Efektivitas Metode Cerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Paudqu Ar-Rafifah Smart di Perumahan Sahara Indah Permai 2 Satria Jaya Tambun Utara Bekasi
Sari
ABSTRACT
Speech delay is one of the triggers for developmental disorders that is very often found in children. Speech delay is a communication disorder that naturally occurs in children as they grow. However, if this is left unchecked, speech delay can become a serious disorder that affects the child's intelligence and behavior in the future. Speech delay can have a lasting impact on children, especially when the child has entered adulthood, including; difficulty socializing, concentrating, worsening academic performance, difficulty getting a job, even experiencing mental problems. To determine the influence of the storytelling method using picture media on the language development of children aged 5-6 years at Paudqu Ar-Rafifah Smart, Sahara Indah Permai Housing 2. Satria Jaya Village. North Bekasi. This research is quantitative with a Quasy Experimental Design using a One Group Pretest Posttest Design. The population in this study were students at PAUDQU Ar-Rafifah SmartRW 08 Satria Jaya Housing 2, Satria Jaya Village, North Tambun District. North Bekasi, totaling 30 children aged 5-6 years. The sample in this study was selected using a total sampling technique, namely sampling when all members of the population are used as samples. The number of samples in this study was 30 respondents. The Wilcoxon Test results obtained a value of Z = -4.626b and Asymp. Sig. (2-taileid) is <.001 <0.005 which means Ho is rejected and Ha is accepted, thus it can be concluded that there is effectiveness of the storytelling method using picture media on the language development of children aged 5-6 years at Paudqu Ar-Rafifah Smart, in Sahara Housing. Indah Permai 2 Satria Jaya Tambun Utara Bekasi in 2023. There is effectiveness of the storytelling method using picture media on the language development of children aged 5-6 years at Paudqu Ar-Rafifah Smart, at Sahara Indah Permai 2 Satria Jaya Tambun Utara Bekasi Housing in 2023. It is hoped that the storytelling method using pictures can help improve balance. children's language so that it can train the balance of language aspects of children from an early age so that children's language balance is achieved optimally.
Keywords: Speech Delay, Early Childhood, Storytelling Method With Pictures
ABSTRAK
Keterlambatan bicara (speech delay) merupakan salah satu pemicu gangguan perkembangan yang sangat kerap ditemui pada anak. Speech delay merupakan salah satu gangguan komunikasi yang wajar terjadi pada anak di masa pertumbuhannya. Namun jika hal ini dibiarkan, speech delay dapat menjadi gangguan serius yang berpengaruh pada kecerdasan dan juga perilaku anak di masa depan. Speech delay dapat memberikan dampak berkepanjangan bagi anak khususnya ketika anak telah memasuki usia dewasa di antaranya yaitu; sulit bersosialisasi, memusatkan perhatian, prestasi akademik memburuk, sulit mendapatkan pekerjaan, bahkan sampai mengalami masalah kejiwaan. Diketahuinya Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Paudqu Ar-Rafifah Smart Perumahan Sahara Indah Permai 2. Desa Satria Jaya. Bekasi Utara. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain Quasy Eksperiment Design (Rancangan Eksperiment Semu) menggunakan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah murid PAUDQU Ar-Rafifah SmartRW 08 Perumahan Satria Jaya 2 Desa Satria Jaya Kecamatan Tambun Utara. Bekasi Utara yang berjumlah 30 anak berusia 5-6 tahun. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden. Hasil Uji Wilcoxon didapatkan nilai Z = -4.626b dan Asymp. Sig. (2-taileid) sebesar <.001 <0.005 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas metode bercerita dengan media gambar terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di Paudqu Ar-Rafifah Smart, di Perumahan Sahara Indah Permai 2 Satria Jaya Tambun Utara Bekasi Tahun 2023. Terdapat efektivitas metode bercerita dengan media gambar terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di Paudqu Ar-Rafifah Smart, di Perumahan Sahara Indah Permai 2 Satria Jaya Tambun Utara Bekasi Tahun 2023. Diharapkan metode bercerita dengan gambar dapat meimbantui meiningkatkan peirkeimbangan bahasa anak seihingga dapat meilatih peingeimbangan aspek bahasa anak uisia dini agar peirkeimbangan bahasa anak teircapai seicara optimal.
Kata Kunci: Speech Delay , Anak Usia Dini, Metode Bercerita Dengan Gambar
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Abidarda, Y., & Ridhani, A. R. (2022). Program Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Yang Mengalami Speech Delay. Bulletin Of Counseling And Psychotherapy, 4(3), 663–669.
Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal For Quality In Women’s Health, 4(1), 46–55.
Bahri, H. (2019). Strategi Edutaiment Berbasis Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Nuansa, 12(1).
Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (Ape) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. As-Sabiqun, 4(2), 443–455.
Depkes Ri. (2022). Perkembangan Anak Usia Dini. Kesmars: Jurnal Kesehatan.
Fitriana, W. N. P., Kurniawati, H., & Muttaqien, M. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Story Reading Terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 262–280.
Frizka, N., Sihombing, N., & Rangkuti, D. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Di Paud Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 4(1), 49–59.
Hamidah, N., Sulianto, J., & Sagala, A. C. (2021). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 119–123.
Hidayah, S. N. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Karakter Anak Sekolah Dasar. Ina-Rxiv. May, 15.
Kholila, A., Hidayah, F., Rahman, K. I., Nurmawati, N., & Sitorus, A. S. (2023). Analisis Evaluasi Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pengenalan Rasa. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 40-48.
Maulida, D. A., Hendrawaijaya, A. T., & Imsiyah, N. (2018). Hubungan Antara Permainan Lego Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Jurnal Edukasi, 5(1), 9.Https://Doi.Org/10.19184/Jukasi.V5i1.8003
Nasri, Y., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Perkembangan Bahasa, Sosial Dan Moral Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3042–3050.
Norlita, W., & Rizky, M. (2022). Pengetahuan Orang Tua Tentang Gangguan Perkembangan Speech Delay Pada Anak Usia 1-5 Tahun Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Pekanbaru. Jurnal Kesehatan" AsShiha".Https://Ejurnal.Umri.Ac.Id/Index.Php/Jku/Article/View/4411%0ahttps://Ejurnal.Umri.Ac.Id/Index.Php/Jku/Article/Download/4411/2159
Pratiwi, M. M., Yanuarini, T. A., & Yani, E. R. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Bicara Dan Bahasa Pada Anak Balita: Studi Literatur. Al-Insyirah Midwifery: Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal Of Midwifery Sciences), 11(2), 153170.Https://Doi.Org/10.35328/Kebidanan.V11i2.2193
Rahayu, A. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Seri Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung. Skripsi, 53(9), 169.
Rahayu, Y., Apipudin, A., & Hotimatul, D. (2021). Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Toodler. Jurnal Kesehatan Stikes Muhammadiyah Ciamis, 7(2),2231.Https://Doi.Org/10.52221/Jurkes.V7i2.73
Rezieka, D. G. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Tk. Jurnal Golden Age, 5(2), 294–303.
Sardi, M., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Studi Kasus Strategi Dalam Menangani Speech Delay Anak Di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 07 Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 2154–2158.
Sari, A. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Ditinjau Dari Aspek Sintaksis Dan Pragmatik. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 102–106.
Utami, R. D., Munisa, M., & Harahap, A. S. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dan Kemampuan Menyimak Pada Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 273–300.
Wirsa, K., & Saridewi, S. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Metode Bercerita Bilingual Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 71–76.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i11.14226
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License