Determinan Motivasi Intrinsik dan Kepuasan Kerja Perawat di Ruangan Rawat Inap Rumah Sakit Umum XYZ Kabupaten Manggarai NTT

Yohanes Jakri, Theofilus A. Ndorang, Lusia H. Mariati, Fransiskus X. Meku

Sari


ABSTRACT

 

Motivation is a psychological factor that shows interest in work, achievement, and responsibility for activities or work. A person's behavior is generally motivated by the desire to achieve certain goals. With motivation, an employee or employee will be able to have high enthusiasm in carrying out the tasks given. The purpose of this research is to determine the determinants of nurses' intrinsic motivation on nurse job satisfaction in the XYZ Regional General Hospital inpatient room. The research used is descriptive quantitative correlational research to determine the description of the variables of Intrinsic Motivation and Job Satisfaction. The research method used is cross-sectional research, which is a type of research that emphasizes the time of measurement or observation of variable data. The sample was determined using a purposive sampling technique with a sample size of 46 respondents. The research results showed that intrinsic motivation and job satisfaction with high recognition were 22 people (54.5%), intrinsic motivation and job satisfaction with organizational policies were 31 people (61.4%), intrinsic motivation and job satisfaction with interpersonal relationships were 23 people (60.9%), intrinsic motivation and job satisfaction with responsibility as many as 36 people (66.7%), intrinsic motivation and job satisfaction with work as many as 28 people (60.7%), intrinsic motivation and job satisfaction with Guarantee Jobs were 26 people (61.5%), intrinsic motivation and job satisfaction with supervision were 30 people (63.3%), intrinsic motivation and job satisfaction with working conditions were 30 people (63.3%). Hospitals need to increase nurse motivation so that nurse job satisfaction increases. Thus, it has an impact on better service quality.

 

Keywords: Intrinsic Motivation, Job satisfaction, Nurses

 

 

ABSTRAK

 

Motivasi adalah factor psikologis yang menunjukkan minat terhadap pekerjaan, prestasi, dan tanggung jawab terhadap aktivitas atau pekerjaan. Perilaku  seseorang pada umumnya di motivasi oleh keinginan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya motivasi, seorang pegawai atau karyawan akan dapat memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Determinan Motivasi Instrinsik Perawat Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Ruangan Inap Rumah Sakit Umum Daerah XYZ. penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional untuk mengetahui gambaran variable Motivasi Instrinsik dan Kepuasan Kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian cross-sectional, yaitu jenis penelitian yang menekankan pada waktu pengukuran atau pengamatan data variabel. Penentuan sampel dengan  mengunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 46 responden. Hasil penelitian menunjukan motivasi instrinsik   dan kepuasan kerja dengan pengakuan yang tinggi sebanyak 22 orang (54,5%), motivasi instrinsik  dan kepuasan kerja dengan kebijakan organisasi sebanyak 31 orang (61,4%), motivasi instrinsik  dan kepuasan kerja dengan hubungan interpersonal sebanyak 23 orang (60,9%), motivasi instrinsik  dan kepuasan kerja dengan tanggung jawab sebanyak 36 orang (66,7%), motivasi instrinsik  dan kepuasan kerja dengan Pekerjaan sebanyak 28 orang (60,7%), motivasi instrinsik  dan kepuasan kerja dengan Jaminan Pekerjaan sebanyak 26 orang (61,5%), motivasi instrinsik  dan kepuasan kerja dengan Pengawasan sebanyak 30 orang (63,3%), motivasi instrinsik  dan kepuasan kerja dengan Kondisi Kerja sebanyak 30 orang (63,3%). Rumah sakit perlu meningkatkan lagi motivasi perawat agar kepuasan kerja perawat meningkat, dengan demikian akan berdampak pada kualitas pelayan yang lebih baik.

 

Kata Kunci: Motivasi Instrinsik, Kepuasan Kerja, Perawat


Kata Kunci


Motivasi Instrinsik, Kepuasan Kerja, Perawat

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Arnoux-Nicolas., C. (2016). Perceived Work Condition And Turnover Intentions: The Mediating Role Of Meaning Of Woek.

Budiono. (2015). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Bumi Medika.

Damanik, Y. S. (2020). Dampak Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Selama Pandemi Covid-19 Di Lokasi Rehabilitasi Bnn Deli Serdang. Jurnal Penelitian Kesmasy, 90-97.

Darmawan, A. S. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. 1-9.

Fitria, J. (2017). Pengaruh Reward, Insentif, Pembagian Tugas Dan Pengembangan Karier Pada Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Volume 2 Nomor 1, 28-44.

Herzberg, F. (2013). Herberg's Motivation-Hyginiene Theory And Job Satisfication In The Malaysian Retail Sector: The Mediating Effect Of Love Money. Teck Hang Tan And Amna Waheed: Sunway University Malaysia.

Ishak, A. (2003). Manajemen Motivsi. Indonesia: Gramedia.

Jakri, Y. (2022). Motivasi, Kinerja Dan Kepuasan Kerja. In F. Y. Demang, Manajemen Keperawatan (Pp. 137-158). Bandung: Media Sains Indonesia.

Kemenkes. (2014). Undang- Undang Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Jakarta: Kemenkes.

Newstrom, J. W. (2011). Organizational Behavior: Human Behavior At Work, 13th Edition. Mcgraw-Hill: Boston.

Nurliah. (2010). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Perawat Dalam Penerapan Proses Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai. Sinjai.

Nursalam. (2008). Konsep Dan Penerapan Metodoogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pangulimang, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsud Lapang Sawang. Jurnal Kesmas Volume 0 Nomor 6, 1-12.

Rifiani, N. (2013). Prinsip-Prinsip Dasar Keperawatan Ii. Jakarta: Dunia Cerdas.

Sania, R. (2012). Pengaruh Motivasi Dan Reward Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Office (Non Medis) Rumah Sakit Bogor Medical Center. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sharon B. Buchbinder, N. H. (2014). Buku Aja: Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Ecg.

Sriwulandari, M. (2020). Hubungan Beban Kerja Dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dolopo Kabupaten Madiun. Madiun: Stikes Bhakti Husada Mulia .

Wibowo. (2015). Perilaku Dalam Organisasi Edisi Kedua Cetakan Ketiga. Rajawali Pers: Jakarta.

Wuliandari, Y. (2015). Kepuasan Kerja Karyawan. Society-Jurnal Pendidikan Ips-Ekonomi, 81-95.

Yuyun Ika Pratiwi, W. H. (2023). Hubungan Motivasi Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Rsud Mamuju Tengah. Window Of Public Health Journal,Vol.4no. 1 (Februari, 2023), 137-145.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i7.13020

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License