FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TUBERCULOSIS (TB) DI UPTD PUSKESMAS PENIANGAN KECAMATAN MARGA SEKAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Triyoso Triyoso, Supriyanto Supriyanto

Sari


ABSTRACT: FACTORS ASSOCIATED WITH SATISFACTION OF TUBERCULOSIS (TB) PATIENTS AT UPTD PUSKESMAS PENIANGAN KECAMATAN MARGA SEKAMPUNG KABUPATEN EAST LAMPUNG IN 2019

 

Background : TB is a disease that is a global concern. East Lampung Regency in 2016 had a suspected lung TB of 2,388 patients, with a cure rate (Cure Rate) of 98%, complete treatment (Complete cate) 56%, and treatment success rate (Success rate) 87.99%. In 2017, it is known that as many as 2,616 people are suspected of TB with BTA + as many as 327 people, while the target of achievement is 90%. With a cure rate of 81.63%, complete treatment (Complete rate) 1.2 and success rate (Success Rate) (82.23%).

Purpose : to find out the relationship between empathy nurses and satisfaction of tuberculosis (TB) patients in the UPTD of Peniangan Community Health Center, Marga Sekampung District, East Lampung Regency in 2019.

Methods : Quantitative research type, cross sectional design. The study population was all tuberculosis (TB) patients in Peniangan Health Center, Marga Sekampung, East Lampung Regency, in 2018 there were 34 patients with TB, a sample of 34 people. Non Probability sampling. Independent variable empathy nurse and dependent variable patient satisfaction. data collection using questionnaires distributed to respondents. This research will be carried out after the proposal has been approved. Data analysis using univariate and bivariate (Chi Square).

Research result: Most of the respondents feel less satisfied reliability, as many as 23 (50%) of respondents. the majority of respondents said good responsiveness as many as 28 (60.9%) of respondents, a large majority of respondents said less good assurance that as many as 20 (43.5%) of respondents. Most of the respondents said that empathy is not good by 27 (58.7%) of respondents. Most of the respondents feel less good physical evidence that as many as 25 (54.3%) of respondents. Most of the respondents were less satisfied, as many as 24 (52.2%) of respondents.

Conclusion: There is a relationship between reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangibles to satisfaction with tuberculosis (TB) in UPTD sub-district Puskesmas Marga Sekampung Peniangan East Lampung District 2019, with a p-value <0.005. a procedure of admission concise and clear, providing motivation to officers as an exemplary employee reward and incentive for officers who have a good performance and discipline.

 
Keywords       : patient satisfaction, tuberculosis

 

ABSTRAK FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN TUBERCULOSIS (TB) DI UPTD PUSKESMAS PENIANGAN  KECAMATAN MARGA SEKAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2019

 

 

Latar Belakang: TB merupakan penyakit yang menjadi perhatian global. Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2016 terdapat suspek  TB Paru 2,388 pasien, dengan angka kesembuhan (Cure Rate) 98%, Pengobatan lengkap (Complete cate) 56%, dan angka keberhasilan pengobatan (Sukses rate) 87,99%. Tahun 2017, diketahui bahwa sebanyak 2.616 orang merupakan suspek TB dengan BTA+ sebanyak 327 orang, sedangkan target pencapaian sebesar 90%. Dengan angka kesembuhan (cure Rate ) 81,63%, pengobatan lengkap (Complete rate) 1,2 dan angka keberhasilan ( Sukses Rate )  (82,23%).

Tujuan Penelitian : untuk mengetahui hubungan empati perawat dengan kepuasan pasien tuberculosis (TB) di UPTD Puskesmas Peniangan  Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2019.

Metode Penelitian : Jenis penelitian kuantitatif, rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pasien tuberculosis (TB)  di Puskesmas Peniangan  Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur, pada tahun 2018 pasien TB sebanyak 34 pasien, sampel sebanyak 34 orang. Pengambilan sampel secara Non Probability sampling. Variabel Independen empati perawat dan variabel dependen kepuasan pasien.  pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan ke responden. Penelitian ini akan dilaksanakan setelah proposal disetujui. Analisis data secara univariat dan bivariat (Chi Square).

Hasil Penelitian : Sebagian besar dari responden  merasa keandalan   kurang puas, yaitu sebanyak 23 (50%) responden. sebagian besar dari responden  mengatakan cepat tanggap baik yaitu sebanyak 28 (60,9%) responden, Sebagian besar dari responden  mengatakan jaminan kurang baik  yaitu sebanyak 20 (43,5%) responden.  Sebagian besar dari responden  mengatakan empati kurang baik sebanyak 27 (58,7%)  responden. Sebagian besar dari responden  merasa  bukti fisik kurang baik yaitu sebanyak 25 (54,3%) responden. Sebagian besar dari responden  merasa  kurang puas, yaitu sebanyak 24 (52,2%) responden.

