GAMBARAN IMPLEMENTASI PERAWAT DALAM MELAKUKAN MOBILISASI DINI PADA PASIEN POST OPERASI O.R.I.F. FRAKTUR EKSTREMITAS BAWAH DI RUANG ORTHOPEDI R.S.U.D. dr. SLAMET GARUT

Wikeu Nopianti, Diyah Setyorini, Sandra Pebrianti

Sari


Salah satu tindakan yang dilakukan pasien post operasi pemasangan O.R.I.F. (Open Reduction and Internal Fixation). pada fraktur ekstremitas bawah adalah mobilisasi dini, yaitu untuk mencegah terjadinya kontraktur. Mobiliasi dini merupkan suatu pergerakan tubuh yang dilakukan oleh pasien yang sudah sadar dari penggunaan anestesi, pergerakan yang dimaksud antara lain: latihan miring kanan-miring kiri, duduk, berdiri, serta berjalan dan latihan ini dilakukan dengan bimbingan perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Implementasi Perawat dalam Melakukan Mobilisasi Dini pada Pasien Post Operasi O.R.I.F. fraktur Ekstremitas Bawah di Ruang Orthopedi R.S.U.D. dr. Slamet Garut.

       Rancangan penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi adalah perawat orthopedi, diambil dengan teknik total sampling, sebanyak 30 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner mobilisasi dini dan lembar observasi mobilisasi dini yang telah dibuat oleh peneliti, data diolah dengan S.P.S.S. dan disajikan dalam distribusi frekuensi.

       Hasil penelitian, menemukan hampir seluruh responden melakukan implementasi mobilisasi dini (83.3%), sedangkan dari hasil observasi implementasi mobilisasi dini  tidak sampai setengah responden melakukan implementasi (33.3%). Dapat disimpulkan mobilisasi dini belum terlaksanakan dengan baik, sehingga disarankan supervisi lepada perawat dlam pelaksanaannya.

Kata Kunci       :Fraktur, Implementasi Perawat,  Mobilisasi Dini

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmadi. 2009. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: EGC.

Brunner dan Suddarth. 2013. Keperawatan Medikal-Bedah Edisi 12. Jakarta: EGC.

Depkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. 2009. Petunjuk teknis penggunaan DAK bidang kesehatan, jakarta: Departemen Kesehatan.

Gurning, Y., & Karim, D. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Petugas Kesehatan IGD Terhadap Tindakan Triage Berdasarkan Prioritas. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 1(1), 1-9.

Ibrahim, M.N. (2013). Gambaran Pengetahuan Pasien Tentang Mobilisasi Post Operasi Appendisitis di Ruang Bedah RSUD Prof.Dr.H.Aloei.Saboe. Kota Gorontalo.

Konsorium Ilmu Kesehatan. 1989.

Maharani. (2013). Gambaran Implementasi Mobilisasi Dini Oleh Perawat Pada Klien Post Operasi ORIF Fraktur Ekstremitas Bawah Di RSUP Fatmawati.

Mubarak, W.I., Indrawati, I., J. 2015. Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar, Buku 2. Jakarta: Salemba Medika.

Muttaqin, Arif. 2008. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Sistem Muskuloskeletal. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkholis, Z., & Alimansur, M (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Mobilisasi Dini Pada Pasien Post Operasi. Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(2), 1-5.

Potter, P.A & Perry, A. 2010. Buku Ajar Fundamental Keperawatan (Terjemah). Jakarta: Prima Medika.

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). 2013. Badan Penelitian dan Pengembngan Kesehatan.

Sjamsuhidayat&Jong. 2010. Buku Ajar Ilmu Bedah. Jakarta: EGC.

Smeltzer, Susan C & Bare. 2013. Keperawatan Medikal-Bedah Brunner & Suddart: Alih Bahasa, Devi Yulianti, Amelia Kimin; Editor edisi bahasa Indonesia, Eka Anisa Mardella. –ed. 12. Jakarta: EGC.

World Health Organization. Global Health Observatory Data Repository. 2013.

Zainaro, M. A. (2017). PENGARUH SARANA PRASARANA, PENDIDIKAN DAN MASA KERJA PERAWAT TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. A. DADI TJOKRODIPO BANDAR LAMPUNG. HOLISTIK JURNAL KESEHATAN, 11(1), 34-41.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v1i2.1421

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License