Dampak Sosial Value Terhadap Trust Preseptor Mahasiswa Keperawatan

M. Arifki Zainaro, Usastiawaty Cik Ayu Saadiah Isnainy

Sari


ABSTRACT

 

Trust can be formed through social values which provide a significant and measurable contribution to the effectiveness of student learning in carrying out their duties. The research aims to determine the influence of social values on trust—quantitative research method with SEM data analysis. The results of the social value research influenced -0.83. When receptors do not understand and cannot implement Social Value, it will hurt building Trust. This research contributes to developing human resources and developing student skills, maintaining and developing social values and trust in carrying out their professional duties. Preceptors to increase competency to improve preceptor performance. For higher education quality assurance management is planning and developing human resources for health workers, especially nursing preceptors.

 

Keywords: Learning Effectiveness, Skills Improvement, Resource Development

 

ABSTRAK

 

Trust bisa terbentuk melalui social value yang memberikan kontribusi signifikan dan terukur terhadap efektivitas pembelajaran mahasiswa dalam menjalankan tugasnya. Tujuan penelitian unutk mengetahui pengaruh social value terhadap trust. Metode penelitian kuantitatif dengan analisis data SEM. Hasil penelitian social value berpenagruh sebesar -0,83. Ketika preseptor tidak paham dan tidak mampu mengimplementasikan Social Value, maka akan berdampak buruk terhadap terbangunnya Trust. Penelitian ini berkontribusi kepada pembinaan sumber daya manusia dan pengembangan keterampilan mahasiswa, menjaga dan menumbuh kembangkan nilai sosial dan trust dalam menjalankan tugas profesinya. Para preseptor dalam rangka meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan kinerja preseptor. Untuk manajemen penjamin mutu Perguruan Tinggi sebagai perencanaan dan pengembangan SDM tenaga Kesehatan khususnya preseptor keperawatan.

 

Kata Kunci: Efektivitas Pemebelajaran, Peningkatan Keterampilan,  Pembinaan

                   Sumber Daya


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adnyaswari, N. A., & Adnyani, I. G. A. D. (2017). Pengaruh dukungan sosial dan burnout terhadap kinerja perawat rawat inap RSUP Sanglah. Udayana University,

Afriadi, A. (2021). Pengertian Antropologi Hukum.

AIPNI, T. (2010). Kurikulum Pendidikan Ners. AIPNI, Jakarta.

Akmal Hawi, A. H. (2014). Seluk Beluk Ilmu Jiwa Agama. In: Rajawali Pers.

Alamsyah, D. (2020). Collaborative Governance Dalam Mengembangkan Wisata Edukasi Di Desa Kamiri Kecamatan.

Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial: Prenada Media.

Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.

Aprina. (2014). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Supervisi dan Trust Terhadap Kinerja Pembimbing Klinik Mahasiswa Keperawatan Di Rumah Sakit Wilayah Provinsi Lampung.

Apriyani, N., & Suharti, S. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Smartphone Xiaomi. Manajemen Dewantara, 1(1), 21-34.

Batoebara, M. U. (2018). Membangun Trust (Kepercayaan) Pasangan dengan melalui Komunikasi Interpersonal. Warta Dharmawangsa(57).

Daft, R. L., & Lane, P. G. (2008). The leadership experience.

Darmawan, D. (2012). Mentorship dan perceptorship dalam keperawatan. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 8.

Didik, P. P. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. In: Jakarta: Bumi Aksara.

Din, F. I. (2018). Analisis Kredibilitas Komunitas Info Cepat Wilayah Ponorogo (Icwp) Dalam Memabangun Trust Pada Member Grup. Universitas Muhammadiyah Ponorogo,

Hardin, R. (2006). Trust (Vol. 10): Polity.

Haridison, A. (2013). Modal sosial dalam pembangunan. JISPAR: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Pemerintahan, 4, 31-40.

