Pengembangan Alat Peraga Sabvida (Saya Bisa Periksa Dalam) Sederhana sebagai Alat Penunjang Praktikum Pemeriksaan dalam Pada Ibu Bersalin
Sari
ABSTRACT
Practical learning is a student learning process that prioritizes skills, namely the application of theory in the form of actual practice. One of the competencies that students must master is assisting with normal childbirth with the 60 Steps for Normal Childbirth Care (APN). The 7th step of Normal Childbirth care is to ensure complete opening by carrying out an internal examination. The practice of internal examination (Vaginal Touche) is carried out in the laboratory using learning media in the form of teaching aids and guided by laboratory instructors and teaching lecturers. The Manokwari D-III Midwifery Study Program Laboratory has 2 cervical dilatation examination equipment, but the phantom has weaknesses. This research aims to develop simple internal examination teaching aids to support practical activities in the laboratory. This type of research is research and development (Research and Development/R&D) using research steps by Borg & Gall which are modified in three major steps starting with a preliminary study and continuing with product development and testing as the final result of research activities. The research subjects were 44 respondents consisting of students and a team of experts (lecturers and CI). The sample collection technique uses purposive sampling technique. The place where the research was carried out was in the integrated laboratory of the D-III Nursing and Midwifery Study Program, Manokwari, Health Polytechnic, Ministry of Health, Sorong, with the implementation time being May-August 2023. The product validation test results by the expert team showed an average score of 4, which means agree/feasible. For small and large group field trials, the same average score was obtained, namely 4, meaning agree/feasible. So this Sabvida teaching aid can be used as support in student practicum.
Keywords: Internal Examination, Teaching Aids, Laboratory, Obstetrics
ABSTRAK
Pembelajaran praktik merupakan proses belajar siswa yang lebih mengutamakan keterampilan (skill) yaitu penerapan teori dalam bentuk praktik yang sesungguhnya. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa adalah pertolongan persalinan normal dengan 60 Langkah Asuhan Persalinan Normal (APN). Langkah ke-7 dari asuhan Persalinan Normal adalah memastikan pembukaan lengkap dengan melakukan pemeriksaan dalam. Praktik pemeriksaan dalam (Vaginal Touche) dilakukan di laboratorium dengan menggunakan media belajar berupa alat peraga dan dibimbing oleh instruktur laboratorium dan dosen pengajar. Laboratorium Prodi D-III Kebidanan Manokwari memiliki 2 alat peraga pemeriksaan dilatasi serviks, akan tetapi phantom tersebut memiliki kelemahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga pemeriksaan dalam sederhana sebagai penunjang dalam kegiatan praktikum di laboratorium. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan menggunakan langkah penelitian oleh Borg & Gall yang dimodifikasi dalam tiga langkah besar diawali dengan studi pendahuluan dan dilanjutkan dengan pengembangan produk dan pengujian sebagai hasil akhir dari kegiatan penelitian. Subjek penelitian berjumlah 44 responden yang terdiri atas mahasiswa dan tim ahli (dosen dan CI). Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Tempat pelaksanaan penelitian yaitu di laboratorium terpadu Prodi D-III keperawatan dan Kebidanan Manokwari Poltekkes Kemenkes Sorong dengan waktu pelaksanaan pada bulan Mei-Agustus 2023. Hasil uji validates produk oleh tim ahli menujukan skor rata-rata yaitu 4 yang artinya setuju/ layak. Untk uji coba lapangan kelompok kecil dan besar didapatkan skor rata-rata yang sama yaitu 4 artinya setuju/ layak. Sehingga alat peraga Sabvida ini dapat digunakan sebagai penunjang dalam praktikum mahasiswa.
Kata Kunci: Pemeriksaan Dalam, Alat Peraga, Laboratorium, Kebidanan
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Aipkind. (2018). Kurikulum Diii Kebidanan. In Kurikulum Diii Kebidanan.
