Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Risiko Masalah Perilaku Emosional Anak

Seif Firinda, Ahmad Suryawan, Linda Dewanti, Astika Gita Ningrum

Sari


ABSTRACT

 

Gadgets are technological developments that can make users dependent, including preschool children. Gadgets are a type of technology that is in great demand among various groups, from adults to teenagers and even young children who use gadgets. Excessive use of gadgets can cause health problems for users, including impaired concentration in learning, impaired child development, sleep disturbances, impaired vision, hearing and disruption of social interaction with the surrounding environment. When using gadgets, children become less interactive and communicate less. The child's development period is very sensitive when the child is 1-5 years old, because at this time the child experiences the golden age. Social emotional processes involve changes in relationships with other people, namely changes in emotions and personality. To identify the intensity of gadget use and children's emotional behavior and analyze the relationship between the two. This research is an observational analytic with a cross sectional study. The total sample was 112 children with the sampling technique being total sampling. The independent variable is the intensity of gadget use which is measured using a questionnaire. The dependent variable is the risk of children's emotional behavior problems as measured by the Emotional Behavior Problems Questionnaire (KMPE). Data analysis used the Spearman test. Almost half of the respondents had a high category of gadget usage intensity, and most of the respondents had emotional behavior problems in the high category. The Spearman test results obtained a p value of 0.001 with a coefficient value of 0.312. There is a sufficient and unidirectional relationship between the intensity of gadget use and the risk of children's emotional behavior problems at Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Gresik Kindergarten. It can be interpreted that the higher the intensity of gadget use, the greater the chance that a child will have a risk of emotional behavior problems in the reconciliation category.

 

Keywords: Gadgets, Children Emotional Behavior, Preschoolers

 

 

ABSTRAK

 

Gadget merupakan perkembangan teknologi yang dapat membuat penggunanya menjadi ketergantungan, termasuk anak prasekolah. Gadget salah satu teknologi yang banyak diminati di berbagai kalangan, mulai dari kalangan dewasa remaja bahkan anak usia dini sudah menggunakan gadget. Pengguanan gadget secara berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi penggunanya diantaranya gangguan konsentrasi belajar, gangguan perkembangan anak, gangguan tidur, gangguan penglihatan, pendengaran dan gangguan terhadap interaksi sosial dengan lingkungan sekitar. Ketika menggunakan gadget, anak menjadi kurang berinteraksi dan kurang berkomunikasi. Periode perkembangan anak sangat sensitif saat anak berusia 1-5 tahun, karena pada masa ini anak mengalami masa golden age atau masa emas. Proses sosial emosi melibatkan perubahan dalam hubungan orang lain, yaitu perubahan emosi dan kepribadian.   Untuk mengidentikfikasi intensitas penggunaan gadget dan perilaku emosional anak serta menganalisis hubunbgan diantara keduanya. Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan studi cross sectional. Jumlah sample sebanyak 112 anak dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Variabel bebas adalah intensitas penggunaan gadget yang diukur menggunakan kuesioner. Variabel terikatnya adalah risiko masalah perilaku emosional anak yang diukur dengan Kuesioner Masalah Perilaku Emosioanal (KMPE). Analisis data menggunakan uji Spearman. Hampir separuh responden memiliki intenistas penggunaan gadget kategori tinggi, dan sebagian besar responden memiliki masalah perilaku emosional dalam kategori tinggi. Hasil uji Spearman didaptkan nilai p value 0,001 dengan nilai koefisiensi 0,312. Terdapat hubungan yang cukup dan searah antara intensitas pengggunaan gadget dengan risiko masalah perilaku emosional anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Gresik. Dapat diartikan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan gadget semakin meningkatkan peluang anak memiliki risiko masalah perilaku emosional dengan kategori rujuk

 

Kata Kunci: Gadget, Perilaku Emosional Anak, Anak Prasekolah


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


American Academy Of Pediatrics. (2016) American Academy Of Pediatrics Announces New Recommendations For Children’s Media Use

Armina, A. (2024). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Risiko Gangguan Pemusatan Perhatian Hiperaktivitas Dan Masalah Perilaku Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 13(1), 139-144.

Dhamayanti, M., Deliana, P.H., And Bukkar, F. (2018) ‘Association Of Stature And Mental Problems Among Adolescents In Jatinangor District, West Java’. Medical Journal Of Indonesia

Ebbeck, M., Yim, H.Y.B., Chan, Y., And Goh, M. (2016) ‘Singaporean Parents’ Views Of Their Young Children’s Access And Use Of Technological Devices’. Early Childhood Education Journal 44 (2), 127–134

Fajariyah, S.N., Suryawan, A., And Atika, A. (2018) ‘Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Anak’. Sari Pediatri

Hanifah, L. And Ningrum (2013) ‘Gambaran Hasil Deteksi Dini Masalah Mental Emosional Pada Anak Prasekolah Usia 36 Sampai 72 Bulan Di Playgroup Dan Tk Cherry Kids Club Islamic School Grogol Sukoharjo Tahun 2012’. Jurnal Masyrakat Mandiri 4 (6), 3201–3209

Hurlock (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Ruang Kehidupan (5th Ed). Jakarta Erlangga

Hurlock, Eb (2010). Perkembangan Anak Jilid I 6th Ed.A. Dharma, Ed., Jakarta: Erlangga

Ilma, N., Suryawan, A., And Dewanti, L. (2020) Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 48–72 Bulan Di Tk Al-Furqon Dan Tk Bunda Ghifari Surabaya.

