Pengaruh Pendidikan Profesional Berkelanjutan pada Pelatihan Asuhan Keperawatan Anak dalam Meningkatkan Pengetahuan Perawat Anak di Rumah Sakit Bunda Group
Sari
ABSTRACT
Continuous professional development through continuing education programs can significantly improve nurses' competencies in providing quality care. Nurses engaged in lifelong learning are better prepared to provide evidence-based care and incorporate the latest developments in their field. This study aimed to determine the effect of continuing nursing education through training on improving the knowledge of nurses involved in healthcare services for pediatric patients and families at RS Bunda Group Jakarta. The study used a one-group pre-post test design with statistical analysis of paired t-tests. The sample consisted of 30 nurses selected through purposive sampling. Data were collected using a structured questionnaire with twenty-five multiple-choice questions given before and after training. There was a significant difference in knowledge scores between the pre-test (M=53.67, SD=20.42) and post-test (M=98.00, SD=4.07), with t (29) =11.870 and p<0.001. Improvements occurred in all groups based on education level and career level. The continuing education program significantly improved pediatric nurses' knowledge, with an average increase of 44.33 points and better uniformity of knowledge after training.
Keywords: Continuing Education, Pediatric Nurses, Knowledge, Competencies
ABSTRAK
Pengembangan profesional berkelanjutan melalui program pendidikan berkelanjutan dapat secara signifikan meningkatkan kompetensi perawat dalam memberikan perawatan yang berkualitas. Perawat yang terlibat dalam pembelajaran seumur hidup lebih siap untuk memberikan perawatan berbasis bukti dan menerapkam perkembangan terbaru di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan profesional berkelanjutan melalui pelatihan terhadap peningkatan pengetahuan perawat yang terlibat dalam pelayanan kesehatan pada pasien anak dan keluarga di RS Bunda Group Jakarta. Penelitian menggunakan desain one group pre-post test dengan analisa statistik paired t-test. Sampel terdiri dari 30 perawat yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner terstruktur dengan dua puluh lima pertanyaan pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah pelatihan. Terdapat perbedaan signifikan pada skor pengetahuan antara pre-test (M=53,67, SD=20,42) dan post-test (M=98,00, SD=4,07), dengan t (29) =11,870 dan p < 0,001. Peningkatan terjadi pada semua kelompok berdasarkan tingkat pendidikan maupun jenjang karir. Program pendidikan profesional berkelanjutan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan perawat anak, dengan peningkatan rata-rata 44,33 poin dan keseragaman pengetahuan yang lebih baik setelah pelatihan.
Kata Kunci: Pendidikan Berkelanjutan, Perawat Anak, Pengetahuan, Kompetensi
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Ainiyah, N., Ahsan, A., & Fathoni, M. (2015). The Factors Associated With The Triage Implementation In Emergency Department. Jurnal Ners, 10(1), 147.
Adams, M H. (2015, May 1). Lifelong Learning And Academic Progression. Lippincott Williams & Wilkins, 36(3), 139-139. Https://Doi.Org/10.5480/1536-5026-36.3.139
Agustiningsih, S. P. N. (2017). Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia. In Istoria Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari (Vol. 1, Issue 1, P. 80). Https://Doi.Org/10.33087/Istoria.V1i1.6
Ananto, D. (2020). Pengaruh Motivasi Instrinsik, Pelatihan, Dan Kompensasi Finansial Terhadap Kinerja Individual Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 385-392.
Fatiyah, F., Hariyati, R. T. S., & Rusdiyansyah, R. (2022). Optimalisasi Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan Melalui Implementasi Diskusi Refleksi Kasus (Drk). Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 878-886.
