Pengaruh Media Video Terhadap Ketrampilan Pemeriksaan Tanda-Tanda Vital (TTV) pada Mahasiwa Keperawatan Prodi D-III Keperawatan Manokwari
Sari
ABSTRACT
Checking vital signs plays an important role in the emergency department (IGD) and in the ward. This examination is useful for determining patients who are at risk of worsening. So the importance of monitoring vital signs in clinical practice. This research aims to analyze the influence of video media on students' Vital Signs Examination (TTV) skills. The type of research is quasi-experimental research with a pretest and posttest control group research design. This research was divided into 2 groups, namely the intervention group and the control group. The intervention group was the group that was given video intervention and a checklist, while the control group was given a checklist. The results of the study showed that there was a difference in TTV examination skill scores before and after treatment in both the intervention group and the control group with a p value < α value (0.05) and there was no difference in TTV examination skill scores either before treatment or after treatment between control group and intervention group with a p value > α value (0.05). The conclusion is that learning media using video education about TTV examinations has an effect on increasing the TTV examination skill scores of Manokwari D.III Nursing Study Program students after being given intervention and understanding more about the procedures to be carried out.
Keywords : Skills, Nursing, Vital Signs
ABSTRAK
Pemeriksaan tanda-tanda vital menjadi peran penting pada ruangan departemen darurat (IGD) dan pada ruang bangsal, pemeriksaan ini berguna untuk menentukan pasien yang berisiko mengalami perburukan. Sehingga pentingnya pemantauan tanda-tanda vital dalam praktik klinis. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis pengaruh media video terhadap ketrampilan Pemeriksaan Tanda-Tanda Vital (TTV) pada mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian quasy eksperimen dengan desain penelitian control grup pretest dan posttest. Penelitian ini terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kelompok intervensi adalah kelompok yang diberikan intervensi Video dan checklist, sedangkan kelompok kontrol diberikan cheklist. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai keterampilan keterampilan pemeriksaan TTV sebelum dan sesudah perlakuan baik pada kelompok intervensi maupun pada kelompok kontrol dengan nilai p value < nilai α (0,05) dan tidak terdapat perbedaan nilai keterampilan pemeriksaan TTV baik sebelum perlakuan maupun sesudah perlakuan antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan nilai p value > nilai α (0,05). Kesimpulan yaitu media pembelajaran menggunakan edukasi video tentang pemeriksaan TTV berpengaruh terhadap peningkatan nilai keterampilan pemeriksaan TTV Mahasiswi Prodi D.III Keperawatan Manokwari setelah diberikan intervensi dan lebih memahami mengenai prosedur yang akan dilakukan.
Kata Kunci: Keterampilan, Keperawatan, Tanda-tanda Vital
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Amigo, T. A. E., & Muflih. (2017). Pelatihan Kader Pemeriksaan Fisik: Tanda-Tanda Vital Di Dusun Demang Dan Karangsari, Wedomartani, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 100.
Brekke, I. J., Puntervoll, L. H., Pedersen, P. B., Kellett, J., & Brabrand, M. (2019). The Value Of Vital Sign Trends In Predicting And Monitoring Clinical Deterioration: A Systematic Review. Plos One, 14(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.1371/Journal.Pone.0210875
Dahrizal, D., & Dewi, G. P. (2019). Belajar Melalui Video Di Media Sosial Dapat Meningkatkan Keterampilan Pemasangan Kateter Pada Mahasiswa Keperawatan. Journal Of Telenursing (Joting), 1(2), 386–395. Https://Doi.Org/10.31539/Joting.V1i2.842
Devi, S. A., & Rahayu, T. (2018). Hubungan Tanda-Tanda Vital Dan Kadar Hemoglobin Dengan Konsentrasi Belajar Pada Remaja Putri. Kingdom (The Journal Of Biological Studies), 7(4), 281–289. Https://Doi.Org/10.21831/Kingdom.V7i4.13239
Hidayati, N., & Darfika, I. (2022). Edukasi Manfaat Tanda Vital Tubuh Manusia Pada Kaum Ibu Kelurahan Sitirejo I Kecamatan Medan Kota – Kota Medan. Jurnal Implementa Husada, 3(2), 105–109. Https://Doi.Org/10.30596/Jih.V3i2.11887
Irwan, M., & Risnah. (2022). Dasar - Dasar Ilmu Keperawatan (S. Arafah & M. F. Al-Hijrah (Eds.); Issue 1). Deepublish.
Jumiarti, R., Marmawi, & Astuti, I. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Penguasaan Keterampilan Praktek Pemeriksaan Kehamilan. Journal Of Accounting And Business Education, 2(4). Https://Doi.Org/10.26675/Jabe.V2i4.6073
Lestari, D. P., Erawati, D., & Erismawati, E. (2022). Pengaruh Media Video Terhadap Ketrampilan Pemeriksaan Glukosa Urin Pada Mahasiswi Kebidanan Tingkat Ii Prodi D-Iii Kebidanan Manokwari. Malahayati Nursing Journal, 4(7), 1725–1735. Https://Doi.Org/10.33024/Mnj.V4i7.6912
Nugroho, F. A., Santoso, D., & Yuwono, P. (2021). Effek Video Online Pembelajaran Pemeriksaan Fisik Terhadap Kemampuan Mahasiswa Keperawatan Dalam Melakukan Pemeriksaan Fisik Abdomen. Sereal Untuk, 8(1), 51.
Ramdani, H. T., Sulastini, & Susyanti, S. (2018). Pengaruh Media Video (Teman Sebaya) Terhadap Keterampilan Pemasangan Elektrocardiogram. Jurnal Keperawatan, 5(2), 41–49.
Rezkiki, F., Amelia, S., & Kartika, I. R. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Labskill Mahasiswa Keperawatan. Human Care Journal, 6(3), 641. Https://Doi.Org/10.32883/Hcj.V6i3.1458
Sulistyowati, A. (2018). Pemeriksaan Tanda-Tanda Vital (K. W. R. Putra (Ed.)). Akademi Keperawatan Kerta Cendekia Sidoarjo.
Sustiyono, A. (2021). Perbedaan Efektifitas Metode Ceramah Dan Media Video Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pembelajaran Praktikum Keperawatan. Faletehan Health Journal, 8(02), 71–76. Https://Doi.Org/10.33746/Fhj.V8i02.241
Widayanti, M. R., Prastyawati, I. Y., & Natalia, A. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Keperawatan Anak Dengan Video Fototerapi Terhadap Tingkat Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal Of Nursing), 7(2), 167–171.
Winarto, V. F. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Praktek Keterampilan Klinik Di Laboratorium Pada Mahasiswa Keperawatan Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin, 6.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.
Zahroh, C., & Muflihah, S. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pemeriksaan Tanda Vital Program Studi D-Iii Keperawatan Unusa. Journal Of Health Sciences, 8(2), 146–153.Https://Doi.Org/10.33086/Jhs.V8i2.197
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i11.11784
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License