Pengaruh Bibliotherapy terhadap Konsep Diri pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 01 Telaga Biru
Sari
Konsep diri merupakan aspek penting dalam diri seseorang, karena konsep diri merupakan kerangka acuan (frame of reference) yang digunakan oleh individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya Konsep diri diartikan sebagai gambaran mental seseorang yang meliputi pengetahuan, harapan, dan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengidentifikasi Pengaruh Biblioterapi terhadap konsep diri pada anak usia sekolah di SD Negeri 01 Telaga Biru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain One group pre-test and post-test design yang memberikan perlakuan atau intervensi pada subyek penelitian kemudian efek perlakuan tersebut diukur dan dianalisis. Pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 15 sampel. Hasil Analisis Pengaruh Biblioterapi Terhadap Konsep Diri pada anak usia sekolah sebelum dilakukan Biblioterapi di dapatkan menunjukkan bahwa sebelum dilakukan Biblioterapi pada siswa rata-rata skor konsep diri adalah 161, standar deviasi 9,490, Skor konsep diri minimal sebelum adalah 147, dan skor konsep diri maksimal adalah 180. Sesudah dilakukan Biblioterapi pada siswa rata-rata skor konsep diri adalah 180, standar deviasi 11,301, skor konsep diri minimal sesudah adalah 165 dan skor konsep diri maksimal sesudah adalah 198. Hasil analisis paired sample t-test diperoleh nilai signifikan untuk frekuensi konsep diri sebelum dan sesudah adalah 0,004 (<a 0,05) yang artinya ada pengaruh Biblioterapi terhadap konsep diri pada anak usia sekolah di SDN 01 Telaga Biru.
Kata Kunci: Pengaruh, Biblioterapi, Konsep Diri, Anak Usia Sekolah
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Amalia Anggraeni, A. K. (2017). Penerapan Biblioterapi Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Labelling Negatif Pada Siswa Kelas Vii-D Di Smpn 2 Dlanggu-Mojokerto. Jurnal Bk, 7(3).
Andriasari, F. (2015). Konsep Diri Pada Anak Sekolah Dasar Dan Menengah Pertama. Jurnal Psikologi Muhammadiyah Malang, 8, 487–491.
Apri Yuliana Br Purba. (2022). Gambaran Perilaku Anak Usia Sekolah Dalam Jajan Sembarangan Di Desa Kuta Gugung Kec. Naman Teran Kab. Karo Sumatera Utara Tahun 2021. Jurnal Sahabat Keperawatan, Vol.4, No.2, Agustus 2022, 4(2), 80–86.
Dewi Wulan Sari. (2022). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Bibliokonseling Dalam Meningkatkan Konsep Diri Pesera Didik Di Smp Negeri 2 Sukodono., 1–12.
Dona Mahisa. (2020). Peran Pembimbing Dalam Pembentukan Konsep Diri Anak.
Faikusa, M. Y., Margaretha, D. D., & Pd, M. (2024). Efektivitas Penerapan Teknik Bibliotherapy Melalui Konseling Individual Untuk Peningkatan Konsep Diri Siswa Kelas Viii A Smpn St . Yoseph Noelbaki Kupang Tahun Pelajaran 2023 / 2024 Bk , Salah Satunya Adalah Teknik Bibliotherapy . Teknik Bibliotherapy Ada. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(2).
Fitria Agusryani. (2018). Pendekatan Teknik Bibliotherapy Dalam Mengatasi Konsep Diri Yang Salah Pada Waria (Studi Kasus Pada Klien “S” Di Kelurahan Talang Jawa Selatan Kab. Lahat).
Gunawan, I. M., & Wulandari, J. (2017). Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Kesadaran Diri Siswa. Jurnal Fip Ikip Mataram, 2, 192–197.
Harsaktiningtyas, K. (2018). Pengaruh Biblioterapi Terhadap Konsep Diri Pada Anak Retardasi Mental (Tunagrahita) Di Slb.
Lestiawati, E., Natalia, L., & Dewi, I. A. (2019). Pengaruh Biblioterapi Terhadap Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah Di Rsud Panembahan Senopati Bantul Seminar Nasional Unriyo, 1–8.
Mohammad Zainal Arif, E. W. (2018). Penerapan Konseling Kelompok Cognitive Behavior Teknik Biblioterapi Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas Vii Smpn 1 Ujung Pangkah Gresik.
Munawaroh, E. (2019). Keefektifan Biblioterapi Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Yatim Piatu Penghuni Panti Asuhan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(4).
Mz, I. (2018). Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa. Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 2(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.23971/Njppi.V2i1.915
Niswatun Hasanah, S. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sekolah Dasar Niswatun. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 162–169.
Prabowo, A. S., Chanum, D. I., Psi, M., Hidayat, D. R., & Psi, M. (2014). Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Peningkatan Harga Diri Siswa Yang Orangtuanya Bercerai Di Smp Negeri 232 Jakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18–23.
Suwargarini, R. &, & Mubin, M. F. (2014). Gambaran Psikologis: Konsep Diri Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Wilayah Banjir Rob Kelurahan Bandarharjo Semarang Utara. Jurnal Keperawatan Anak, 2(2), 124–132. Https://Jurnal.Unimus.Ac.Id/Index.Php/Jka/Article/View/3985
Syafwar, F. (2016). Merubah Konsep Diri Negatif Remaja Dengan Bibliotherapy. Ta’dib, 18(1), 26. Https://Doi.Org/10.31958/Jt.V18i1.275
Tahta, F., Fiqih, N., Wahyuningtyas, A., Aziz, A. A., Setiowati, E. A., Psikologi, F., Islam, U., & Agung, S. (2020). Efektivitas Biblioterapi Kelompok Untuk Menurunkan Agresivitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(1), 93–102.
Trihantoro, A., Hidayat, D. R., & Chanum, I. (2016). Pengaruh Teknik Biblioterapi Untuk Mengubah Konsep Diri Siswa. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 8–14.
Zahra, S. (N.D.). Biblioterapi Sebagai Pencegahan Bullying Di Sekolah Islam Tugasku.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i12.15869
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License