Hubungan Pengetahuan Guru dengan Upaya Pencegahan tentang Cedera pada Anak Usia 6-12 Tahun di 3 SD Sumberejo
Sari
ABSTRACT
The incidence of injuries in Indonesia in 2022 is 9.7%. This prevalence has increased compared to 2014, namely 7.3% and 2007, 7.9%. The prevalence of injuries at ages 1-4 years was 8.2% and at ages 5-14 years was 12.1% and the highest prevalence of injuries occurred in school children, namely 13%. Meanwhile, the prevalence of injuries in Lampung province in 2020 was 8.9% and in 2021 it increased to 9.8%. It is known that there is a relationship between teacher knowledge and efforts to prevent injuries in children aged 6-12 years at 3 Sumberejo Elementary Schools in 2024. This type of quantitative research uses a cross sectional approach. The population in this study were 91 teachers who taught at SD Negeri 2, 3 and 5 Sumberejo. A sample of 91 respondents used a total sampling technique. The data analysis used is univariate and bivariate analysis with the Chi-Square Test. The results of the research show that there is a significant relationship between teacher knowledge and efforts to prevent injuries in children aged 6-12 years at 3 Sumberejo Elementary Schools in 2024 with a p-value of 0.000. There is significant relationship between teacher knowledge and efforts to prevent injuries in children aged 6-12 years at 3 Sumberejo Elementary Schools. It’s hoped that this research can provide input for teachers to further increase their knowledge and efforts to prevent injuries to their students, especially when they are in the school environment.
Keywords: Injuries, Children aged 6-12 years, Knowledge, Prevention, Teachers
ABSTRAK
Insiden cedera di Indonesia pada tahun 2022 yaitu sebesar 9,7%. Prevalensi ini terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2014 yaitu sebesar 7,3% dan tahun 2007 sebesar 7,9%. Prevalensi cedera pada usia 1-4 tahun sebesar 8,2% dan pada usia 5-14 tahun sebesar 12,1% dan prevalensi cedera tertinggi terjadi pada anak sekolah yaitu sebesar 13%. Sedangkan prevalensi cedera di provinsi Lampung pada tahun 2020 sebesar 8,9% dan pada tahun 2021 meningkat menjadi 9,8%. Diketahui adanya hubungan pengetahuan guru dengan upaya pencegahan tentang cedera pada anak usia 6-12 tahun di 3 SDN Sumberejo Tahun 2024. Jenis penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 91 orang guru yang mengajar di SD Negeri 2, 3 dan 5 Sumberejo. Sampel 91 responden menggunakan teknik total sampling. Analisa data yang digunakan yaitu analisis univariate dan bivariate dengan Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan guru dengan upaya pencegahan tentang cedera pada anak usia 6-12 tahun di 3 SDN Sumberejo Tahun 2024 dengan nilai p-value 0.000. Adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan guru dengan upaya pencegahan tentang cedera pada anak usia 6-12 tahun di 3 SDN Sumberejo. Diharapkan penelitian ini bisa menjadi masukan bagi guru untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan upaya pencegahan cedera pada siswa nya khususnya saat berada di lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Cedera, Anak usia 6-12 tahun, Pengetahuan, Pencegahan, Guru
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Aminah, Cahya. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang P3k (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) Terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua Dalam Penanganan Cedera Anak Balita Di Rumah Tangga Di Desa Tunjungseto Kecamatan Sempor. Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Muhammadiyah Gombong.
Anisa Andriyana Sefi Sp, A. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Penanganan Tentang Cedera Pada Guru Dan Karyawan Di Sd Negeri 1 Dan 3 Kismoyoso Boyolali (Doctoral Dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).
Candry, N., & Amir, Y. (2023). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Risiko Cedera Dan Pengalaman Cedera Pada Anak Usia Sekolah. Health Care: Jurnal Kesehatan, 12(1), 144-150.
Damara, Y.A., & Rochmania, A. (2021). Tingkat Pengetahuan Pelatih Sepakbola Lisensi D Terhadap Cedera Olahraga. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(7), 46-52.
