Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Gizi di RSD Idaman Banjarbaru

Yustin Prihandini, Cast Torizellia, Adies Riyana, Nadia Susiana

Sari


ABSTRACT

 

Nutrition services in hospitals are one of ten facilities and services that must be available in hospitals. Identifying the description of respondents in terms of age, gender and occupation as well as a description of the quality of service at the inpatient hospital at Idaman Banjarbaru Hospital. This type of research is descriptive observational. The sample in this study was 60 inpatients at Idaman Hospital, Banjarbaru City. The sample in this study used an accidental sampling technique. Measuring tools/instruments with questionnaires distributed to the sample. Inpatients Have a High Level of Satisfaction with the Quality of Nutrition Services at RSD Idaman Banjarbaru.

 

Keywords: Gizi, Pelayanan, Rumah Sakit

 

 

ABSTRAK

 

Pelayanan Gizi di rumah sakit adalah satu dari sepuluh fasilitas dan pelayanan yang harus ada di rumah sakit. Mengidentifikasikan gambaran responden dari segi umur, jenis kelamin, dan pekerjaan serta gambaran kualitas pelayanan di rawat inap RSD Idaman Banjarbaru. Jenis penelitian ini adalah observasional yang bersifat deskriptif, Sampel dalam penelitian ini adalah 60 pasien rawat inap di RSD Idaman Kota Banjarbaru. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling   Alat ukur / Instrumen dengan kuesioner yang disebar pada sampel. Pasien Rawat Inap Memiliki Tingkat Kepuasan Yang Tinggi Terhadap Kualitas Pelayanan Gizi Di RSD Idaman Banjarbaru

 

Kata Kunci: Nutrition, Service, Hospital


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aliffianti, R. (2015). Tingkat Kepuasan PasienPadaPelayanan Makanan DiRumahSakitAisyiyahPurworejo.Yogyakarta:UniversitasNegeri Yogyakarta.

Anjaryani, (2015). Kepuasan Pasien RawatInapTerhadap Pelayanan PerawatDiRSUTugurejoSemarang.Semarang:UniversitasDiponegoro.

Fajrini, F., Andriyani, A., Suherman, S., Latifah, N., Herdiansyah, D., & Romdhona, N. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Covid-19 (Study Rumah Sakit X). Jurnal KedokterandanKesehatan, 18(1), 113-122.

Hafizurrachman. (2014). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Performance Ahli Gizi Ruangan Di RSUD Singaraja dan RS Kertha Usada Singaraja. Denpasar: Politeknik Kesehatan Denpasar.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mayasari, S., Safina, WD. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Ayam Goreng Kalasan Cabang Iskandar Muda Medan. Jurnal Bisnis Mahasiswa. Vol 1, No.2 pp.63-76

Nur Latifah, M., & Gz, S. (2018). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Makanan Dan Tingkat Kepuasan Dengan Sisa Makanan Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Inap Di RSI NU Demak (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Siska. (2019). Hubungan Pelayanan Gizi Dengan Tingkat Kepuasaan Pasien Rawat Inap VIP di Rumah Sakit dr. Reksodiwiryo Padang (Doctoral dissertation, Stikes Perintis Padang).

Thania, E., Magdalena, K., Ningsih, R. W. M., Nuraelah, A., & Rosmiyati, A. Daya Terima Pasien Terhadap Menu Makanan Biasa Tanpa Diet Khusus Di Rs Pmi Bogor. Jurnal Gizi Dan Kuliner (Journal Of Nutrition And Culinary), 2(1), 1-8.

Trisnayanti, (2017). Tingkat Kepuasaan Pasien Rawat Inap Terhadap Ahli Gizi Menu Makanan Biasa. Jurusan gizi. Denpasar: Politeknik Kesehatan Denpasar




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i7.12443

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License