Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Perawat dengan Kepuasan Pasien di RSUD Dr. A Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung Tahun 2023

Liza Ayu Pratiwi, Dessy Hermawan, M. Ricko Gunawan

Sari


ABSTRACT

 

Patient satisfaction is an important indicator that must be considered in health services. Patient satisfaction also depends on the quality or quality of nursing services. Measuring the level of patient satisfaction is closely related to the quality of nursing services. The cause of patient dissatisfaction is influenced by many factors, including those related to product and service quality, price, emotional, performance, aesthetics, population characteristics, service, location, facilities, communication, atmosphere, visual design. The results of free interviews with the head nurse in room E4 to find out nurse service satisfaction in 2022 showed that 60% of patients stated they were satisfied with the services provided by nurses. While 40% of patients were not satisfied with the services provided by nurses. To determine the relationship between the quality of nursing services and patient satisfaction at RSUD Dr. A Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. This type of research uses quantitative, the research design uses an analytical survey, with a cross sectional approach. The population in this study were patients who were hospitalized at RSUD DR. A. Dadi Tjokrodipo. The sampling technique uses purposive sampling. Univariate and bivariate data analysis using the chi square test. This research was conducted in July 2023. Most of the respondents stated that the quality of nurse services was in the unfavorable category, as many as 92 respondents (51.7%). Most of the respondents stated that patient satisfaction was in the unfavorable category of 100 respondents (56.2%). There is a relationship between the quality of nurse services and patient satisfaction at RSUD Dr. A Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung in 2023. as input material to improve the quality of nursing services in providing better services for patients, by means of nurses showing readiness when providing nursing services.

 

Keywords: Quality of Nurse Service, Satisfaction, Satisfaction

  ABSTRAK 

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien juga tergantung pada mutu atau kualitas pelayanan keperawatan. Pengukuran tingkat kepuasan pasien erat hubungannya dengan kualitas pelayanan keperawatan. Penyebab terjadinya ketidakpuasan pasien dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain yang berhubungan dengan kualitas produk dan jasa, harga, emosional, kinerja, estetika, karakteristik penduduk, pelayanan, lokasi, fasilitas, komunikasi, suasana, desain visual. Hasil wawancara bebas kepada kepala perawat ruang E4 untuk mengetahui kepuasan pelayanan perawat pada tahun 2022, didapat hasil sebanyak 60% pasien menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perawat. Sedangkan 40% pasien tidak merasa puas dengan pelayanan yang diberikan perawat. Untuk mengetahui hubungan kualitas jasa pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. A Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif, rancangan penelitian menggunakan survey analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang melakukan rawat inap di RSUD DR. A. Dadi Tjokrodipo. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Analisa data univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli Tahun 2023. Sebagian besar responden menyatakan kualitas pelayanan perawat dengan kategori kurang baik sebanyak 92 responden (51,7%). Sebagian besar responden menyatakan kepuasan pasien dengan kategori kurang baik sebanyak 100 responden (56,2%). Ada hubungan kualitas jasa pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. A Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung Tahun 2023. sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pasien, dengan cara perawat menunjukan kesiapan ketika melakukan pelayanan keperawatan.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Perawat, Kepuasan, Kepuasan


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan Perawat, Kepuasan, Kepuasan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ali, H. (2019). Patient Satisfaction Model and Patient Loyalty: Amalysis of Service Quality and Facility (Case Study at Rawamangun Special Surgery Hospital). 9771, 551-559.

Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 5(2), 165-181.

Ardiputra, S., & Prawira, M. R. (2020). Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pos Cabang Pasangkayu 91571: Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pos Cabang Pasangkayu 91571. PubBis: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 4(2), 136-146.

Badriya, L. (2021). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek bareng kota malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Bahtiar, Y & Suarli (2012). Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis (Safitri Amalia dan Rina Astikawati (ed.)).PT.Gelora Aksara Pratama.

Butar-Butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 50-63.

Darmin, D. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Tingkat KepuasanPasien Di Ruang Interna RSUD Kota Kotamobagu. MIRACLE Journal, 1(2), 29-35.

Darmin, D. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Asuhan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Interna RSUD Kota Kotamobagu. Miracle Journal, 1(2), 29-35.

Fadilah, A., & Yusianto, W. (2019). Hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap bedah di rsud dr. loekmono hadi kudus. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendikia Utama, 8(1), 35-44.

Irmawati., Kurniawati. (2014). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Salatiga. Semarang: STIKES Widya Husada.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian diapotek. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 3 tahun 2020 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018.

Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.

Khamida, K., & Mastiah, M. (2015). Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Journal of Health Sciences, 8(2)

Krisnawati, T., Utami, N. W., & Lasri, L. (2017). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).

Librianty, N. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Kepeawatan dengan Tingkat Kepuasan Paien Rawat Inap di Puskesmas Sungai Sirih Kabupaten Kuansing Tahun 2017. Jurnal Doppler, 2 (1).

Nursalam, D. (2014). Manajemen Keperawatan" Apliasi dalam Praktik Keperawatan Profesional.

Nursalam, M. K. (2018). Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika, Jakarta.

Nursalam, P. D. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (PP Lestari (ed.).

Prima, A., & Achadi, A. (2022). Kepuasan Pengguna Alat Ortotik Prostetik: Systematic Literatur Review. Journals of Ners Community, 13(5), 568-576.

Pulungan, R. M., Fithri, N. K., Priyambodo, R., Novitasari, S., & Wiradati, M. (2021). Gambaran Kondisi Kesehatan Berdasarkan Data Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Kota Bekasi. Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 30-44.

Rachman, A. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Kompensasi

Terhadap Komitmen Organisasi (Studi kasus pada PT. BPR Syariah Shadiq Amanah) (Doctoral dissertation, Program Studi Magister Manajemen S2 Pasca Sarjana Universitas Widyatama).

Rachman, Y. A. (2017). Analisis Hubungan Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon. JURNAL Ekuivalensi, 3(2), 49-60.

Ritonga, I. L., & David, M. (2020). Hubungan Layanan Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Sakura RumahSakitUmum Imelda Pekerja Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 6(2), 128-135.

Sudibyo, A. R. (2014). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di RSIA Srikandi IBI JemberTahun 2014.

Suwuh, M. K., Maramis, F. R., & Wowor, R. E. (2018). Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. Kesmas, 7(3).

Tugi, G., Mm, P., Fuadi, D. U., & Banten, D. S. (2020). Vol. 16 No. 1 Februari 2020 Issn: 1693-9549 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Tambahan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Kapal Penyebrangan Di Pt. Trisakti Lautan Mas Cabang Bakauheni, Lampung, 75, 75-83.

Walukow, D. N., Rumayar, A. A., & Kandou, G. D. (2019). Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa. Kesmas, 8(4).

Yanti, N. (2013). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Fasilitas dan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i12.11754

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License