Jayadi, Y. I., & Rakhman, A. (2021). Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan (Mt) Anak Balita Pada Masa Pandemi Covid 19. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(2), 105-117.

Kabali, H., Mohanty, S., And Irigoyen, M. (2015) Exposure And Use Of Mobile Media Devices By Young Children | Pediatrics | American Academy Of Pediatrics

Kemenkes Ri. (2016) Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kemenkes Ri. Pp. 4-7,25,71

Lani, Tiara. (2019) Perilaku Orang Tua Terhadap Penggunaan Gawai Anak Prasekolah Serta Dampak Pada Tajam Penglihatan Anak. Skripsi. Universitas Airlangga

Nurfadhillah, F. (2012) Upaya Orang Tua Untuk Mencegah Ketergantungan Anak Terhadap Penggunaan Gadget | Nurfadilah | Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini

Nurmalitasari, Femmi (2015) Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah | Nurmalitasari | Buletin Psikologi

Pratama, H.C. (2012) Cyber Smart Parenting : Kiat Sukses Menghadapi Dan Mengasuh Generus Digital / Hellen Chou Pratama ; Penyunting, James Yanuar | Opac Perpustakaan Nasional Ri.

Rideout, V. (2017) The Common Sense Census: Media Use By Kids Age Zero To Eight, 2017 | Common Sense Media

Rina Septi Andriani, N. (2018) Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gawai Terhadap Keterlambatan Perkembangan Bicara Dan Bahasa Pada Anak Usia 24-60 Bulan Di Kelurahan Kapasan, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191-205.

Sudarno. 2017. Data Analysis. Semarang: Departemen Statistika Fakultas Sains Dan Matematika Undip

Sugianto, V.J., Wh, P., And Yudani, H.D. (2015) ‘Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak’. Jurnal Dkv Adiwarna

Suyadi (2010) Psikologi Belajar Paud : Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pt Pustaka Insan Mandiri

Syahyudin, D. (2019) Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Waruwu, F.E. (2010) Membangun Budaya Berbasis Nilai : Panduan Pelatihan Bagi Trainer / Fidelis E.

Waruwu ; Editor, Gunawan Mc, Chris Subagya. | Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Diy

Widiawati And Sugiman (2014) Pengaruh Penggunaan Kembang Anak Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak Gadget Terhadap Daya

Witular, R. (2021) ‘Pengaruh Keberfungsian Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Pada Remaja Delinkuen’. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang Yusuf, S. (2012) Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i9.13509

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Main Sambil Santai Jackpot Datang Pemain Ini Bongkar Trik Scatter Efektif

Modal Kecil Kemenangan Besar Scatter Ganda Membawa Puluhan Juta Dalam Sekejap

Modal Pas Pasān Tak Jadi Masalah Strategi Tepat Bikin Kemenangan Fantastis

Pengalaman Nyata Modal Mini Tembus Puluhan Juta Semua Berkat Timing Yang Tepat

Retrigger Bertubi Tubi Sensasi Menang Besar Tanpa Henti Di Mahjong Ways

Scatter Muncul Di Saat Tak Terduga Uang Mengalir Deras Dalam Hitungan Menit

Scatter Tak Henti Retrigger Jalan Halus Cerita Pemain Raih Kemenangan Fantastis

Turbo Off Aktif Jackpot Meluncur Cerita Nyata Pemain Yang Tidak Menyangka

Turbo Off Scatter Ganda Kombinasi Ampuh Raih Jackpot Di Tengah Malam

Member Asal Kalimantan Utara Salah Download Mustang Gold Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Nelayan Asal Bitung Baca Tutorial Extra Juicy Saat HP Nyala Sendiri Malah Jackpot Beruntun Rp 95 Juta

Orang Asal Manado Kepencet Anak Saat Main 5 Lions Megaways Malah Aplikasi Lag Justru Beruntung

Pemain Asal Kebumen Belajar Wild West Gold Dari YouTube Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Pemain Kupang Cek Notifikasi Big Bass Bonanza Malah Temukan RTP 100 Persen

Penjual Cilok Asal Singaraja Coba Coba Gems Bonanza Saat Coffee Break Malah Ketemu Bug Cahaya Profit 300 Juta

SPB Bandar Lampung Belajar Trik Mustang Gold Dari YouTube Sambil Jualan Malah Bonus Berkali Kali Rp 105 Juta

Tukang Jahit Jambi Modal 50 Ribu Main Prosperity Lion Malah Berubah Nasib 180 Derajat

Wanita Asal Sulawesi Tenggara Download Wild West Gold Megaways Malah HP Panas Saat Di Indomaret

