Hubungan Mekanisme Koping Bermain Puzzle Berbasis Adaptasi dengan Aktivitas Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Steven Aldo Marcello, Ninda Ayu Prabasari, Linda Juwita

Sari


ABSTRACT

 

Learning activities are an important principle in the teaching and learning process. In a learning process, adaptation is needed by both teachers and students (students). The researcher wanted to know the correlation between the adaptation-based puzzle game concept with student learning activities. Explanatory survey research design with a cross-sectional approach, population of 5-6 elementary school students with a total sample of 123 students using the rule of thumb. The majority of students have sufficient perception and information of playing puzzles, sufficient learning about puzzles, sufficient assessment and positive emotions in playing puzzles. Active student learning, as much as 11.4% active, 18.7% quite active, and 69.9% less active. The results of statistical tests showed that there was a significant effect between puzzles on student learning activities (p-value = 0.000). Adaptation-based puzzle games as a form of coping mechanism have a significant correlation with student learning activities, where students will adapt to a given puzzle game and can provide an adaptive response in the form of student learning activities that have active, moderately active and less active categories.

 

Keywords: Puzzle, Learning Activity, Student

 

ABSTRAK

 

Aktivitas belajar merupakan prinsip yang penting dalam proses belajar mengajar. Dalam suatu proses pembelajaran, adaptasi diperlukan baik oleh guru maupun peserta didik (siswa). Peneliti ingin mengetahui hubungan konsep permainan puzzle berbasis adaptasi dengan aktivitas belajar siswa. Desain penelitian explanatory survey dengan pendekatan cross-sectional, populasi siswa kelas 5-6 SD dengan jumlah sampel sebanyak 123 siswa menggunakan rule of the thumb. Mayoritas siswa memiliki persepsi dan informasi bermain puzzle yang cukup, pembelajaran tentang puzzle yang cukup, penilaian yang cukup dan emosi yang positif dalam bermain puzzle. Keaktifan belajar siswa, sebanyak 11,4% aktif, 18,7% cukup aktif, dan 69,9% kurang aktif. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara puzzle terhadap aktivitas belajar siswa (p-value= 0,000). Permainan puzzle berbasis adaptasi sebagai bentuk mekanisme koping memiliki hubungan yang signifikan dengan aktivitas belajar siswa, dimana siswa akan beradaptasi dengan permainan puzzle yang diberikan dan dapat memberikan suatu respon adaptif berupa aktivitas belajar siswa yang memiliki kategori aktif, cukup aktif dan kurang aktif.

 

Kata Kunci: Puzzle, Aktivitas Belajar, Siswa


Kata Kunci


Puzzle;Aktivitas Belajar;Siswa

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alligood, M. R. (2014). Pakar Teori Keperawatan Dan Karya Mereka (A. Y. S. Hamid & K. Ibrahim, Eds.; 8th Ed., Vol. 1). Elsevier.

Alligood, M. R. (2017). Nursing Theorists And Their Work-E-Book. Elsevier Health Sciences.

Anisaturrohmah. (2021). Gambaran Mekanisme Coping Stress Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Masa Pandemi.

Aprilia, S., Zubaidah, & Fitriawan, D. (2022). Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. 3, 100–107.

Assagaf, G., & Salatalohy, A. (2022). Model Struktural Dalam Menilai Antar-Hubungan Faktor Internal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 9. Https://Doi.Org/10.24853/Fbc.8.1.9-20

Aziz, S. (2012). Belajar Komputer Untuk Anak. Kuncikom.

Dewi, F. K. M., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Tingkat Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa: Studi Kasus Pada Siswa Smpn 2 Balaraja. Suska Journal Of Mathematics Education, 6(2), 145. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V6i2.9440

Dirman, & Juarsih, C. (2014). Penilaian Dan Evaluasi. Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar Dan Pembejalaran Modern. Garudhawaca.

Hartono. (2012). Paikem : Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (4th Ed.). Zanafa Publishing. Https://Opac.Perpusnas.Go.Id/Detailopac.Aspx?Id=944024#

Ihsan, Jaliil, A., Dewi, Y. I., & Wahyuni, S. (2016). Mekanisme Koping Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Yang Ikut Dan Yang Tidak Ikut Organisasi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(1), 58–70.

Misbach, M. (2010). Pengertian Media Puzzle Menurut Patmonodewo (Misbach). Academia.

Mukholil. (2018). Kecemasan Dalam Proses Belajar. Jurnal Eksponen, 8(1).

Munajah, R. (2020). Penerapan Media Belajar Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Penggolongan Makhluk Hidup Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri Mandalasari 2 Pandeglang . Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 45–46.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (4th Ed.). Salemba Medika.

Pangestutik, D. (2018). Perbedaan Strategi Koping Terhadap Stessor Menghadapi Ujian Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Intan Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pinilih, H. S. (2020). Analisis Keaktifan Siswa Kelas V Sdn Banjarjo Ditinjau Dari Kecemasan Diri.

Rambe, A. H., & Harahap, N. D. (2021). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Karakteristik Hidup Hewan Di Kelas Iv Sdn 106814 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. Sej (School Education Journal, 11(3), 289–294.

Rizana, D. P. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Sd Melalui Pengelolaan Pembelajaran Problem Based Learning . Manajer Pendidikan, 11(2), 193–198.

Robbins, S. P. (2003). Organizational Behavior 10th Edition. In Organizational Behavior 10th Edition. (10th Ed.). Prentice Hall.

Sarasati, B., & Nurvia, O. (2021). Emosi Dalam Tulisan. Jurnal Psibernetika, 14(1), 40–48.

Sofyandi, D. (2016, December 18). Sejarah Puzzle Dan Perkembangannya. Kayu Seru.

Sumanto. (2014). Psikologi Umum. Caps.

Uwa Online. (2019). The Science Of Emotion: Exploring The Basics Of Emotional Psychology. Uwa Online.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i2.16943

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License