Chen, R., Grierson, L. E., & Norman, G. R. (2015). Evaluating The Impact Of High- And Low-Fidelity Instruction In The Development Of Auscultation Skills. Medical Education, 49(3), 276–285. Https://Doi.Org/10.1111/Medu.12653
Fatih, H. Al, & Rahmidar, L. (2019). Kepuasan Dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Keperawatan Terhadap Penggunaan Low Fidelity Simulator Dalam Simulasi Bantuan Hidup Dasar. Jurnal Keperawatan Bsi, 7(2), 153–160. Http://Ejurnal.Ars.Ac.Id/Index.Php/Keperawatan 153
Huhn, K. A., & Brost, B. C. (2004). Accuracy Of Simulated Cervical Dilation And Effacement Measurements Among Practitioners. American Journal Of Obstetrics And Gynecology, 191(5), 1797–1799. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ajog.2004.07.062
Kemenkes Ri. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/320/2020 Tentang Standar Profesi Bidan. Kemenkes Ri, 7(2), 33–48.
Kemenkes Ri. (2023). Pedoman Penyusunan Kurikulum Dan Modul Pelatihan Bidang Kesehatan (Issue 1). Dierktorat Jendral Tenaga Kesehatan Republik Indonesia.
Kodiyah, N., Herawati, D. D., Lestari, B. W., Husin, F., Wirakusumah, F. F., & Setiawati, E. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Asuhan Persalinan. Jurnal Pendidikan Dan Pelayanan Kebidanan Indonesia, 2(3), 58. Https://Doi.Org/10.24198/Ijemc.V2i3.67
Marpaung, N. R. (2018). Asuhan Kebidanan Ibu Bersalin Sebelum Sc Sampai Post Operasi Hari Ke 4 Pada Ny. L Usia 28 Tahun G1p0a0 Usia Kehamilan 38 Minggu Dengan Pre Eklamsia Ringan Di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2018. Program Studi D3 Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan.
Munshi, F., Lababidi, H., & Alyousef, S. (2015). Low- Versus High-Fidelity Simulations In Teaching And Assessing Clinical Skills. Journal Of Taibah University Medical Sciences, 10(1), 12–15. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jtumed.2015.01.008
Nitsche, J. F., Shumard, K. M., Fino, N. F., Denney, J. M., Quinn, K. H., Bailey, J. C., Jijon, R., Huang, C., Kesty, K., Whitecar, P. W., Grandis, A. S., & Brost, B. C. (2015). Effectiveness Of Labor Cervical Examination Simulation In Medical Student Education. Obstetrics And Gynecology, 126(4), 13s-20s. Https://Doi.Org/10.1097/Aog.0000000000001027
Royal College Of Midwives. (2012). Evidence Based Midwifery-Led Care In Labour : Birth Environment. Royal College Of Midwives.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Setyowati, S. (2020). Pengembangan Alat Peraga Domino Mata Pelajaran Matematika Materi Konsep Pecahan Di Sekolah Dasar. In Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu (Vol. 7, Issue 2). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu TAHUN 2020.
Sudarmi, S., Supriatiningsih, S., & Tri Novadela, N. I. (2019). Pengaruh Penggunaan Selimut Inisiasi Menyusu Dini (Simdi) Terhadap Suhu Tubuh Bayi Saat Inisiasi Menyusu Dini (Imd). Jurnal Kesehatan, 10(1), 67. Https://Doi.Org/10.26630/Jk.V10i1.1198
Wulandari, R. A., Ardiyanto, A., & Ekayani, N. P. K. (2022). Efektifitas Model Lengan Hdc-21 Sebagai Alat Peraga Alternatif Sederhana Untuk Praktikum Pemasangan Infus Pada Mahasiswa Program STUDI DIII Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram Rimanda Aprilia Wulandari Infus Yang Dimiliki Laboratorium K. Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), 116–126.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i11.12105
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License