 Years) in Earlyyadul Badi'ah PAUD Kab. Karawang in 2023. Musequasi experimental with a planThe one group pretest-posttest design. The study population was 4-5 years old children who took part in learning activities at the Arriyadul Badi'ah PAUD, totaling 40 children. The sampling technique uses total sampling. Analyst bivariate use testWilcoxcone. The results of the Paired sample t test obtained a significance value of 0.000 <0.05 so it can be concluded that there is an influence of lego games on the cognitive development of early childhood (4-5 years) in Earlyyadul Badi'ah PAUD Kab. Karawang. It can be concluded that lego games have an effect on the cognitive development of early childhood (4-5 years) at the Arriyadul Badi'ah PAUD, Kab. Karawang. DisThe recommendations in this study are for educational institutions, for research sites, for respondents and for future researchers.
Keywords: Lego Games, Cognitive Development, Early Childhood.
ABSTRAK
Menuruut WHO tahun 2021 melaporkan bahwa 5-25% dari anak-anak usia dini menderita disfungsi otak minor, termasuk gangguan perkembangan motorik halus. Untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif Lego terhadap perkembangan kognitif pada Anak Usia Dini (4-5 Tahun) di PAUD Arriyadul Badi’ah Kab. Karawang Tahun 2023. Menggunakan quasi eksperimental dengan rancangan The one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang mengikuti kegiatan belajar di PAUD Arriyadul Badi’ah berjumlah 40 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analis bivariate menggunakan uji Wilcoxcone. Hasil Uji Paired sampel t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh permainan lego terhadap perkembangan kognitif anak usia dini (4-5 Tahun) Di PAUD Arriyadul Badi’ah Kab. Karawang. Simpulan di dapatkan permainan lego berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak usia dini (4-5 Tahun) Di PAUD Arriyadul Badi’ah Kab. Karawang. Disaran dalam penelitian ini untuk Institusi pendidikan, untuk tempat penelitian, untuk responden dan untuk peneliti selanjutnya.
Kata Kunci: Permainan Lego, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Amelia, A., Priyanti, D., Hikmah, I., Harahap, M. A., & Khadijah, K. (2022). Pengembangan Permainan Lego Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Di Tk Adhyaksa Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(3), 1338-1344.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Damayanti, E., Nurhasanah, N., Nurafia, N., & Kamal, E. E. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nanaeke: Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 2(1), 10-24.
Damayanti, E., Nurhasanah, N., Nurafia, N., & Kamal, E. E. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nanaeke: Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 2(1), 10-24.
Fadlillah, M. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Prenada Media.
Hasibuan, E. S. (2020). Pengembangan Media Lego Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Al-Hikmah Kec. Sosa Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Heliawati, R. (2019). Manajemen Pembelajaran Inklusi Pada Anak Usia Dini. Educhild: Majalah Ilmiah Pendidikan, 3(1), 15-23.Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Tk Mutiara, Tapos Depok). Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28-47.
Holis, A. (2017). Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas Dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Uniga, 10(1), 23-37.
Hulukati, W., Rahim, M., & Djafar, Y. (2017). Pembelajaran Bahasa Daerah Gorontalo Pada Anak Usia Dini. Jiv-Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 81-88.
Iga, R. S. (2023). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Lego Di Tk Wiyata Bhakti Kecamatan Hulu Sungkai Kabupaten Lampung Utara (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Ilham, A. W. (2020). Pengaruh Bermain Konstruksi Bermedia Lego Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Literature Review (Doctoral Dissertation, Stikes Ngudia Husada Madura).
Intarti, W. D. (2019). Pengaruh Kie Terhadap Tingkat Pengetahuan Guru Paud Tentang Stimulasi Kecerdasan Otak Anak Usia Dini. Jurnal Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan, 6, 202-212.
Isnaningsih, A., & Wiarati, H. (2024). Pengaruh Busy Book Terhadap Pengenalan Bilangan Dan Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nurul Hidayah Kebumen. Journal On Teacher Education, 5(3), 73-82.Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49-55.
Izzati, L., & Yulsyofriend, Y. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472-481.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15-28.
Martini, F., & Rahmadyanti, R. (2024). Dampak Permainan Lego Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Journal Of Telenursing (Joting), 6(1), 447-455.
Muloke, I. C., Ismanto, A. Y., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Puzzle) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Keperawatan, 5(1).
Sarmila, S. (2023). Analisis Minat Bermain Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Block Brick Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B2 Tk Hafidzan Lestari Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Univeristas Jambi).
Saudia, B. E. P., & Wardani, W. (2022). Pengaruh Stimulasi Ape Magic Book Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7214-7222.
Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (Ape) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Alim, 2(1), 1-30.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Praktik Pembelajaran. Prenada Media.
Susilawati, E., Yanti, Y., Agritubela, S. M., & Anjar, A. (2023). Pemberdayaan Kader Dalam Deteksi Gangguan Pertumbuhan Dan Penyimpangan Perkembangan Bayi Balita Menggunakan Aplikasi Primaku Dan Kka Online. Abdikes: Jurnal Pengabdian Kesehatan, 1(2), 49-55.
Utami, S., Qur'aniati, N., & Kusuma, E. (2008). Playing Lego Increase Cognitive Development On Preschool Child (4-5 Years Old). Jurnal Ners, 3(2), 121-127.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i5.11280
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License