Kesimpulan : Ada hubungan antara kehandalan, cepat tanggap, jaminan, empati, bukti fisik  dengan kepuasan pasien tuberculosis (TB) di UPTD Puskesmas Peniangan  Kecamatan Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2019, dengan nilai p-value <0,005. membuat suatu prosedur penerimaan pasien yang singkat dan jelas, memberikan motivasi ke petugas seperti pemberian reward pegawai teladan dan insentif bagi petugas yang memiliki kinerja dan kedisiplinan yang baik.

 

Kata kunci     : kepuasan pasien, tuberculosis 


Teks Lengkap:

Artikel PDF Similarity

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmuji. (2014). Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. Ar-. Ruzz Media: Yogyakarta

Azwar, S. (2016). Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dharma, K. K. (2017). Metodologi Penelitian (Pedoman Melaksanakan Dan Menerapkan Hasil Penelitian). Jakarta: Trans Info Medika.

Depkes. (2016). Infodatin pusat data dan informasi kementrian kesehatan RI: Situasi penyakit Tuberculosis Paru di Indonesia. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatinkanker.pdf -

Dinas kesehatan lampung. (2017). Profil kesehatan provinsi lampung tahun 2016. Lampung.

Dinas kesehatan lampung timur (2017). Profil kesehatan provinsi lampung timur tahun 2016. Lampung.

Hastono, S. P. (2016). Analisis data pada bidang kesehatan. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Hojat, M., Louis, D. Z., Markham, F. W., Wender, R., Rabinowitz, C., & Gonnella, J. S. (2011). Physicians' empathy and clinical outcomes for diabetic patients. Academic Medicine, 86(3), 359-364

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Profil kesehatan indonesia tahun 2016. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Panduan peringatan tb seduania 2015. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2010). Strategi nasional pengendalian TB (2010). Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen pemasaran edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Manimaran S, Sindhya R, Venkateshwaran. (2010). A Study of Patients Expectation and Satisfaction in Dindigul Hospitals. Asian Journal Of Management Research

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Ed. Rev. Rineka Cipta: Jakarta

Nursalam, (2016). Manajemen keperawatan: Aplikasi dalam praktek keperawatan profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Nurhidayah, N. (2014). Pengaruh Sosial Budaya dan Sikap Petugas terhadap Keberhasilan Kesembuhan TB Paru di Puskesmas Semula Jadi Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai.

Pohan, I. S. (2017). Jaminan mutu layanan kesehatan: Dasar-dasar pengertian dan penerapan. Jakarta: Egc.

Price, a. Sylvia, lorraine mc. Carty wilson. (2012). Patofisiologi : konsep klinis. Proses-proses penyakit, edisi 6, (terjemahan), peter anugrah. Jakarta: EGC

Priyoto. (2014). Teori sikap dan perilaku dalam kesehatan. Nuha Medika: Yogyakarta

Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Temukan Obati Sampai Sembuh. Jakarta.

Siagian, S. P. (2014). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Siswanto. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. Jakarta: Bursa Ilmu.

Smeltzer dan bare. (2009). Buku ajar keperawatan medikal bedah brunner suddarth. Kesehatan dan kebahagiaan. Jakarta: pt. Gramedia utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta: Bandung

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Wathek, S Rames. (2012). Patients' Perception of Health Care Quality, Satisfaction and Behavioral Intention: An Empirical Study in Bahrain. International Journal of Business and Social Science; Vol: 3, No: 18.

Widoyono. (2011). Penyakit tropis. Jakarta : Erlangga Medical Series.

Windari, E. N. (2013). Hubungan Empati Petugas Dan Kepuasan Pasien Dengan Kepatuhan Pasien Dalam Melaksanakan Anc Pada Ibu Hamil Trimester Iii (Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngasem Kabupaten Kediri) (Doctoral Dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Wulandari, D. H. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Pasien Tuberkulosis Paru Tahap Lanjutan Untuk Minum Obat di RS Rumah Sehat Terpadu Tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 2(1).

Wira, I. A. D. (2014). Hubungan antara persepsi mutu pelayanan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III Di Rsud Wangaya Kota Denpasar. Universitas Udayana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License