HUBUNGAN PERAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PESERTA PROGRAM PROLANIS DI PUSKESMAS HANURA KABUPATEN PESAWARAN

Lia Vika Yuni, Rian Maylina Sari

Sari


ABSTRACT: THE CORRELATION OF ROLE OF NURSE TO SATISFACTION OF CHRONIC MANAGEMENT DISEASE PROGRAM (PROLANIS) IN HANURA PUBLICHEALTH CENTER OF PESAWARAN DISTRICT IN 2019

                      

Introduction: The effects may occur when the Prolanis (Chronic Disease Management Program) runs incorrectly are the increase of sickness and abnormally high mortality. The effects may occur due to the limited understanding about good and healthy lifestyle, morning exercise, medical checkup, medication, counseling, and diet.

Objective: The study identified the correlation between nurse role and satisfaction of Prolanis Participants at Hanurra Health Center of Pesawaran Regency in 2019.

Method: The study was quantitative. The design was analytical with cross sectional approach. The population of the study involved Prolanis Participants registered at HanuraHelath Center of Pesawaran Regency since January to March 2019 amounting 46 people. The sampling technique was total sampling for taking 46 respondents.

Result: 26 respondents (56.5%) stated that nurse had a good role on the success of Prolanisat Hanurra Health Center of Pesawaran Regency in 2019. 27 respondents (58.7%) revealed that the patients were not satisfied.

Conclusion: based on the statistical analysis the p value was 0.023 or p value < α score (0.05) indicating the correlation between nurse role and satisfaction of Prolanis Participants at Hanurra Health Center of Pesawaran Regency in 2019. The health practitioners at the health center should regularly invite the Prolanis participants to be discipline.

 

Keywords       : Nurse, Prolanis, Satisfaction.

 

 

 

 

 

 

 

 

INTISARI : HUBUNGAN PERAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PESERTA PROGRAM PROLANIS DI PUSKESMAS HANURA KABUPATEN PESAWARAN
TAHUN 2019

 

Pendahuluan :. Dampak yang akan terjadi apabila program prolanis tidak dijalani dengan baik adalah peningkatan angka kesakitan masyarakat akan menjadi tinggi bahkan angka kematian akan meningkat juga, hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang program pola hidup yang baik dan sehat, seperti senam pagi, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, penyuluhan, dan menerapkan pola diet yang baik.

Tujuan :. Diketahui Hubungan Peran Perawat Terhadap Kepuasan Peserta Program Prolanis Di Puskesmas Hanura Kabupaten Pesawaran Tahun 2019

Metode : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta program prolanis yang ada Di Puskesmas Hanura Kabupaten Pesawaran terhitung sejak bulan Januari – Maret 2019 berjumlah 46 orang, sehingga jumlah didapatkan sampel 46 responden. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah total sampling.

Hasil : Diketahui bahwa Di Puskesmas Hanura Kabupaten Pesawaran  Tahun 2019, sebagian besar perawat mempunyai peran yang baik, berjumlah 26 responden (56,5%), sebagian besar pasien tidak puas yang berjumlah 27 responden (58,7%).

Kesimpulan : Berdasarkan hasil uji statistik, didapatkan p-value 0,023 atau p-value < nilai α (0,05) yang artinya terdapat hubungan antara peran perawat terhadap kepuasan pasien program prolanis Di Puskesmas Hanura Kabupaten Pesawaran  Tahun 2019. Diharapkan kepada para tenaga kesehatan mengajak peserta agar selalu patuh terhadap pelaksanaan kegiatan prolanis.

Kata kunci : Nurse (Perawat), Prolanis, Kepuasan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aprina. (2015). Riset Penelitian. Bandar lampung: Diklat.

Asmadi. (2008). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: EGC.

Bastable. (2012). Perawat Sebagai Pendidik Prinsip-Prinsip Pengajaran Dan Pembelajaran. Jakarta: EGC.

BPJS Kesehatan. (2014). Buku Panduan Program Pengelolaan Penyakit Kronis. Jakarta: Depkes RI.

Fitriani. S. (2010). Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hermawan. H. D. Saputri, A., Hafizhah. (2018). Augmented reality T-shirt for product promotion. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1977, No. 1, p. 030036). AIP Publishing.

Astawa. I. G. M. Y., Samino., Dina Dwi Nuryani. (2012). Tentang Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Dunia Kesmas. Universitas Malahayati.

Kuntoro, A. (2010). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mubarak. (2009). Promosi Kesehatan Dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Notoadmodjo. S. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoadmodjo. S.(2014). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Prilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Priyoto. (2015). Komunikasi Dan Sikap Empati Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Priharjo, R. (2010). Pengantar Etika Keperawatan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Profil Puskesmas Hanura. (2018). Profil Kesehatan. Pesawaran: Lampung.

Machmud.R., Maryeti., Isnati., Abdiana. (2016) tentang Survei Kepuasan Dan Manajemen Keluhan Pasien Diabetes Melitus Terhadap Pelayanan Kesehatan Prolanis Askes Di Rumah Sakit Pemerintah Propinsi Sumatera Barat.

Riskedas. 2015. Program Pengelolaan Penyakit Kronis. Jakarta: Depkes.

Setiadi. (2007). Konsep & Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistyaningsih. (2016). Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif-Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suarli. (2012). Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Soetijiningsih. (2008). Modul Komunikasi Pasien – Dokter. Jakarta: EGC.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v2i1.1630

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License