Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) terhadap Kemampuan Mengenal Penanganan Cedera Metode Rice pada Siswa Sekolah Dasar

Amanda Junikha Sintia Putri, Muhamad Nur Rahmad, Setiyawan Setiyawan

Sari


ABSTRACT

 

Injuries have significant impacts on the global burden of disease, especially among children. Injuries related to play and sports are among the most common causes of injuries to children worldwide. Home and school environments are primary locations where such injuries frequently occur in children. Education aimed at enhancing students’ understanding of conditions that may endanger their health is crucial. One of the first aid methods for minor injuries that can be taught to elementary school students is the RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation) method. This method effectively addresses pain and swelling from sprains, bruises, contusions, and strains. Implementing an engaging and enjoyable health education model is necessary for effectiveness with children. The SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) learning model is one approach that can be implemented. This model combines physical movement, cognitive activities, and the use of all senses, that significantly impacts learning outcomes. The purpose of this research is to determine the effect of implementing the SAVI Learning Model on elementary school students' ability to recognize injury management using the RICE method. This research employed a quantitative method with a pre-experimental one-group pretest-posttest design without a control group. The samples were selected through probability sampling using a simple random sampling technique, totaling 48 respondents. Data were analyzed using the Wilcoxon signed rank test, with results showing a p-value of 0.000 (< 0.05). Based on this finding, it was concluded that implementing the SAVI learning model significantly improved elementary school students’ ability to recognize injury management using the RICE method.

 

Keywords: Injury, SAVI Learning Model, RICE Method, Elementary School

 

 

ABSTRAK

 

Cedera memberikan dampak signifikan terhadap beban penyakit global, khususnya pada anak-anak. Cedera yang terjadi akibat permainan dan olahraga merupakan salah satu penyebab cedera yang paling umum di kalangan anak-anak di seluruh dunia. Lingkungan rumah dan sekolah merupakan dua tempat teratas di mana cedera sering terjadi pada anak. Edukasi untuk meningkatkan pemahaman anak tentang kondisi yang dapat membahayakan kesehatan mereka penting dilakukan. Salah satu pertolongan pertama cedera ringan yang bisa diajarkan kepada anak sekolah dasar adalah metode RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation). Metode ini efektif dalam mengatasi rasa sakit dan pembengkakan akibat keseleo, memar, lebam, dan terkilir. Diperlukan model pendidikan kesehatan yang menarik dan menyenangkan agar lebih efektif bagi anak-anak. Model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) merupakan sebuah pendekatan yang bisa diimplementasikan. Model ini menyatukan gerakan fisik, aktivitas kognitif, dan pemanfaatan seluruh indera, yang berdampak besar pada hasil pembelajaran. Bertujuan untuk mengidentifikasi adanya pengaruh penerapan Model Pembelajaran SAVI terhadap kemampuan mengenal penanganan cedera menggunakan Metode RICE pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan yakni kuantitatif dengan rancangan pre-eksperimental one group pretest-posttest tanpa kelompok kontrol. Pemilihan sampel dilakukan melalui probability sampling dengan teknik simple random sampling, melibatkan 48 partisipan. Data diolah menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, dan menghasilkan p-value sebesar 0,000 (< 0,05). Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan mengenal penanganan cedera menggunakan metode RICE pada siswa sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Cedera, Model Pembelajaran SAVI, Metode RICE, Sekolah Dasar


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Al-Hajj, S., Nehme, R., Hatoum, F., Zheng, A., & Pike, I. (2020). Child school injury in Lebanon: A study to assess injury incidence, severity and risk factors. PLoS ONE, 15(6), 1–14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0233465

Amin, & Sumendap, L. Y. S. (2022). model pembelajaran kontemporer by Dr. Amin (S. Amalina (ed.)). Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi. https://books.google.co.id/books?id=rBtyEAAAQBAJ

Balitbangkes RI. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf. In Lembaga Penerbit Balitbangkes (p. hal 156).