Dharma, Y. P. (2016). Hubungan Faktor Sosio-Ekonomi Dan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Dengan Kejadian Infeksi Soil Transmitted Helminth (Sth) Pada Siswa Sdn 1 Krawangsari Natar Dan Pemetaan Tempat Tinggal Siswa Terinfeksi Sth.
Dinas Kesehatan Provinsi Lampung (2020). Profil Kesehatan Lampung 2020. Bandar Lampung: Pelayanan Kesehatan Provinsi Lampung.
Ekaprasetia, F., Nastiti, E. M., & Darotin, R. (2023). Program Kelompok Pengenalan Kegawatdaruratan Dasar Luka Di Smpn 12 Jember. Journal Of Health Innovation And Community Service, 2(1), 27-32.
Fibrianti, T. B. (2022). Hubungan Pengetahuan Siswa Palang Merah Remaja Dengan Kemampuan Memberikan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Di Sma Negeri Ambulu. Ilmu Keperawatan Universitas Jember
Fuadaturrahmah, F., Azandi, F., Artika, N., Habibi, S. A., Hamdani, M., Agustian, M. A., ... & Sentosa, B. P. (2023). Edukasi Pertolongan Pertama Pada Gangguan Dan Kecelakaan Fisik Di Lingkungan Sekolah Desa Bandar Setia Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1920-1926.
Gusrianti, E., Yuliyana, R., Astuti, I. D., Sandra, Z. D., & Noviarti, D. (2022). Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Anak Toddler Yang Jatuh Di Wilayah Kerja Puskesmas Berakit 2021. Jurnal Ilmiah Jka (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 8(2), 13-20.
Hastuti, D. (2017). Hubungan Pengetahuan Tentang Antisipasi Cedera Dengan Praktik Pencegahan Cedera Pada Anak Usia Toddler Di Rw 01 Kelurahan Manggahang Wilayah Puskesmas Jelekong Kabupaten Bandung. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 3(1), 52-62.
Indriati, R., & Ningsih, E. D. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Antisipasi Cedera Dengan Praktik Pencegahan Cedera Pada Anak Usia 1–3 Tahun. Kosala: Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(1).
Lubis, P. H. (2015). Gambaran Tingkat Resiko Cedera Pada Anak Usia Sekolah. Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Riau.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugroho, P. S., & Utama, D. A. (2020). Fasilitasi Kader Kesehatan Remaja Untuk Memaksimalkan Fungsi Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di Smk Muhammadiyah 1 Samarinda. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 2(1), 1-8.
Ristia, A., Utari, R., & Faridah, H. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Cedera Pada Anak Usia 3-6 Tahun Di Paud Dan Tk Kemala Bhayangkari 06 Kota Langsa. Jp2k Jurnal Pendidikan Dan Praktik Kesehatan, 3(2), 117-126.
Safitri, D. A., Khusniya, I., & Dai, M. (2021). Pengetahuan Dan Penanganan Cidera Berat Pada Atlet Karate. In Seminar Nasional Sosisal, Ekonomi, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian, Dan Kesehatan (Vol. 1, No. 2, Pp. 97-105).
Sari, I. M., Prajayanti, E. D., Noorratri, E. D., & Widarti, R. (2023). Pengaruh Edukasi Perawatan Luka Terhadap Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Siswa Di Smpn 1 Karangmalang Sragen. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 6(9), 1835-1840.
Sari, S. Y. (2017). Tinjauan Perkembangan Psikologi Manusia Pada Usia Kanak-Kanak Dan Remaja. Primary Education Journal (Pej), 1(1), 46-50.
Triyani, E., & Ramdani, M. L. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Dengan Metode Prices Pada Anggota Futsal. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.
Usman, U., Almumtahanah, A., & Kawuryan, U. (2021). Kejadian Cedera Pada Anak Usia Sekolah Dasar: Studi Deskriptif. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(1), 58-62.
World Health Organization. (2021). Cedera Dan Kekerasan. Diakses Di: Https://Www.Who.Int/News-Room/Fact-Sheets/Detail/Injuries-And-Violence
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i1.16662
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License