Analisis Pengetahuan Ibu dengan Upaya Pencegahan Cedera Pada Anak Usia Toddler di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Panjang Kota Bandar Lampung

Mutiara Natalia, Setiawati Setiawati, Nirwanto Nirwanto, Eka Silvia

Sari


ABSTRACT

 

Childhood, especially toddlerhood, is the peak of children's curiosity because their five senses are not aware of possible dangers. As a result, children at this age are vulnerable to dangers that can cause permanent accidents that the child must endure throughout his life. The highest proportion of places where injuries occur is in the home environment (59.38%). It is known that there is an analysis of the relationship between maternal knowledge and efforts to prevent injuries in toddler-aged children. This type of quantitative research uses a descriptive analytical design with a cross sectional approach. The population in this study were all mothers with toddler-aged children totaling 3,132 respondents with a sample size of 97 respondents. Sampling was taken using purposive random sampling technique by using the slovin formula. Based on research, it is known that of the 97 respondents who had poor knowledge, there were fewer efforts to prevent injuries, namely 47.6% and of the 97 respondents who had good knowledge, there were more efforts to prevent injuries, namely 85.1%. The results of the chi-square test obtained a value of p = 0.001 > a value = 0.05 odd ratio (OR) obtained a value = 5.2, so Ho was rejected, meaning it can be concluded that there is a significant relationship between maternal knowledge and efforts to prevent injuries in toddlers. There is a relationship between maternal knowledge and efforts to prevent injuries in toddler-aged children

 

Keywords: Mother's Knowledge, Injury, Toddler

 

 

ABSTRAK

 

Waktu kanak-kanak, khususnya masa toddler, merupakan puncak keingintahuan anak-anak karena panca indra mereka tidak menyadari bahaya yang mungkin terjadi. Akibatnya, anak-anak pada usia ini rentan terhadap bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan permanen yang harus ditanggung oleh anak sepanjang usianya. Adapun urutan proporsi terbanyak untuk tempat terjadinya cedera yaitu di lingkungan rumah (59,38%). Diketahui analisis hubungan antara pengetahuan ibu dengan upaya pencegahan cedera pada anak usia toddler. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua ibu yang memiliki anak usia toddler berjumlah 3.132 responden dengan jumlah sampel 97 responden. Pengambilan sampel dengan Teknik Purposive random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Berdasarkan  penelitian diketahui bahwa dari 97 responden yang memiliki pengetahuan kurang baik, lebih sedikit upaya pencegahan cedera yaitu 47,6% dan responden memiliki pengetahuan baik , lebih banyak lebih banyak upaya pencegahan cedera yaitu 85,1 %.  Hasil uji chi-square diperoleh nilai p = 0,001 >  nilai a = 0,05 odd ratio (OR) diperoleh nilai = 5,2 artinya dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Pengetahuan Ibu Dengan Upaya Pencegahan Cedera Pada Anak Usia Toddler. Ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan upaya pencegahan cedera pada anak usia toddler di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Panjang Kota Bandar Lampung

 

Kata Kunci: Pengetahuan Ibu, Upaya Pencegahan, Cedera, Toddler


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Amir, E. E. S. (2018). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Dengan Kejadian Cedera Pada Anak Usia Toddler Yang Berobat Di Wilayah Kerja Puskesmas Passi Barat. Graha Medika Nursing Jurnal, 1(1), 39–45. Http://Journal.Stikesgrahamedika.Ac.Id/Index.Php/Nursing/Article/View/76

Andala, S., Apdiningsih, N., & Rizana, N. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu Yang Memilikianak Prasekolah Dengan Tindakan Pertolongan Pertama Pada Cedera. Jurnal Assyifa’ Ilmu Keperawatan Islami, 6(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.54460/Jifa.V6i2.11

Aminah, Cahya. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang P3k (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) Terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua Dalam Penanganan Cedera Anak Balita Di Rumah Tangga Di Desa Tunjungseto Kecamatan Sempor. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Muhammadiyah

Eni. (2022). Profil Kesehatan Kota Bandar Lampung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 27. Https://Bandarlampungkota.Go.Id/New/Dokumen/989-Profil Kesehatan 2022.Pdf

Erni Suprapti, Diana Dayaningsih, Adinda Putri Azzahra, Agung Widodo W, Mutiara Sukma, Salbila, & Ajeng Andina. (2022). Penyuluhan Tentang Jenis Kecelakaan Pada Anak Dan Cara Pencegahannya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sisthana, 4(1), 14–18. Https://Doi.Org/10.55606/Pkmsisthana.V4i1.57

Fatimah, E. R. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget Dan Al-Ghozali ). Jurnal Alayya, 1(1), 1–31.

