Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Risiko Masalah Perilaku Emosional Anak
Sari
ABSTRACT
Gadgets are technological developments that can make users dependent, including preschool children. Gadgets are a type of technology that is in great demand among various groups, from adults to teenagers and even young children who use gadgets. Excessive use of gadgets can cause health problems for users, including impaired concentration in learning, impaired child development, sleep disturbances, impaired vision, hearing and disruption of social interaction with the surrounding environment. When using gadgets, children become less interactive and communicate less. The child's development period is very sensitive when the child is 1-5 years old, because at this time the child experiences the golden age. Social emotional processes involve changes in relationships with other people, namely changes in emotions and personality. To identify the intensity of gadget use and children's emotional behavior and analyze the relationship between the two. This research is an observational analytic with a cross sectional study. The total sample was 112 children with the sampling technique being total sampling. The independent variable is the intensity of gadget use which is measured using a questionnaire. The dependent variable is the risk of children's emotional behavior problems as measured by the Emotional Behavior Problems Questionnaire (KMPE). Data analysis used the Spearman test. Almost half of the respondents had a high category of gadget usage intensity, and most of the respondents had emotional behavior problems in the high category. The Spearman test results obtained a p value of 0.001 with a coefficient value of 0.312. There is a sufficient and unidirectional relationship between the intensity of gadget use and the risk of children's emotional behavior problems at Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Gresik Kindergarten. It can be interpreted that the higher the intensity of gadget use, the greater the chance that a child will have a risk of emotional behavior problems in the reconciliation category.
Keywords: Gadgets, Children Emotional Behavior, Preschoolers
ABSTRAK
Gadget merupakan perkembangan teknologi yang dapat membuat penggunanya menjadi ketergantungan, termasuk anak prasekolah. Gadget salah satu teknologi yang banyak diminati di berbagai kalangan, mulai dari kalangan dewasa remaja bahkan anak usia dini sudah menggunakan gadget. Pengguanan gadget secara berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi penggunanya diantaranya gangguan konsentrasi belajar, gangguan perkembangan anak, gangguan tidur, gangguan penglihatan, pendengaran dan gangguan terhadap interaksi sosial dengan lingkungan sekitar. Ketika menggunakan gadget, anak menjadi kurang berinteraksi dan kurang berkomunikasi. Periode perkembangan anak sangat sensitif saat anak berusia 1-5 tahun, karena pada masa ini anak mengalami masa golden age atau masa emas. Proses sosial emosi melibatkan perubahan dalam hubungan orang lain, yaitu perubahan emosi dan kepribadian. Untuk mengidentikfikasi intensitas penggunaan gadget dan perilaku emosional anak serta menganalisis hubunbgan diantara keduanya. Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan studi cross sectional. Jumlah sample sebanyak 112 anak dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Variabel bebas adalah intensitas penggunaan gadget yang diukur menggunakan kuesioner. Variabel terikatnya adalah risiko masalah perilaku emosional anak yang diukur dengan Kuesioner Masalah Perilaku Emosioanal (KMPE). Analisis data menggunakan uji Spearman. Hampir separuh responden memiliki intenistas penggunaan gadget kategori tinggi, dan sebagian besar responden memiliki masalah perilaku emosional dalam kategori tinggi. Hasil uji Spearman didaptkan nilai p value 0,001 dengan nilai koefisiensi 0,312. Terdapat hubungan yang cukup dan searah antara intensitas pengggunaan gadget dengan risiko masalah perilaku emosional anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Gresik. Dapat diartikan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan gadget semakin meningkatkan peluang anak memiliki risiko masalah perilaku emosional dengan kategori rujuk
Kata Kunci: Gadget, Perilaku Emosional Anak, Anak Prasekolah
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
American Academy Of Pediatrics. (2016) American Academy Of Pediatrics Announces New Recommendations For Children’s Media Use
Armina, A. (2024). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Risiko Gangguan Pemusatan Perhatian Hiperaktivitas Dan Masalah Perilaku Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 13(1), 139-144.
