Pengaruh Pelaksanaan Peer Grup Education terhadap Pencegahan Kehamilan Beresiko Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kecamatan Tugu Semarang

Heny Prasetyorini, Dyah Restuning Prihati

Sari


ABSTRACT

 

Peer group education is an alternative in natural learning efforts with peers who have something in common so that they are able to strengthen each other and learn from each other and share experiences related to the knowledge possessed by the Government. with the efforts of pregnant women classes. From the strategic plan, several inhibiting factors were found in achieving success, including the uneven availability of health workers and health facilities, especially in remote, border and island areas, so that assistance is still needed through peer group education for pregnant women. To determine the effect before and after the implementation of peer group education on preventing risky pregnancies in pregnant women in the Tugu sub-district area of Semarang. This study used a pre-experimental research design with a one group pretest-posttest design. Peer group education in pregnant women was measured before and after to prevent risky pregnancies. The study population consisted of 39 people. The time of the study was March – August 2023. In this study, the researchers collected data using an instrument in the form of a questionnaire covering the characteristics of the respondents, knowledge about preventing risky pregnancies. The results of this study indicate that there is an increase in knowledge before and after being given peer group education to pregnant women in efforts to prevent high-risk pregnancies. And the results from the Wilcoxon test obtained a Z value of -5.588 and Asymp. Sig (2-tailed) 0.000 or equal to p-value <0.05, which means that there is an effect of peer group education on the level of knowledge of pregnant women. The results of the Pilla's Trace test for age, education, occupation and history of at-risk pregnancies affect the level of knowledge of pregnant women after being given peer group education interventions in efforts to prevent at-risk pregnancies. That age, education, occupation and history of risky pregnancies affect the level of knowledge of pregnant women after being given peer group education interventions in efforts to prevent at-risk pregnancies.

 

Keywords: Peer Group Education, Prevention of Risky Pregnancy

 

 

ABSTRAK

 

Peer grup  education menjadi sebuah alternatif dalam upaya pembelajaran secara alamiah bersama teman sebaya yang memiliki kesamaan sehingga mampu saling menguatkan dan saling belajar serta berbagi pengalaman terkait dengan pengetahuan yang dimiliki Pemerintah telah melakukan upaya dalam pencegahan kehamilan beresiko dengan membuat rencana strategi Kemenkes tahun 2020-2024 yaitu dengan adanya upaya kelas ibu hamil. Dari rencana strategi tersebut masih ditemukan beberapa factor penghambat dalam capaian keberhasilan diantara nya adalah ketersediaan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan yang belum merata, terutama di daerah-daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan sehingga masih diperlukan pendampingan melalui peer grup education pada ibu hamil. Untuk mengetahui pengaruh sebelum dan setelah pelaksanaan peer group education terhadap pencegahan kehamilan beresiko pada ibu hamil di wilayah kecamatan Tugu Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Peer grup education pada ibu hamil diukur sebelum dan setelah untuk mencegah terjadinya kehamilan beresiko Populasi pada penelitian sebanyak 39 orang. Waktu penelitian bulan Maret – Agustus 2023. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner meliputi karakteristik responden, pengetahuan tentang pencegahan kehamilan beresiko. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan sebelum dan setelah di berikan peer group education pada ibu hamil dalam Upaya pencegahan kehamilan beresiko. Dan  hasil dari uji Wilcoxon didapatkan nilai Z -5,588 dan Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 atau sama dengan p-value < 0,05 yang artinya ada pengaruh peer group education terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil. Hasil dari uji Pilla’sTrace usia, Pendidikan, pekerjaan dan Riwayat kehamilan beresiko berpengaruh  terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil setelah diberikan intervensi peer group education dalam Upaya pencegahan kehamilan  beresiko. Bahwa usia, Pendidikan, pekerjaan dan Riwayat kehamilan beresiko berpengaruh  terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil setelah diberikan intervensi peer group education dalam Upaya pencegahan kehamilan  beresiko.

 

Kata Kunci: Peer Group Education,Pencegahan Kehamilan Beresiko


Kata Kunci


Peer Group Education,Pencegahan Kehamilan Beresiko

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alves, F. L. C., (2019). Group Of High Risk Pregnan Women As Health Education Strategy. Revista Gaucha De Enfermagem, Volume 40, pp. 1-8.