Fauzi, I. B., & Priyonoadi, B. (2019). Klasifikasi Dan Pemahaman Penanganan Cedera Pada Saat Latihan Menari. Medikora, 17(1). Https://Doi.Org/10.21831/Medikora.V17i1.23494

Gusrianti, E., Yuliyana, R., Astuti, I. D., Sandra, Z. D., & Noviarti D. (2022). Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Anak Toddler Yang Jatuh Di Wilayah Kerja Puskesmas Berakit 2021. Jurnal Ilmiah Jka (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 8(2), 13–20. Https://Doi.Org/10.58550/Jka.V8i2.148

Hastuti, D. (2013). Praktik Pencegahan Cedera Pada Anak Usia Toddler Di Jelekong Kabupaten Bandung Pendahuluan Indonesia Merupakan Salah Satu Negara Berkembang Yang Memiliki Prevalensi Cedera Survei Kesehatan Nasional Di Indonesia Mengakibatkan Beberapa Kondisi Yaitu , Keter. 01, 52–62.

Indriati, R., & Ningsih, E. D. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Antisipasi Cedera Dengan Praktik Pencegahan Cedera Pada Anak Usia 1 – 3 Tahun. Kosala : Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.37831/Kjik.V9i1.200

Jamil & Mokhtar. (2017). Penanganankedaruratan Sehari-Hari Pada Anak Usia Dini Di Rumah. Purwokerto: Irdh.

Kameliawati, F., Putri, R. H., & Surmiasih, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Orang Tua Dalam Mencegah Cedera Pada Anak Usia Toddler Di Paud Tunas Bangsa. Jurnal Wacana Kesehatan, 4(1), 395.

Https://Doi.Org/10.52822/Jwk.V4i1.91

Kemenkes Ri. (2019). Riskesdas 2018 Provinsi Lampung. Laporan Provinsi Lampung Riskesdas 2018, Riset Kesehatan Dasar Lampung 2018, 598.

Kesehatan, K. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Lntervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Direktorat Kesehatan Departmen Kesehatan Keluarga, 59.

Kyle, T. & Carman, S. (2015). Buku Ajar Keperawatan Pediatri. Ed Ii, Vol. 1. Alih Bahasa Devi Yuliana. Buku Kedokteran Egc, Jakarta.

Lestari, S., Siti Nur Solikah, & Politeknik Insan Husada Surakarta. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Dalam Pencegahan Stunting Pada Anak Usia Toodler Di Kedungtungkul Mojosongo Surakarta. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 10(02), 177–183. Https://Doi.Org/10.52236/Ih.V10i2.254

Niko Tesni Saputro, A. E. P. (2022). Modul 1 Konsep Dasar Trauma, Keracunan, Komplikasi, Sequelae, Dan Komplikasi Tindakan Bedah. Http://Repository.Ut.Ac.Id/3891/1/Eksi4417-M1.Pdf

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Pt Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Putri, I. M. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Dengan. 4(1), 4–10.

Rahmawati, D. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Orang Tua Tentang Bahaya Cedera Dan Cara Pencegahannya Dengan Kejadian Cedera Pada Anak Toddler Di Rw 09 Kelurahan Kaliabang Tengah Kecamatan Bekasi Utara. Jurnal Assyifa’ Ilmu Keperawatan Islami, 1689–1699.

Rumere, B. Y., Sasputra, I. N., Lidia, K., & Artawan, I. M. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Mahasiswa Papua Dan Papua Barat Di Kupang. Cendana Medical Journal (Cmj), 9(2). Https://Doi.Org/10.35508/Cmj.V9i2.5983

Suparmi, Et Al. (2018). Buku Saku Bayi Dan Balita Sehat. Cv Trans Info Media, Jakarta Timur.

Tumurang & Marjes N. (2018). Promosi Kesehatan. Indomedia Pustaka, Sidoarjo.

Rusdiana, R. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pencegahan Cedera Dengan Kejadian Cedera Pada Anak Toddler 1-3 Tahun Di Wilayah Puskesmas Tambaruntung. Jurnal Ilmu Kesehatan Insan Sehat, 9(1), 5–9.Https://Doi.Org/10.54 004/Jikis.V9i1.15

Wong, Donna L, Eaton, Marilyn Hockenberry, & Wilson, D. (2009). Buku Ajar Pediatrik (Edisi 6). Buku Kedokteran Egc.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i8.15628

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License