Dhamayanti, M., Deliana, P.H., And Bukkar, F. (2018) ‘Association Of Stature And Mental Problems Among Adolescents In Jatinangor District, West Java’. Medical Journal Of Indonesia
Ebbeck, M., Yim, H.Y.B., Chan, Y., And Goh, M. (2016) ‘Singaporean Parents’ Views Of Their Young Children’s Access And Use Of Technological Devices’. Early Childhood Education Journal 44 (2), 127–134
Fajariyah, S.N., Suryawan, A., And Atika, A. (2018) ‘Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Anak’. Sari Pediatri
Hanifah, L. And Ningrum (2013) ‘Gambaran Hasil Deteksi Dini Masalah Mental Emosional Pada Anak Prasekolah Usia 36 Sampai 72 Bulan Di Playgroup Dan Tk Cherry Kids Club Islamic School Grogol Sukoharjo Tahun 2012’. Jurnal Masyrakat Mandiri 4 (6), 3201–3209
Hurlock (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Ruang Kehidupan (5th Ed). Jakarta Erlangga
Hurlock, Eb (2010). Perkembangan Anak Jilid I 6th Ed.A. Dharma, Ed., Jakarta: Erlangga
Ilma, N., Suryawan, A., And Dewanti, L. (2020) Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 48–72 Bulan Di Tk Al-Furqon Dan Tk Bunda Ghifari Surabaya.
Jayadi, Y. I., & Rakhman, A. (2021). Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan (Mt) Anak Balita Pada Masa Pandemi Covid 19. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(2), 105-117.
Kabali, H., Mohanty, S., And Irigoyen, M. (2015) Exposure And Use Of Mobile Media Devices By Young Children | Pediatrics | American Academy Of Pediatrics
Kemenkes Ri. (2016) Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kemenkes Ri. Pp. 4-7,25,71
Lani, Tiara. (2019) Perilaku Orang Tua Terhadap Penggunaan Gawai Anak Prasekolah Serta Dampak Pada Tajam Penglihatan Anak. Skripsi. Universitas Airlangga
Nurfadhillah, F. (2012) Upaya Orang Tua Untuk Mencegah Ketergantungan Anak Terhadap Penggunaan Gadget | Nurfadilah | Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini
Nurmalitasari, Femmi (2015) Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah | Nurmalitasari | Buletin Psikologi
Pratama, H.C. (2012) Cyber Smart Parenting : Kiat Sukses Menghadapi Dan Mengasuh Generus Digital / Hellen Chou Pratama ; Penyunting, James Yanuar | Opac Perpustakaan Nasional Ri.
Rideout, V. (2017) The Common Sense Census: Media Use By Kids Age Zero To Eight, 2017 | Common Sense Media
Rina Septi Andriani, N. (2018) Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gawai Terhadap Keterlambatan Perkembangan Bicara Dan Bahasa Pada Anak Usia 24-60 Bulan Di Kelurahan Kapasan, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya
Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191-205.
Sudarno. 2017. Data Analysis. Semarang: Departemen Statistika Fakultas Sains Dan Matematika Undip
Sugianto, V.J., Wh, P., And Yudani, H.D. (2015) ‘Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak’. Jurnal Dkv Adiwarna
Suyadi (2010) Psikologi Belajar Paud : Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pt Pustaka Insan Mandiri
Syahyudin, D. (2019) Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Waruwu, F.E. (2010) Membangun Budaya Berbasis Nilai : Panduan Pelatihan Bagi Trainer / Fidelis E.
Waruwu ; Editor, Gunawan Mc, Chris Subagya. | Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Diy
Widiawati And Sugiman (2014) Pengaruh Penggunaan Kembang Anak Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak Gadget Terhadap Daya
Witular, R. (2021) ‘Pengaruh Keberfungsian Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Pada Remaja Delinkuen’. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang Yusuf, S. (2012) Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i9.13509
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License