Hubungan Fasilitas Kesehatan dan Komunikasi Perawat dengan Tingkat kepuasan Pasien di UPTD Puskesmas Krui

Al Khairul Rizwan, M. Arifki Zainaro, Dewi Kusumanignsih

Sari


ABSTRAK

 

In the last ten years the level of public trust in health care centers has decreased. One way to improve it is to measure the level of patient satisfaction, which according to the regulation of Menteri Kesehatan 2019 patient satisfaction with services have to be 100%. Health facilities and nurse communication are important factors in determining the level of patient satisfaction, because health facilities and nurse communication are the first things that will be assessed by patients when they are in a health service center. Know the correlation between health facilities and nurse communication on the level of patient satisfaction at UPTD Puskesmas Krui in 2023. This study used Quantitative method. The design of this study was Analytic Survey with a cross-sectional approach. The population of this study were all of patients at UPTD Puskesmas Krui in January 2023 amount 109 patients. In this study the number of respondents were 86 people and used Purposive Sampling Tchnique. In this study, majority of respondents were pre-elderly, the most gender was female and the results of the analysis showed a p-value of 0.001 (<0.05), which meant that there was a significant relationship between health facilities and the level of patient satisfaction, the results of the analysis showed a p-value -value 0.001(<0.05). There are a significant relationship between nurse communication and the level of patient satisfaction at the UPTD Puskesmas Krui in 2023.

 

Keywords: Health Facilities, Nurse Communication, Satisfaction

 

 

ABSTRAK

 

Sepuluh tahun terakhir ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pusat pelayanan kesehatan semakin menurun. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan pengukuran tingkat kepuasan pasien, yang mana menurut peraturan Menteri Kesehatan 2019 kepuasan pasien terhadap pelayanan haruslah 100%. Fasilitas kesehatan dan juga komunikasi perawat merupakan faktor penting dalam menentukan tingkat kepuasan seorang pasien, karena fasilitas kesehatan dan komunikasi perawat adalah hal pertama yang akan dinilai oleh pasien ketika ia berada di suatu pusat pelayanan kesehatan. Diketahui hubungan antara fasilitas kesehatan dan komunikasi perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Krui Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dimana rancangan dalam penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien UPTD Puskesmas Krui, terhitung 109 Pasien pada bulan Januari 2023, sehingga didapati sampel berjumlah 86 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Pada penelitian ini mayoritas responden adalah dengan usia pra lanjut usia, jenis kelamin terbanyak adalah perempuan dan hasil analisis menunjukan p-value 0,001 (<0,05) yang berarti ada hubungan yang signifikan antara fasilitas kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien, hasil analisis menunjukan nilai p-value 0,001 (<0,05). Ada hubungan yang signifikan antara komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Krui pada tahun 2023.

 

Kata Kunci: Fasilitas Kesehatan, Komunikasi Perawat, Kepuasan


Kata Kunci


Fasilitas Kesehatan, Komunikasi Perawat, Kepuasan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., Putri, A. O., & Hadianor, H. (2019). Hubungan usia, tingkat pendidikan, fasilitas kesehatan dengan kepuasan pasien di puskesmas muara laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(2).

BAILANG, I. N. P. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Bailang Kota Manado.

Budo, A., Tulusan, F., & TAMPI, G. (2020). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Pancaran Kasih Manado. Jurnal Administrasi Publik, 6(94).

Butar-Butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 50–63.

Dora, M. S., Ayuni, D. Q., & Asmalinda, Y. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan, 10(2).

Fitnaningsih Endang, C., Haryanto, S., & Subandono, J. (N.D.). Analisis Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Post Sectio Caesaria. Pelaksanaan Discharge Planning Pada Pasien Post Sectio Caesaria, 137.

Gozali, I. (2012). Model Pelayanan Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Di Kota Semarang. Media, 19(1).

Imran, B., & Ramli, A. H. (2019). Kepuasan Pasien, Citra Rumah Sakit Dan Kepercayaan Pasien Di Provinsi Sulawesi Barat. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 2–48.

Irawan, E., Tania, M., & Pratami, A. S. R. (2020). Hubungan Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Remaja Di Sman 11 Bandung. Jurnal Keperawatan Bsi, 8(2), 215–223.

Ita, K., Pramana, Y., & Righo, A. (2021). Implementasi Interprofessional Collaboration Antar Tenaga Kesehatan Yang Ada Di Rumah Sakit Indonesia; Literature Review. Proners, 6(1).

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, Pub. L. No. 43 (2019).

Kementerian Kesehatan Indonesia. (2020). Data Dasar Puskesmas Kementerian Kesehatan Indonesia.

Negara, L. A. (N.D.). Diklat Kepemimpinan Reformasi Birokrasi Reform Leader Academy (Rla) Angkatan Iv Tahun 2016 (18 April S/D 5 Agustus 2016).

Nursalam, D. (2014). Manajemen Keperawatan" Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika.

Purwanti, S., Prastiwi, S., & Rosdiana, Y. (2017). Hubungan pelayanan perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wisata Dau Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).

Rohiyatun, B. (2019). Standar sarana dan prasarana pendidikan. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 7(1).

Suryani. (2020). Komunikasi terapeutik : Teori & praktik (Yuyun Yuningsih, Ed.). EGC.

Transyah, C. H., & Toni, J. (2018). Hubungan penerapan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 3(1), 88–95.

Wardhana, A. (2015). Determinan Kualitas Layanan Internet Banking dengan Menggunakan Metode Webqual Versi 4.0 dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Top Brand E-Channel Bank di Indonesia. IMAGE: Jurnal Riset Manajemen, 4(1).

Zainaro, M. A., Kusumaningsih, D., & Karyanto, K. (2019). Hubungan Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Manajemen Terpadu Balita Sakit (Mtbs) Di Puskesmas Karya Tani Kabupaten Lampung Timur. Malahayati Nursing Journal, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i5.12817

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License