Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Terhadap Mutu Pelayanan di RS Mesuji Healthcare Center

Sri Agustina

Sari


ABSTRACT

 

Hospital information systems have the potential to improve individual health outcomes, improve health care provider performance, and minimize costs. Improving the quality of health services is influenced by four main aspects, including other people, processes, policies and infrastructure. One of these aspects is realized by a hospital information system which is designed to make hospital business processes responsive, efficient and effective. In this thesis "Analysis of the Implementation of the Hospital Management Information System (SIMRS) on the Quality of Services at the Mesuji Health Center Hospital". The data collection techniques in this research are: In-depth interviews, FGD and Observation, based on information obtained after conducting in-depth interviews with patients regarding the Quality of SIMRS The outpatient waiting time is going well. The maximum outpatient waiting time is 60 minutes. So far there is no more than 60 minutes. Because service to outpatients is number 1. So far, there have been no complaints from patients using waiting time with SIMRS. The problem in the outpatient room that has occurred is the waiting time where the staff quickly prepares by first inputting the data manually then if there are no more disturbances it can be done using SIMRS. So, it doesn't hinder the waiting time process in outpatient care.

 

Keywords: Hospital, Simrs, Outpatient Waiting Time, Quality

 

 

ABSTRAK

 

Sistem informasi rumah sakit mempunyai potensi untuk meningkatkan hasil kesehatan individu, meningkatkan kinerja penyedia layanan kesehatan, dan meminimalkan biaya. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan  dipengaruhi oleh empat aspek utama, antara lain manusia, proses, kebijakan, dan infrastruktur. Aspek tersebut salah satunya diwujudkan dengan sistem informasi rumah sakit yang dirancang untuk menjadikan proses bisnis rumah sakit responsif, efisien, dan efektif. Dalam Thesis ini “Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Terhadap Mutu Pelayanan RS Mesuji Healthcare Center”.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: In-depth interview, FGD dan Observasi,  Berdasarkan informasi yang didapat setelah melakukan wawancara mendalam dengan pasien mengenai Kualitas SIMRS Terhadap Waktu Tunggu Rawat Jalan berjalan dengan baik Waktu tunggu rawat jalan maksimal 60 menit sejauh ini tidak ada lebih dari 60 menit. Karena pelayanan terhadap pasien rawat jalan itu nomor 1. Selama ini penggunaan waktu tunggu dengan simrs pasien tidak ada komplain dari pasien. Untuk kendala pada ruang rawat jalan yang pernah terjadi adalah waktu tunggu dimana staff dengan cepat mempersiapkan dengan cara menginput terlebih dahulu data dengan manual kemudian jika sudah tidak ada lagi gangguan maka dapat dilakukan dengan SIMRS. Jadi, tidak menghambat proses waktu tunggu pada rawat jalan.

 

Kata Kunci: Rumah Sakit, Simrs, Waktu Tunggu Rawat Jalan, Mutu


Kata Kunci


Rumah Sakit, Simrs, Waktu Tunggu Rawat Jalan, Mutu

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Cv. Syakir Media Press

Alif Kurnia Putri. (2021). Efektivitas Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Dalam Menunjang Kualitas Laporan Di Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 2, No.3, Hal.909-916.

Alvito, F.(2023). Tinjauan Penerimaan Petugas Terhadap Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Di Rsud Kembangan. Jurnal Sosial Dan Sains. Vol. 3, No. 1, Hal 81-89.

Amran, R. (2021). Peran Penting Kelengkapan Rekam Medik Di Rumah Sakit. Baiturrahmah Medical Journal. Vol. 1, No. 1. Hal.69-76.

Aurelianne.(2023). Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Pada Tzu Chi Hospital. Journals Of Nurse Community. Vol. 13, No. 2, Hal.376-381.

Azhari Ilyas, A. (2023). Analisiskesesuaian Variabel Dan Meta Data Rekam Medis Elektronik: Studi Kasus Pada Instalasirawat Jalanrumah Sakitx. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan. Vol.6, No.2, Hal.89-97.

Budi, S. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022. Jdih.Kemkes.Go.Id.

Demlinur Putri, R. (2023). Tantangan Simrs Dalam Penerapan Rekam Medis Elektronik Berdasarkan Permenkes 24 Tahun 2022. Jurnal Medika Nusantara. Vol.1, No.1, Hal.18-27.

Erma Kristanti, Y.(2021). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Muhammadiyah Public Health Journal Vol.1, No.2, Hal.170-193.

Grace Wulur F. (2023). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Pada Layanan Kesehatan Rumah Sakit: Literature Review. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia (Jikki). Vol. 3, No.2, Hal 187-202

Handiwidjojo, W. (2015). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi Dan Sains, 2(2).

Kurnia Putri, R.(2022). Hot-Fit Model Pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Di Rsud Pariaman. Journal Of Health And Medical Science. Vol. 1, No. 2, Hal.10-210

Kusuma Pamungkas, R. (2022). Analisis Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rsud Puri Husada Tembilahan Tahun 2020. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan. Vol.1, No.1, Hal. 40-54.

Maulani Fadilla, N.(2021). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dalammeningkatkan Efisiensi: Mini Literature Review. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi. Vol. 8, No. 1, Hal. 357-374.

Molly, R. (2021). Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Pada Rrsud Dok Ii Jayapura. Journal Of Software Engineering Ampera. Vol 2, No. 2, Pp.95-101

Mulyani, S. (2016). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit: Analisis Dan Perancangan. Bandung: Pt. Abdi Sistematika

Nadiya. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajeman Rumah Sakit (Simrs) Dilihat Dari Aspek Sumber Daya Manusia Pad A Unit Rawat Inap Rsud H.Badaruddin Kasim Kabupaten Tabalong. Vol.4,No.1, Hal. 583-395.

Pujihastuti, A. (2021). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dalam Mendukung Pengambilan Keputusan Manajemen. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. Vol. 9 No.2, Hal. 191-200.

Rusli, S. (2022). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dalam Pengolahan Data Rumah Sakit. Jkm (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 10(2), 158-168.

Syafri1, D. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Grand Hospital Bengkalis. Jurnal Manajemen Rumah Sakit. Vol. 1 No. 1, Hal. 43-52




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i8.15905

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License