Video Animasi tentang Pencegahan HIV/AIDS Mampu Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Remaja
Sari
ABSTRACT
Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) is a disease that attacks the body's immune system. HIV disease continues to develop and is still a household chore both in the world and in Indonesia. The development of adolescents who feel curious and try new things makes adolescents feel happy and free to the point of being out of control and encourages them to commit deviant actions such as smoking, drinking alcoholic beverages, unhealthy dating styles to free sex so that they are at risk of contracting HIV/AIDS infectious diseases. The number of HIV/AIDS sufferers in adolescence continues to increase, therefore special nursing interventions are needed in the aggregate of school-age children, a form of promotive and preventive efforts, one of which is health education through animated videos. It is known that the influence of animated videos on HIV/AIDS prevention on adolescents' knowledge and attitudes. The Pre-Experimental research method with the One Group Pretest Posttest design design was carried out for two sessions for three days at SMP Negeri 2 Palembang with a sample of 90 respondents obtained using the purposive sampling technique. There was a difference in the median value of knowledge and attitude before and after the intervention was given through an animated video with the results of the statistical test, namely the wilcoxon test, which obtained a p-value of 0.001. There is a significant influence on the improvement of adolescent knowledge and attitudes in educational interventions through animated videos on HIV/AIDS prevention
Keywords: HIV/AIDS, Knowledge, Adolescents, Attitudes, Animated Videos
ABSTRAK
Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh. Penyakit HIV ini terus berkembang dan masih menjadi pekerjaan rumah baik di dunia maupun di Indonesia. Perkembangan remaja yang merasa penasaran dan mencoba hal-hal baru membuat remaja merasa senang dan bebas sampai diluar kontrol dan mendorong mereka melakukan tindakan yang menyimpang seperti merokok, minum-minuman beralkohol, gaya berpacaran tidak sehat hingga seks bebas sehingga remaja berisiko terkena penyakit menular HIV/AIDS. Penderita HIV/AIDS pada usia remaja terus bertambah oleh karena itu diperlukan intervensi keperawatan khusus pada agregat anak usia sekolah bentuk upaya promotif dan preventif salah satunya pendidikan kesehatan melalui video animasi. Diketahui pengaruh video animasi tentang pencegahan HIV/AIDS terhadap pengetahuan dan sikap remaja. Metode penelitian Pra Eksperimental dengan desain One Group Pretest Posttest design yang dilaksanakan selama dua sesi selama tiga hari di SMP Negeri 2 Palembang dengan sampel yang berjumlah 90 responden yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Ada perbedaan nilai median pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan intervensi melalui video animasi dengan hasil uji statistik yaitu wilcoxon test didapatkan nilai p-value 0,001. Adanya pengaruh signifikan pada peningkatan pengetahuan dan sikap remaja dalam intervensi edukasi melalui video animasi terhadap pencegahan HIV/AIDS.
Kata Kunci: HIV/AIDS, Pengetahuan, Remaja, Sikap, Video Animasi
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Anggraini, D. T., Triana, N. Y., & Wirakhmi, I. Netra. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hiv/Aids Di Smp Negeri 1 Bojongsari. Jurnal Inovasi Penelitian (Jip), 3(7), 7083–7090.
Anggraini, K., Lubis, R., & Azzahroh, P. (2022). Pengaruh Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Awal Tentang Kesehatan Reproduksi. Menara Medika, 5(1), 109–120. Https://Doi.Org/10.31869/Mm.V5i1.3511
Bossonario, P. A., Ferreira, M. R. L., Andrade, R. L. De P., De Sousa, K. D. L., Bonfim, R. O., Saita, N. M., & Monroe, A. A. (2022). Risk Factors For Hiv Infection Among Adolescents And The Youth. Revista Latino-Americana De Enfermagem, 30(Special Issue). Https://Doi.Org/10.1590/1518-8345.6264.3696
Bps. (2023). Badan Pusat Statistik: Jumlah Kasus Hiv Dan Aids.
Darmawan, T. C., Mahayaty, Li., & Nirmala, R. (2022). Pengetahuan Tentang Penularan Hiv Terhadap Perilaku Aktivitas Seksual Penderita Hiv. Journals Of Ners Community, 13(November), 516–523.
Dinkes Provinsi Sumsel. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. In Profil Kesehatan Provinsi Sumsel 2021.
Feratama, R., & Nugraheny, E. (2021). Pemanfaatan Penyuluhan Dengan Media Audiovisual, Untuk Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Infeksi Menular Seksual. Jurnal Ilmu Kebidananan, 7(2), 19–24. Https://Doi.Org/Https://10.48092/Jik.V7i2.134 Abstrak
Induniasi, & Ratna, W. (2021). Promosi Kesehatan Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan (1st Ed.). Pustaka Baru Pres.