Gopee, N. (2005, July 1). Facilitating The Implementation Of Lifelong Learning In Nursing. Mark Allen Group, 14(14), 761-767. Https://Doi.Org/10.12968/Bjon.2005.14.14.18553
Griffitts, L D. (2002, November 1). Geared To Achieve With Lifelong Learning. Lippincott Williams & Wilkins, 33(11), 22-25. Https://Doi.Org/10.1097/00006247-200211000-00013
Hamdani, R S., Yani, A., & Adzidin, Y. (2022, November 30). Pelatihan Bedside Handover Dan Conference Meningkatkan Pengetahuan, Kinerja Dan Kepuasan Kerja Perawat. , 5(2), 104-113. Https://Doi.Org/10.32584/Jkmk.V5i2.1537
Hariandja. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. . Jakarta: Gramedia Widiasarana
Hickey, P A., Gauvreau, K., Porter, C., & Connor, J A. (2018, June 15). The Impact Of Critical Care Nursing Certification On Pediatric Patient Outcomes*. Lippincott Williams & Wilkins, 19(8), 718-724. Https://Doi.Org/10.1097/Pcc.0000000000001609
Holdsworth, S., Hayes, J., Sandri, O., & Maslen, S. (2022, June 8). Developing Professional Expertise For Safety: A Learning Design Framework. Springer Science+Business Media, 24(3), 459-472. Https://Doi.Org/10.1007/S10111-022-00702-6
Kusmiati, M., Ramadani, F. N., Nadia, M., & Nursyam, R. (2022). Pendidikan Kesehatan: Bahaya Pergaulan Bebas Remaja. In Jurnal Pemberdayaan Dan Pendidikan Kesehatan (Jppk) (Vol. 2, Issue 1, P. 1). Https://Doi.Org/10.34305/Jppk.V2i01.441
Maslin‐Prothero, S. (1997, December 1). A Perspective On Lifelong Learning And Its Implications For Nurses. Elsevier Bv, 17(6), 431-436.
Masiyati, E., Handiyani, H., & Nurdiana, N. (2022). Pendidikan Berkelanjutan Nonformal Bagi Kepala Ruangan Di Rumah Sakit. In Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik (Vol. 16, Issue 2, P. 177). Https://Doi.Org/10.26630/Jkep.V16i2.3103
Nilasari, P., Saraswasta, I. W. G., Agustina, F. U., Ayu, V., Pratiwi, L. A., & Afriani, T. (2021). Upaya Pengembangan Sumber Daya Keperawatan Melalui Cpd (Continuing Professional Development). Jurnal Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan, 4(1), 58-71.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugraha, D. (2021). "Peningkatan Kompetensi Perawat Melalui Pengembangan Profesional Berkelanjutan." Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(3), 45-53.
Prasetyo, A. (2020). "Efektivitas Program P2kb Dalam Meningkatkan Kompetensi Klinis Perawat." Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 10(1), 27-35.
Price, S., & Reichert, C. (2017, May 31). The Importance Of Continuing Professional Development To Career Satisfaction And Patient Care: Meeting The Needs Of Novice To Mid- To Late-Career Nurses Throughout Their Career Span. Multidisciplinary Digital Publishing Institute, 7(2), 17-17. Https://Doi.Org/10.3390/Admsci7020017
Putra, R. A. (2021). Determinasi Kinerja Karyawan: Kompensasi, Motivasi, Dan Kepuasan Kerja (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 562-576.
Qalehsari, M Q., Khaghanizadeh, M., & Ebadi, A. (2017, October 9). Lifelong Learning Strategies In Nursing: A Systematic Review. Electronic Physician, 9(10), 5541-5550. Https://Doi.Org/10.19082/5541
Sperhac, A M., & Clinton, P. (2008, March 6). Doctorate Of Nursing Practice: Blueprint For Excellence. Elsevier Bv, 22(3), 146-151. Https://Doi.Org/10.1016/J.Pedhc.2007.12.015
Suryadi, I. (2022). "Evaluasi Program Pengembangan Profesional Berkelanjutan Pada Perawat Anak." Jurnal Keperawatan Anak, 5(2), 18-30.
Triyono, M. (2019). Implementasi Program P2kb Di Rumah Sakit. Jakarta: Bina Medika.
Wicaksono, R. (2020). "Pelatihan Berkelanjutan Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Klinis." Jurnal Pelayanan Kesehatan, 8(1), 32-40.
Wijaya, A. S., Haryanti, F., & Gamayanti, I. L. (2020). Implementasi Perawatan Berpusat Pada Keluarga Di Ruang Pediatric Intensive Care Unit. In Jurnal Media Kesehatan (Vol. 13, Issue 1, P. 46). Https://Doi.Org/10.33088/Jmk.V13i1.489
Zarankesh, S M., Jafari, P., Jamali, A., & Hosseini, M. (2019, December 1). Context Conditions Factors For Lifelong Learning In Nursing Education, 29(4), 357-369. Https://Doi.Org/10.29252/Iau.29.4.357
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i4.19288
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License