Pengaruh Edukasi Menggunakan Media Lembar Balik terhadap Pengetahuan Pasien TB di Puskesmas Kedaton Bandar Lampung
Sari
ABSTRACT
Tuberculosis is still one of the leading causes of morbidity and mortality in the world. Indonesia is ranked second in the world as the largest contributor of TB patients after India. The survey results showed that 60% of people said that they did not know the treatment program related to their TB disease. TB prevention efforts are carried out by increasing correct and comprehensive knowledge about prevention of transmission, treatment, and clean and healthy lifestyles (PHBS) so that changes in attitudes and behavior of TB program targets occur through health education efforts, one of which uses a flipchart as media. The purpose of this study was to determine the effect of education using flipchart media on the knowledge of TB patients at the Kedaton Health Center, Bandar Lampung, in 2024. This study is a quantitative study that uses the pre-experiment method with a one-group pre-post-test research design. The intervention is in the form of providing education using the flipchart media. The sample in the study were lung TB patients who performed health checks at the Kedaton Bandar Lampung Health Center, as many as 26 people using the purposive sampling technique. The research instrument was a pre-post test questionnaire with data analysis using the T-Dependent test. The results of the analysis showed that after education, poor knowledge was obtained (38.5%) and good knowledge was (61.5%). The results of this study indicate that there is an effect of education using a flipchart with the level of knowledge (p = 0.00) in TB patients at the Kedaton health center. We recommend that the flipchart media can be used as a tool in health education about tuberculosis (TB) disease, and health care workers should evaluate before and after providing health education so that it can be seen how many percent increase in knowledge of TB patients after being given health education.
Keywords: Flipchart, Knowledge, Tuberculosis, TB
ABSTRAK
Tuberkulosis masih merupakan salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian di dunia. Indonesia berada diperingkat kedua dunia sebagai penyumbang penderita TB terbanyak setelah India. Hasil survey didapatkan sebanyak 60% orang mengatakan bahwa mereka belum mengetahui program pengobatan terkait penyakit TB yang dideritanya. Upaya penanggulangan TB dilakukan dengan cara meningkatkan pengetahuan yang benar dan komprehensif mengenai pencegahan penularan, pengobatan, pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga terjadi perubahan sikap dan perilaku sasaran program TB melalui upaya edukasi kesehatan yang salah satunya menggunakan media lembar balik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media lembar balik terhadap pengetahuan pasien TB di Puskesmas Kedaton Bandar Lampung Tahun 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Pre experiment dengan desain rancangan penelitian one group pre-post test. Intervensi berupa pemberian edukasi menggunakan media lembar balik. Sampel dalam penelitian adalah pasien TB Paru yang melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Kedaton Bandar Lampung, sebanyak 26 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner pre-post test dengan analisis data menggunakan uji T-Dependent. Hasil analisis menunjukkan setelah edukasi didapatkan pengetahuan kurang baik sebesar (38.5%) dan yang berpengetahuan baik sebesar (61.5%). Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh edukasi menggunakan lembar balik dengan tingkat pengetahuan (p=0,00) pada pasien TB di puskesmas kedaton. Sebaiknya media lembar balik dapat dijadikan alat dalam edukasi kesehatan tentang penyakit tuberculosis (TB) dan tenaga pelayanan kesehatan sebaiknya melakukan evaluasi sebelum dan sesudah pemberian edukasi kesehatan agar dapat dilihat berapa persen peningkatan pengetahuan pasien TB setelah diberikan edukasi kesehatan.
Kata Kunci: Lembar Balik, Pengetahuan, Tuberculosis, TB
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi VIII. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Brunner & Suddarth. (2016). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC
Cangara, Hafied. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Kedua. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Dinkes Kota Bandar Lampung. (2023). Profil Kesehatan Kota Bandar Lampung 2022. Bandar Lampung
Dinkes Provinsi Lampung. (2023). Profil Kesehatan Provinsi Lampung tahun 2022. Bandar Lampung
Djojodibroto, Darmanto. (2014). Respirologi. Jakarta : EGC.
Fitriyani, L., & Dwijayanti, F. (2023). Edukasi Teori Health Belief Model Pada Pasien Tuberkulosis Di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2586-2589.
Hasnidar dkk. (2020). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Yayasan Kita Menulis
Hastono, S.P. (2017). Analisa Data Kesehatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
Kemenkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 67 Tahun 2016 tentang Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta.
Kemenkes RI. (2023). Profil Kesehatan Indonesia tahun 2022. Jakarta
Latif, A. I., & Tiala, N. H. (2021). Efektivitas Video Edukasi Melalui Whatsapp Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Pencegahan Penularan Pasien Tuberkulosis Paru. Jurnal Kesehatan, 14(2), 111-115.
Notoatmodjo. (2017). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta
Notoatmodjo S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan Cetakan IV. Jakarta. Rineka Cipta.
Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Prkatis. Jakarta. Salemba Medika
Pakpahan Martina dkk. (2021). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Yayasan Kita Menulis
Smeltzer, S.C & Bare, B.G., (2016). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner dan Suddarth. 8 ed. Jakarta : EGC
Syahidatunnisa, U. S., Par'i, H. M., Suprihartono, F. A., Fauziyah, R. N., & Amanah, N. R. (2019). penyuluhan menggunakan media lembar balik terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita mengenai Kadarzi. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(1), 58-64.
Werdhani, Asti Retno. (2014). Patofisiologi, Diagnosis, dan Klasifikasi Tuberkulosis. Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas, Okupasi, dan Keluarga. Universitas Indonesia. Jakarta.
WHO. (2023). Global Tuberculosis Report. Geneva.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i2.17858
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License