HUBUNGAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN DOKUMENTASI EDUKASI TERINTEGRASI DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAYANGKARA BANDAR LAMPUNG

Dewi Kusumaningsih, Widya Pangestuti

Sari


ABSTRACT : THE CORRELATION BETWEEN NURSE MOTIVATION AND DOCUMENTATIONOF INTEGRATED EDUCATION AT INPATIENT WARDS OF BHAYANGKARA HOSPITAL OF BANDAR LAMPUNG IN 2019

 

Introduction: based on the pre-survey conducted on 21st December 2018 at inpatient wards of Bhayangkara Hospital of Bandar Lampung, the observation on the ten inpatient documents showed that there was only one document submitted completely with integrated education filled by the nurse. A deep interview revealed that the nurses in charge at the ward was unwilling to perform complete documentation because lack of motivation to fill the documentation. They complained there was much documentation to fulfill whilst they must make some management on the patients. The situation stimulates the researcher to investigate the correlation between nurse motivation and documentation of integrated education at inpatient wards of Bhayangkara Hospital of Bandar Lampung in 2019.

Objective: this study was to identify the correlation between nurse motivation and documentation of integrated education at inpatient wards of Bhayangkara Hospital of Bandar Lampung in 2019.

Method: the population consisted of 60 nurses in charge at inpatient wards. The samples were 54 respondents. The independent variable was the nurses’ motivation. The dependent variable was the practice of integrated education documentation. The method was quantitative with cross sectional approach. The data collection was conducted by using questionnaires and observation sheets. The research was conducted on April 2019. The data analysis was done by univariate and bivariate through computer program data processing.

Result: It is known that in Bhayangkara Hospital Bandar Lampung of 20019, the majority of nurse have the same motivations that are low and high amounted to 27 respondents (50,0%) and most nurse do not carry out documentation of integrated education totalling 29 respondents (53,7%).

Conclusion : The statistical analysis found that the p value was 0.102 or p value > 0.05 that indicated that there was a correlation between nurse motivation and documentation of integrated education at inpatient wards of Bhayangkara Hospital of Bandar Lampung in 2019. It is suggested that the other factors should be improved in order to enrich knowledge and understanding about the documentation of integrated education.

Keywords      : motivation, documentation of integrated education

 

INTISARI : HUBUNGAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN DOKUMENTASI EDUKASI TERINTEGRASI DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAYANGKARA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019

 

Pendahuluan : Hasil pra survey yang pada tanggal 21 Desember 2018 Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung diperoleh dari hasil observasi dengan 10 dokumen  pasien rawat inap yang sudah pulang ditemukan hanya 1 dari 10 dokumen edukasi terintegrasi yang terisi oleh perawat. Dari hasil wawancara terhadap perawat yang bertugas diruang perawatan didapatkan mereka kurang dalam pendokumentasian disebabkan oleh ketidakinginan perawat melakukan penulisan dikarenakan perawat merasa terlalu banyak dokumentasi  yang harus dilakukan sementara mereka juga harus  melakukan tindakan terhadap pasien. Hal ini yang mendasarkan penulis untuk melakukan penelitian mengenai Hubungan Pengetahuan Dan Motivasi Perawat Dengan Pelaksanaan Dokumentasi Edukasi Terintegrasi Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Bandar Lampung  Tahun 2019.

Tujuan : Diketahui hubungan motivasi perawat dengan pelaksanaan dokumentasi edukasi terintegrasi di ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Bandar Lampung Tahun 2019

 Metode : Populasi penelitian adalah perawat rawat inap berjumlah 60 orang sehingga total sample yang diambil adalah 54 responden. Adapun variabel independen adalah motivasi perawat. Variabel dependen yang diteliti adalah pelaksanaan dokumentasi eduksai terintegrasi. Metode dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional.Pengumpulan dilakukan dengan menggunakan lembar Kuisioner dan Lembar Observasi.Waktu penelitian akan dilakukan pada bulan April 2019. Analisis data yang digunakan yaitu univariat dan bivariat dengan pengolahan data menggunakan computer.

Hasil : Diketahui bahwa Di RS Bhayangkara Bandar Lampung Tahun 2019, sebagian besar perawat mempunyai motivasi yang sama rata yaitu rendah dan tinggi berjumlah 27 responden (50,0%) dan sebagian besar perawat tidak melakukan pelaksanaan dokumentasi edukasi terintegrasi yang berjumlah 29 responden (53,7%)

Kesimpulan : Berdasarkan hasil uji statistik, didapatkan p-value 0,102 atau p-value > 0,05 yang artinya tidak terdapat hubungan motivasi perawat dengan pelaksanaan dokumentasi edukasi terintegrasi di ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Bandar Lampung Tahun 2019. Diharapkan agar dapat mengembangkan faktor-faktor yang berbeda guna memperkaya pengetahuan dan wawasan tambahan terhadap pelaksanaan dokumentasi edukasi terintegrasi.

Kata Kunci    Motivasi & Pelaksanaan Dokumentasi Edukasi Terintegrasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

A. Badi’ah dkk. (2009). Hubungan Motivasi Perawat Dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Penembahan Senopati Bantul Tahun 2008. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. Vol. 12 No. 2; 2009.

Arsad. (2018). Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan. Jakarta: Bumi Medika.

BAROKAH, T., Widodo, A., Purwanti, O. S., & S Kep, N. (2011). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES KERJA PERAWAT INSTALASI GAWAT DARURAT DI RSUD. DR. MOEWARDI SURAKARTA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Damawiyah, S., & Chasani, S. (2015). Pengaruh Penerapan Discharge Planning dengan Pendekatan Family Centered Nursing Terhadap Motivasi dan Kesiapan Keluarga dalam Merawat Pasien Stroke Pasca Akut di RS. Islam Surabaya(Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Hasibuan, Malayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.

Junianti, E., Erawan, E., & Dwivayani, K. D. (2018). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PERAWAT DAN PASIEN LANSIA DI RSUD AJI MUHAMMAD PARIKESIT TENGGARONG.

Kuntoro., Agus. (2010). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Maharani., Yupita Dwi. (2017). Buku Pintar Kebidanan & Keperawatan. Sleman Yogyakarta: Brilliant Books.

MAYASARI, I., & Kirnantoro, K. (2016). HUBUNGAN BEBAN KERJA YANG DILAKSANAKAN PERAWAT DENGAN KELENGKAPAN DOKUMENTASI ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Noorkasiani. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Dokumentasi Keperawatan, diunduh dari. http://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/391

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Riska. W. (2016). Motivasi Kinerja Perawat Dalam Pelaksanaan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan. Holistik Jurnal Kesehatan, 10 (2), 61-66.

Sari, R. M., & Zainaro, M. A. (2018). MOTIVASI PERAWAT DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP RONDE KEPERAWATAN. HOLISTIK JURNAL KESEHATAN, 12(4), 244-252.

Simamora, N. R. H., & Kep, M. (2009). Buku ajar pendidikan dalam keperawatan. EGC.

Soekidjo. N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Rienka Cipta.

Titis, S., & Isnaeni, Y. (2014). Hubungan motivasi kerja perawat dengan mutu pendokumentasian asuhan keperawatan di ruang rawat inap penyakit dalam RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta (Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta).




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v2i1.1562

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License