Anik, U., (2018). Efektifitas Metode Peer Group Education dan Metode Ceramah Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kehamilan Remaja, Denpasar: Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Cahyanti, S. Y. d., (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Motivasi Terhadap Kemandirian Ibu Nifas Dalam Perawatan Diri Selama Early Postartum. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 5(4), pp. 1937 - 1945.

Corneles, S. M., (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kehamilan Risiko Tinggi. Jurnal Ilmiah Bidan , Volume 3 No 2.

Desnita, (2019). Pengaruh Metode Peer Education Terhadap Intradialytic. Journal Kesehatan Mercusuar , Volume 2 No 2 .

Faradhika, (2019). Faktor Kunjungan Antenatal Care (ANC) Berbasis Teori Transcultural Nursing Di Wilayah Kerja Puskesmas Burneh, Burneh: Universitas Airlangga.

Indrawati, (2016). Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Resiko Tinggi Dengan Penyuluhan Berbasis Media , Semarang : Universitas Muhammadyah Semarang .

Jannah, M., (2022). Effort To Increase Pregnant Womens Knowledge About High Risk Pregnancy With Health Education. Pharmacology, Medical Reports, Orthopedic An Illness Details, 1(4), pp. 14-21.

Lima, V. K. D. S., (2019). Health Education For Pregnant Women: The Search For Maternal Empowerment Over The Puerperal Pregnancy Cycle. Cuidado E Fundamental, 11(4), pp. 968 - 975.

Nugraheni, D. Y., (2018). Pengaruh Peer Grup education Terhadap Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Siswi Di SMP Negeri 2 Dagangan Kabupaten Madiun, Madiun : Skripsi, Program Studi Keperawatan Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun .

Nurmala, E. Y. E., (2015). Aplikasi Peer Education Pada Antenatal Class Dalam Optimalisasi Kualitas Ibu Hamil Di Bidan Praktek Mandiri Kasih Kecamatan Sukun Kota Malang. The Journal Midwifery, Volume Vol 2 No 1.

Paridah T, d. S., (2018). Tingkat Pengetahuan Terhadap Ibu Hamil Resiko Tinggi Melalui Kompetensi Soft Skill Dan Kinerja Petugas Kesehatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada , 11(2), pp. 367-377.

Putri, D. S., (2014). Hubungan Usia Ibu Hamil dengan Kepatuhan Di Puskesmas Suruh Kabupaten semarang, Kabupaten Semarang: Jurnal Unimus.

Rachmawati, A. I., (2017). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Antenatal Care (ANC) Ibu Hamil. Majority, Volume 7 No 1, pp. 72-76.

RI, K. K., (2018). Data Dan Informasi Profil Kesehatan indonesia. Jakarta : s.n.

Rompas, B. H. d., (2017). Pengaruh Manajemen Model Asuhan Keperawatan Profesional Tim Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Bangsal Pria RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Keperawatan , 5(2), pp. 1-6.

Rukina, (2022). Tingkat Pengetahuan Terhadap Ibu Hamil Resiko Tinggi Melalui Kompetensi Soft Skill dan Kinerja Petugas Kesehatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada , Volume 11 No 2 , pp. 367-377.

Rusdiana, (2020). Pengaruh Peer Education terhadap Pengetahuan Kehamilan Pada Kelas Ibu hamil. Jurnal Keperawatan Suaka Insan .

Tay, M., (2018). Pengaruh Metode Peer Group Pada Ibu Hamil Dengan Anemia Terhadap Pengetahuan Mengenal tanda Bahaya Kehamilan Persalinan Nifas, Surakarta : Program Study Sarjana Keperawatan Stikes Kusuma Husada Surakarta.

Tay, M. E. M., (2018). Pengaruh Medode Peer group Pada Ibu Hamil Dengan Anemia Terhadap Pengetahuan Mengenal Tanda Bahaya Kehamilan, Persalinan, Nifas, Surakarta : Program Studi Sarjana Keperawatan Stikes Kusuma Husada Surakarta .

Widatiningsih, S., (2017). Praktik Terbaik Asuhan Kehamilan. Pertama cetakan 1 ed. Yogyakarta: Trans Medika .

Zaenab, (2018). Gambaran Pengetahuan Pasangan Usia Subur (Pus) Tentang Kanker Serviks Di Wilayah Kerja Puskesmas Unaaha Kabupaten Konawe, Kendari: Poltekes Kemenkes Kendari.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i3.11694

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License