Terapi Hipnosis dalam Menurunkan Kecemasan Mahasiswa Magister Ilmu Keperawatan

Dwi Sartika, Eni Marwanti, Ifana Yunike Pristya, Riska Eka Fatma Hasibuan

Sari


ABSTRACT

 

Anxiety is the largest mental disorder in the world. It can occur in anyone, including master of nursing students. These students undertake their education over four semesters. They face not only academic burdens, such as assignments, but also work-related burdens for those studying with study permits, as well as financial costs and study completion targets. The study aims to investigate the effect of hypnotherapy on reducing anxiety among master of nursing students. This research is a pre-experimental study with a time-series approach on a single intervention group with three measurements: before, immediately after, and one week after the hypnotherapy intervention. The population of this study is master of nursing students, with a sample size of 15 respondents selected through convenience sampling. The repeated measures anova test resulted in p-value of <0.001, indicating significant differences in anxiety levels at the three measurements point. Bivariate analysis revealed no significant associations between anxiety and confounding factors such as age, social support, gender, marital status, living status, study status, and study funding. Hypnotherapy can reduce anxiety among master of nursing students and can be an effective non-pharmacological therapy to reduce anxiety of master’s nursing students.

 

Keywords: Hypnotherapy, Anxiety, Master of Nursing Student

 

 

ABSTRAK

 

Kecemasan merupakan gangguan mental terbesar di dunia. Kecemasan dapat terjadi pada siapa saja tidak terkecuali mahasiswa magister ilmu keperawatan. Mahasiswa magister ilmu keperawatan menempuh pendidikan selama 4 semester. Mereka tidak hanya memiliki beban akademik yang meliputi tugas akademik, namun juga beban pekerjaan bagi mahasiswa yang kuliah dengan ijin belajar, serta biaya dan target penyelesaian masa studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi hipnosis dalam menurunkan kecemasan mahasiswa magister ilmu keperawatan. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dengan pendekatan time series pada 1 kelompok intervensi dengan tiga kali pengukuran yaitu sebelum, sesaat setelah dan satu minggu setelah diberikan intervensi terapi hipnosis. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa magister ilmu keperawatan dengan jumlah sampel yaitu 15 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu convenience sampling. Uji anova repeated measures didapatkan nilai p<0,001 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang bermakna kecemasan pada ketiga pengukuran. Hasil analisa bivariat didapatkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kecemasan dengan umur, dukungan sosial, jenis kelamin, status pernikahan, status tinggal, status belajar dan pembiayaan kuliah. Terapi hipnosis dapat menurunkan kecemasan mahasiswa magister ilmu keperawatan sehingga dapat digunakan sebagai terapi nonfarmakologis dalam menurunkan kecemasan mahasiswa magister ilmu keperawatan.

 

Kata Kunci: Terapi Hipnosis, Kecemasan, Mahasiswa Magister Ilmu Keperawatan


Kata Kunci


terapi hipnosis; kecemasan; mahasiswa magister ilmu keperawatan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alifta, F. A., & Martha, E. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Selama Masa Pandemi COVID-19 pada Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 5(1), 10.https://doi.org/10.47034/ppk.v5i1.6190

Aseta, P., Trisnowati, T., & Siswanto. (2022). Pengaruh Self Hypnosis Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Menghadapi Ukom Exit Exam Di Politeknik Insan Husada Surakarta. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 10(1),27–34. https://doi.org/10.52236/ih.v10i1.231

Demak, I. P. , & Suherman. (2016). Hubungan Umur, Jenis Kelamin Mahasiswa Dan Pendapatan Orangtua Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Pendidikan Sarjana Program Studi Pendidikan Dokter FKIK Universitas Tadulako. Medika Tadulako Jurnal Ilmiah Kedokteran, 3(1), 23–32.

Eysenck, M. W., & Calvo, M. G. (1992). Anxiety and Performance: The Processing Efficiency Theory. Cognition and Emotion, 6(6), 409–434. https://doi.org/10.1080/02699939208409696

Fransiska, E. A. (2023). Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 16(2549–8118), 87–94.