Budiman & Riyanto. (2013). Kapita Selekta Kuisioner Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Chen, Y., Bunman, S., & Prakobsrikul, P. (2020). Management of Acute Sport Injuries. The Bangkok Medical Journal, 16(1), 88–94. https://doi.org/10.31524/bkkmedj.2020.13.001

Fauzi, M. T. F. M. T. (2023). Tingkat Pemahaman Penanganan Cedera Akut Dengan Metode Rice (Rest, Ice, Compression, Elevation) Pada Pemain Bola Voli Gundengan Voli Club (GVC). Journal Active of Sports, 3(1), 1–10.

Gita, E. G. A., Dian, T. A., & Nawang, G. (2020). Knowledge Levels Of Rest, Ice, Compression, Elevation Method With The Implementation Of Injury Handling In Sport Student Activity Units. Journal Widya Medika Junior, 2(1), 38–46. https://doi.org/10.33508/jwmj.v2i1.2334

Habibiyah, Z. (2021). Model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan berfikir siswa Kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Ihsan Blambangan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=SMI0EAAAQBAJ

Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.

Jackson, J. (2016). Myths of Active Learning: Edgar Dale and the Cone of Experience. HAPS Educator, 20(2), 51–53. https://doi.org/10.21692/haps.2016.007

Kartono, K. (2011). Kamus lengkap psikologi / J.P. Chaplin, Penerjemah: Dr.Kartini Kartono (ed. 1, cet). Rajawali Pers.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Muscari. (2015). Buku Keperawatan Pediatrik. Alih bahasa Alfrina. Jakarta : EGC.

Mustafa, P. S. (2022). Buku Ajar Pertolongan Pertama Dan Pencegahan Perawatan Cedera Olahraga. Insight Mediatama. https://repository.uinmataram.ac.id/2197/1/Pertolongan Pertama Dan Pencegahan Perawatan Cedera Olahraga - Pinton.pdf

Mustikasari, D. I., & Darotin, R. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Pendekatan Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama Luka Bakar Di Sdn Curah Takir 06.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1235

National Center for Health Statistics. (2023). Injury. https://www.cdc.gov/nchs/hus/sources-definitions/injury.htm#print

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni.

Nugroho, I. P. (2017). Tingkat Pengetahuan Pemain Di Ukm Futsal Uny Tentang Penanganan Dini Cedera Dengan Metode. Https://Journal.Student.Uny.Ac.Id/, 1–6.

Nurwijayanti, S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Rice Pada Sprain Terhadap Pengetahuan Masyarakat Dukuh Morodipan Gonilan Kartasura Sukoharjo.

Oktavian, M., & Roepajadi, J. (2021). Tingkat Pemahaman Penanganan Cedera Akut Dengan Metode R.I.C.E Pada Pemain Futsal Yanitra FC Sidoarjo Usia 16-23 Tahun. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 55–65. https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p55-65

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta, 133.

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Silalahi, A. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia Di Kelas V Sd Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(3), 8–17.

Simatupang, N. (2016). Pengetahuan Cedera Olahraga Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahrgaan Unimed. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 02(01), 31–34.

Sudijandoko, A. (2000). Perawatan dan Pencegahan cedera. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Sumawardani, W., & Faif Pasani, C. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 82–89. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.576

Suparyanto. (2020). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. United Tractors Tbk Cabang Medan. Suparyanto, 5(3), 248–253.

Triprastyo, A. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Dengan Pendekatan Savi Terhadap Kemampuan Bantuan Hidup Dasar Pada Nelayan Di Kabupaten Jember [Universitas Negeri Jember]. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84789

Wijayama, B. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA bervisi sets dengan pendekatan savi. Qahar Publisher.

Zein, M. I. (2016). Pencegahan dan perawatan cedera. Yogyakarta. Fik Uny.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i2.17070

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License