Infodatin. (2020). Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Vol. 48, Issue 1). Https://Doi.Org/Https://Www.Kemkes.Go.Id/Folder/Vie%0aw/01/Structure-Publikasi-Pusdatin-Info.
Kemenkes Ri. (2022). Distribusi Odhiv Yang Di Tes Per Provinsi Dapat Dilihat Pada Grafik. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 1–23.
Kementerian Kesehatan Ri. (2020). Pedoman Manajemen Program Pencegahan Penularan Hiv Dan Sifilis Dari Ibu Ke Anak.
Limavin, N. P., Putri, W. C. W. S., & Sari, K. A. K. (2020). Gambaran Dampak Psikologis, Sosial Dan Ekonomi Pada Odha. Intisari Sains Medis, 11(1), 81–91. Https://Doi.Org/10.15562/Ism.V11i1.208
Milah, A. S. (2022). Pendididkan Kesehatan Dan Promosi Kesehatan Keperawatan (M. Falah (Ed.); 1st Ed.). Edu Publisher.
Munawarah. (2021). Pengaruh Gender Terhadap Faktor Psikologis Belajar Siswa. Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bone, 14(2), 58–66.
Nurdianti, R., Rahmawati, A., & Nuryani, W. D. (2023a). Efektivitas Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Hiv/Aids. Mahesa : Malahayati Health Student Journal, 3(9), 2691–2702. Https://Doi.Org/10.33024/Mahesa.V3i9.10910
Nurdianti, R., Rahmawati, A., & Nuryani, W. D. (2023b). Efektivitas Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Hiv/Aids. Mahesa : Malahayati Health Student Journal, 3, 2691–2702.
Pradana, A. A., Pramitaningrum, I. K., Aslam, M., & Anindita, R. (2021). Epidemiologi Penyakit Menular (Y. Sari (Ed.); 1st Ed.). Pt Rajagrafindo Persada.
Pratomo, H., Sekarrini, L., Siregar, K. N., Hanifah, L., & Kusumayati, A. (2022). Kesehatan Reproduksi Remaja (I. Jemadi (Ed.); 1st Ed.). Pt. Rajawali Pers.
Rahman, A., Jannah, N., & Ayatullah. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hiv-Aids. Jurnal Ilmiah Stikes Citra Delima Bangka Belitung, 6(2), 384–391. Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V11i2.786
Richard, A. K., Roland, Y. K., Christian, Y. K., Cécile, K. K. A., Michel, A. J., Lacina, C., & Vincent, A. K. (2020). Knowledge, Attitudes, And Practices Of Hiv-Positive Adolescents Related To Hiv/Aids Prevention In Abidjan (Côte D’ivoire). International Journal Of Pediatrics (United Kingdom), 2020, 6. Https://Doi.Org/10.1155/2020/8176501
Romliyadi. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Pencegahan Hiv/Aids. Indonesian Journal Of Health And Medical, 2(3), 407–415.
Rosyida, D. A. C. (2021). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita. Pt. Pustaka Baru.
Sabhita, D., Winarni, S., & Djuwadi, G. (2022). Pengaruh Edukasi Menggunakan Video Tentang Hiv/Aids Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Di Kecamatan Sananwetan. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(2), 139. Https://Doi.Org/10.31290/Jpk.V11i2.3253
Sumangkut, V. I., Raule, J. H., & Mandagi, C. K. F. (2020). Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit Hiv/Aids Di Smp Negeri 6 Manado. Kesmas, 9(4), 21–27.
Suprayitna, M., Fatmawati, B. R., & Ab, M. I. (2020). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hiv/Aids. Jurnal Ilmiah Stikes Yarsi Mataram (Jisym), 10(2), 17–22.
Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education (Jime), 8(3), 1917–1928. Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V9i1.3494/Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Jime Perkembangan
Tahir, M. Y., Hertiana, Nusdin, Wardani, H. R., Wijaya, I. K., Elmiyanti, N. K., Hidayat, W., Fitri, Y., Rochmayanti, & Hardiyanti, D. (2022). Mengenal Hiv-Aids (M. K. Ns. Muh. Zukri Malik (Ed.); Pertama). Rizmedia Pustaka Indonesia.
Unaids. (2023). United Nations Programme On Hiv/Aids (Unaids).
Who. (2023a). Epidemiological Fact Sheet (Hiv Statistics, Globally Adn Who Region 2023).
Who. (2023b). Hiv And Aids. Word Health Organization.
Zhang, L., Yu, H., Luo, H., Rong, W., Meng, X., Du, X., & Tan, X. (2022). Hiv/Aids-Related Knowledge And Attitudes Among Chinese College Students And Associated Factors: A Cross-Sectional Study. Frontiers In Public Health, 9(January), 1–9. Https://Doi.Org/10.3389/Fpubh.2021.804626
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i2.17999
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License