Ghufron, M. & Risnawati, R. . (2012). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Halter, M. J. (2018). Varcarolis Foundation of Psychiartic Mental Health. Nursing (8th ed.). (8 ed.). Elsevier Inc.

Imam, H., & Jitpanya, C. (2022). Factors related to health-related quality of life in patients with acute coronary syndrome in West Java, Indonesia: A correlational study. Belitung Nursing Journal, 8(4), 349–356. https://doi.org/10.33546/bnj.1247

Johnston, J. (2020). Stress and anxiety. Veterinary Nursing Journal, 35(8), 217. https://doi.org/10.1080/17415349.2020.1850798

Kamaruddin. (2022). Hipno Nursing Bogor: Guepedia.

Kemenkes. (2023). Berbagai Manfaat Hipnosis untuk Mengatasi Masalah Kesehatan. Diakses 3 Maret 2023, https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2840/berbagai-manfaat-hipnosis-untuk-mengatasi-masalah-kesehatan

Kosasih, C. E., & Solehati, T. (2015). Konsep dan Aplikasi Relaksasi dalam Keperawatan Maternitas. PT. Refika Aditama.

Mariyati, L. I., & Rezania, V. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan 1. Umsida press.

Masrifah, M., & Hendriani, W. (2022). Resiliensi Akademik Ditinjau dari Strategi Self-Regulated Learning (SLR) pada Mahasiswa Pascasarjana Multidisiplin. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 5(2), 95. https://doi.org/10.29103/jpt.v5i2.8233

Purnama S, K. I., Muthoharoh, S., & Widiyawati, R. (2023). Kecemasan Akademik Mahasiswa Kebidanan; Literatur review. Jurnal Pengembangan Ilmu dan Praktik Kesehatan, 4(1), 88–100.

Putri Puspitasari, R., Mufidah, W., & Zunaidah, S. N. (2022). Efektifitas Hipnoterapi Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Pasien Gangguan Jiwa. IDEA: Jurnal Psikologi, 5(2), 73–87. https://doi.org/10.32492/idea.v5i2.5202

Saifudin, M., Adawiyah, S. R., & Mukhaira, I. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Non Reguler. Jurnal Kesehatan, 12(2), 199–207. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v12i2.267

Savitri, P. A. C., & Swandi, N. L. I. D. (2023). Intervensi Kecemasan Pada Mahasiswa: Literature Review. , 4(1), 43-55. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 4(1), 43–55.

Setengah. (2016). Hipnosis Go. Jakarta : Bintang Wahyu.

Setyowati, A., Chung, M. H., & Yusuf, A. (2019). Development of self-report assessment tool for anxiety among adolescents: Indonesian version of the zung self-rating anxiety scale. Journal of Public Health in Africa, 10(S1), 3–6. https://doi.org/10.4081/jphia.2019.1172

Tan, G. X. D., Soh, X. C., Hartanto, A., Goh, A. Y. H., & Majeed, N. M. (2023). Prevalence of anxiety in college and university students: An umbrella review. Journal of Affective Disorders Reports, 14(May),100658. https://doi.org/10.1016/j.jadr.2023.100658

Triyadi, A., & Tanan, R. (2024). Hipnosis 5 Jari dalam Praktik Keperawatan : Stategi Efektif untuk Mengurangi Kecemasan. Ciptakarya Paramacitra.

Vahedian-Azimi, A., Moayed, M. S., Rahimibashar, F., Shojaei, S., Ashtari, S., & Pourhoseingholi, M. A. (2022). Comparison of the severity of psychological distress among four groups of an Iranian population regarding COVID-19 pandemic. BMC Psychiatry, 20(1). https://doi.org/10.1186/S12888-020- 02804-9

WHO. (2017). Depresion and Other Common Mental Disorders. New York: Springer.

Widiyono. (2022). Buku Ajar Terapi Komplementer Keperawatan. Kediri: Chakra Brahmanda Lentera.

Yurtseven, N., & Akpur, U. (2018). Perfectionism, Anxiety and Procrastination as Predictors of EFL Academic Achievement: A Mixed Methods Study. Novitas-ROYAL (Research on Youth and Language), 12(2), 96–115.

Zeidner, M., & Matthews, G. (2011). Anxiety 101. New york : Springer Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i1.16464

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License