Strategi Bisnis Layanan Health And Beauty Store dalam Peningkatan Kinerja Ritel Farmasi PT.X

Ardian Ardian* -  Program studi magister farmasi, fakultas farmasi Universitas Pancasila, Indonesia

ABSTRACT

 

Health and beauty Store PT. This condition is caused by the business strategy carried out so far still not being able to produce the expected performance. Strategic management is a process for producing strategies that can be used by the company through analysis of the company's internal and external factors. Analysis of the external environment and internal environment can be used as the main reference for improving marketing strategies. Determine the business strategy for the Health and Beauty store PT. X that can produce the expected business performance. The analysis of the external and internal environment is combined with a SWOT analysis, then strategic priorities are determined from the results of the SWOT analysis with the QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) matrix. Research results show that the health and beauty store PT.X can carry out forward, backward and horizontal integration strategies. Apart from that, creating a more massive weekly promo is the right strategy to improve the company's business performance. The implementation of this strategy needs to be carried out with a consistent action plan. Based on the results of the strategy analysis carried out on the Health and Beauty store PT. 3) at the decision stage.

 

Keywords: Business Strategy, SWOT, QSPM

 

 

ABSTRAK

 

Health and beauty Store PT.X merupakan unit bisnis yang bergerak di bidang retail farmasi modern sejak tahun 2019. Memasuki tahun 2023 tercatat bahwa kinerja bisnis mengalami penurunan dari tahun ke tahun dan tidak mencapai target perusahaan. Kondisi tersebut disebabkan strategi bisnis yang dilakukan selama ini masih belum mampu menghasilkan kinerja yang di harapkan. Manajemen strategi merupakan proses untuk menghasilkan strategi–strategi yang dapat di gunakan oleh perusahaan melalu analisis faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan. Analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal dapat dijadikan acuan utama untuk melakukan perbaikan strategi pemasaran. Menetapkan strategi bisnis untuk Health and Beauty store PT. X yang dapat menghasilkan kinerja bisnis yang diharapkan. Analisis lingkungan ekternal dan internal tersebut digabungkan dengan analisis SWOT, kemudian dilakukan penetapan prioritas strategi dari hasil analisis SWOT dengan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian bahwa health and beauty store PT.X dapat melakukan strategi integrasi ke depan, ke belakan dan horizontal. Selain itu, membuat weekly promo yang lebih massive menjadi strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan kinerja bisnis perusahan. Pelaksanaan dari strategi tersebut perlu di laksanakan dengan action plan secara konsisten. Berdasarkan hasil analisis strategi yang dilakukan terhadap Health and Beauty store PT.X melalui 3 tahapan analisis yaitu input stage, matching stage dan decision stage dapat disimpulkan beberapa hal diantaranya, strategi yang sesuai adalah strategi SO (Strength – Opportunity) dengan 5 alternatif strategi yang kemudian diperoleh Strategi prioritas berupa membuat weekly promo lebih massive.

 

Kata kunci: Strategi Bisnis, SWOT, QSPM

Kata Kunci : Strategi bisnis, SWOT, QSPM

  1. David, F. R. (2011). Strategic Management: Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.
  2. Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 3(2), 140-153.
  3. Dysyandi W, Sumaryono W, Widyastuti S, Lesmana H. (2019) Bauran Pemasaran Tentang Konsep Apotek Modern Serta Strategi Pemasarannya. JRB-Jurnal Riset Bisnis.Oct 1;3(1):1–8.
  4. David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic management: concepts and cases: A competitive advantage approach. Pearson.
  5. Ginanjar, A. (2018). Pengaruh Store Atmosphere, Promosi Penjualan, Dan Display Produk Terhadap Pembelian Impulsif Pada Apotek Viva Health Di Surabaya. Stiesia Surabaya.
  6. Heriyanto, M., & Prawiades, P. (2015). Analisis Strategi Bersaing Industri Bisnis Farmasi/Apotek Di Kota Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Riau University).
  7. Hazmi, C., Yogaswara, I. B., & Wulandari, S. (2018). Perumusan Strategi dan Roadmap Strategi Hotel XYZ Menggunakan Pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). E-Proceeding of Engineering, 5(2), 2871–2880.
  8. Kusbandono, D. (2019). Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis (Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jpim (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 4(2), 921–932.
  9. Maulida, E. Dkk. (2020). Manajemen Strategik. Cv. Media Sains Indonesia.
  10. Mustamu, R. H. (2000). Mempersiapkan Ritel Farmasi Untuk Menghadapi Persaingan Masa Depan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 19–32.
  11. Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
  12. Puspitasari, N. B., Rumita, R., & Pratama, G. Y. (2013). Pemilihan Strategi Bisnis Dengan Menggunakan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix) Dan Model Maut (Multi Attribute Utility Theory)(Studi Kasus Pada Sentra Industri Gerabah Kasongan, Bantul, Yogyakarta). J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 171–180.
  13. Rizal, F. S., Genesio, I. S., Nugroho, N. S., & Lioe, N. P. (2020). Faktor Keputusan Konsumen Dalam Memilih Obat Bebas Di Provinsi Dki Jakarta. Indonesian Business Review, 2(1), 43–64.
  14. Remetwa, M. G., A., Y. T., & Sisharini, N. (2018). Analisis Strategi Dan Sistem Informasi Manajemen dengan Menggunakan Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT). Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 , 38 -45.
  15. Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI.Jakarta: Gramedia
  16. Sulasih, S. (2019). Implementasi Matrik Efe, Matrik Ife, Matrik Swot Dan Qspm Untuk Menentukan Alternatif Strategi Guna Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Usaha Produksi Kelompok Buruh Pembatik Di Keser Notog Patikraja Banyumas. Jurnal E-Bis, 3(1), 27–40.
  17. Sampurno. (2013). Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing Yang Berkelanjutan. Gadjah Mada University Press.
  18. Setyorini, H. & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno-Hatta Malang). Jurnal Tekhnologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.
  19. widya, M.P, dkk. (2022). Analisis strategi dalam menjalankan bisnis Apotek dan meningkatkan omzet pada masa pandemi covit 19. Poltekita (Jurnal ilmu kesehatan). Vol.16 (3). 352-361
  20. Wibisono, D. (2006). Manajemen kinerja: konsep, desain, dan teknik meningkatkan daya saing perusahaan.
  21. Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E. (2018). Strategic management and business policy: Globalization, innovation, and sustainability. pearson. Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV Andi Offset.
  22. Yusuf, D & Ajeng, D. (2021). Analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing di Apotek Ben Do Sehat Pohonjean. Jurnal Teknologi Informasi Vol.XVI (1), 24-31