Kusuma, A. H. P., Sudirman, A., Purnomo, A., Aisyah, S., Sahir, S. H., Rumondang, A., . . . Napitupulu, D. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi: Yayasan Kita Menulis.

Muhtadi, M. A. (2022). Analisa Pengaruh Consumption Values dan Trust terhadap Minat Konsumen Untuk Membeli Healthy Fast Food. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 14(1), 169-182.

Munda, G. (2012). Multicriteria evaluation in a fuzzy environment: theory and applications in ecological economics: Springer Science & Business Media.

Norton, B. G. (1998). Improving ecological communication: the role of ecologists in environmental policy formation. Ecological Applications, 8(2), 350-364.

Nurcholidah, L., & Harsono, M. (2021). Kajian fintech dalam konsep behaviouristik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 66-71.

Nursalam, N., & Efendi, F. (2008a). Pendidikan dalam keperawatan. In: Salemba Medika.

Nursalam, N., & Efendi, F. (2008b). Pendidikan Dalam Keperawatan Education in Nursing. In: Salemba Medika.

Picauly, V. E. (2016). Belajar Dan Pembelajaran Berdasarkan Teori Psikologi Belajar Behavioristik. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 22(1).

Poegoeh, D. P., & Hamidah, H. (2016). Peran dukungan sosial dan regulasi emosi terhadap resiliensi keluarga penderita skizofrenia. Insan: Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(1), 12-21.

Prasetiya, B., & Cholily, Y. M. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah: Academia Publication.

Ramadhani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, S., Walukow, D. S., . . . Fidhyallah, N. F. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran: Yayasan Kita Menulis.

Rofiah, R., & Syaifudin, A. (2018). Gambaran Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Mahasiswa Dalam Menghadapi Praktik Klinik Keperawatan Di Institusi Pendidikan Swasta Di Semarang. Jurnal Manajemen Keperawatan, 2(2), 69-75.

Said, A. L. (2018). Corporate Social Responsibility dalam perspektif governance: Deepublish.

Sayono, J. (2021). Langkah-Langkah Heuristik Dalam Metode Sejarah Di Era Digital. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 15(2), 369-376.

Schultz, D. P., & Schultz, S. E. (2019). Sejarah psikologi modern: Nusamedia.

Serageldin, I., & Grootaert, C. (2017). Defining social capital: an integrating view 1. In Evaluation & Development (pp. 201-217): Routledge.

Sholehudin, M. (2019). Nilai Pendidikan Akhlak Dan Sosial Budaya Dalam Peringatan Tahun Baru Hijriyah (Studi Kasus Desa Satak Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri). IAIN Kediri,

Silviani, I. (2020). Public Relations sebagai Solusi Komunikasi Krisis: Scopindo Media Pustaka.

Suhartanti, I. (2017). Metode Pembelajaran Klinik Berbasis Mentorship Terhadap Motivasi Dan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Dalam Praktik Klinik Keperawatan Medikal Bedah Di RSUD Sidoarjo. Universitas Airlangga,

Sumarto, S. (2017). Bimbingan Konseling. In: Penerbit Pustaka Ma'arif Press.

Tett, L., & Maclachlan, K. (2007). Adult literacy and numeracy, social capital, learner identities and self-confidence. Studies in the Education of Adults, 39(2), 150-167.

Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural: UNY Press.

Yi-Chun, C., Yen, Y.-H., Wei-Chiao, C., Cheng, K.-J., Wei-Pin, C., & Hsiang-Yin, C. (2016). The association between urbanization and rheumatoid arthritis in Taiwan. International Journal of Clinical Pharmacology and Therapeutics, 54(1), 1.

Zainaro, M. A. (2023). Exemplary Leadership, Social Value, Dan Cultural Value Untuk Membangun Trust Guna Meningkatkan Kinerja Preseptor.

Zainaro, M. A., Ridwan, R., & Isnainy, U. C. A. S. (2021). Motivation and Workload of Nurses with Nurse Performance in Handling Events of Corona Virus (Covid-19). Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(4), 673-680.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i2.12623

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License