Zara Tukang Jam Ngetes Pola Fortune Rabbit Malah HP Panas Saat Bongkar Algoritma

3 Player Palangkaraya Riset Google Double Fortune Malah Crack Sistem SPBU Profit 35 Juta

4 Player Banjar Lihat HP Satu Sama Lain Gates Of Olympus Malah Temukan Timing Scatter Bersamaan

4 Player Samarinda Baca Artikel Mahjong Panda Di Warung Kopi Malah Ketemu Bug Scatter Melimpah

5 Player Gresik Parkir Lama Main Prosperity Lion Malah Dapat Win Streak Profit 85 Juta

5 Player Semarang Lihat Iklan Lucky Neko Sore Hari Malah Dapat Maxwin Beruntun 500 Juta

10 Trik Mahjong Wins Yang Diklaim Pemain Malah Bikin Suara Coin Terus Berbunyi

Angel Digital Marketing Lihat Iklan Spirited Wonders Saat Ngantri Makan Malah Alarm Berbunyi Jadi Sultan Dadakan

Bryan Penjaga Toko Download Aplikasi Zeus Vs Hades Malah Game Freeze Tapi Bonus Terus Muncul

Khalid Petugas Farmasi Iseng Coba Double Fortune Saat Istirahat Malah Cahaya Muncul Bonus Terus

Mekanik Bengkel Liat TikTok Spirited Wonders Malah Nemu 7 Trik Hit Rate Extreme

Owner: syndicate

togel online

mega4d

mega4d

slot777

toto 4d

bandar togel

slot777

toto macau

slot777

rtp slot

toto 4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

toto 4d

slot777

nana4d

slot777

toto 4d

scatter hitam

nana4d

toto 4d

slot resmi

situs toto

toto 4d

slot777

slot gacor

slot777

scatter hitam

nana4d

nana4d

toto 4d

slot777

slot777

toto 4d

slotnota123 com

slotnota707 com

slot777

Toto Slot

Slot Gacor

Toto 4D

Situs Gacor

Toto 4D

Situs Toto

Slot Gacor

Situs Toto

Situs Toto

Toto 4D

Slot Gacor

Slot777

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot88

Slot Bonus

Slot88

slot777

slot 200

slot88

link gacor

Slot Thailand

Slot Gacor

SLOT88

Slot Thailand

Situs Gacor

Link Gacor

SLOT88

Situs Gacor

Link Gacor

slot88

Slot88

slot88

Slot88

Slot88

Link Gacor

Situs Gacor

Slot88

Slot Thailand

.

Slot Gacor

slot777

slot777

slot777

slot gacor

slot777

slot777

Slot777

slot jepang

Slot777

Slot777

Slot Jepang

Slot777

Slot88

slot88

slot88

slot88

slot88

slot88

slot88

slot777

matauangslot

matauangslot

matauangslot

matauangslot

slot777

slot777

slot777

slot777

slot777

slot777

slot777

slot jepang

scatter hitam

slot777

https://periodicosulbrabra.org/

https://jsju.net/index.php/

https://biosuss.com/

Situs Gacor

slot resmi

https://tibafs.com/

https://jihms.com/

https://esp.co.id/

https://esp.co.id/web/

https://esp.co.id/wp/

https://esp.co.id/history/

slot88matauangslot.app -asli

slot88matauangslot.com -asli

slot88matauangslot.net -asli

slot88matauangslot.dev -asli

slot88matauangslot.online -asli

slot88matauangslot.live -asli

slot88matauangslot.org -asli

slot88matauangslot.pro -asli

slot88matauangslot.store -asli

slot88matauangslot.site -asli

slot88aslijp.online -asli

slot88asliresmi.online -asli

slot88linkdaftar.online -asli

slot88akunbaru.online -asli

slot88bonus100.online -asli

dewislot88asli.online -asli

dewaslot88asli.online -asli

megaslot88asli.online -asli

slot88aslijp.com -asli

slot88asliresmi.com -asli

slot88linkdaftar.com -asli

slot88akunbaru.com -asli

slot88bonus100.com -asli

dewislot88asli.com -asli

megaslot88asli.com -asli

slot777matauangslot.app -asli

slot777matauangslot.com -asli

slot777matauangslot.net -asli

slot777matauangslot.dev -asli

slot777matauangslot.online -asli

slot777matauangslot.org -asli

slot777matauangslot.pro -asli

slot777matauangslot.store -asli

slot777matauangslot.site -asli

https://wiralearning.uniwara.ac.id/

https://wiraadmisi.uniwara.ac.id/

https://pps.uniwara.ac.id/

http://pmb.uniwara.ac.id/

https://apkpurut.uniwara.ac.id

https://ebaak.uniwara.ac.id/

Slot Gacor

https://elibs.uniwara.ac.id/

https://uniwara.ac.id/

Toto Slot

Slot Gacor

Situs Gacor

Toto 4D

Situs Toto

Slot Gacor

Situs Toto

Situs Toto

Toto 4D

Slot Gacor

Slot777

Slot88

Toto 4D

Situs Toto

Situs Toto

Toto 4D

Slot777

SLOT777

Slot777

Slot777

Slot777

Slot777

Toto 4D

Slot777