Efektivitas Modul Pembelajaran Mnemonic SAMBAS Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Dalam Melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Lalu Lintas

Debby Hatmalyakin, Uti Rusdian Hidayat, Ali Akbar, Fauzan Alfikrie, Defa Arisandi, Nurpratiwi Nurpratiwi, Mimi Amaludin

Sari


ABSTRACT

 

Traffic injuries are one of the leading causes of disability and death among children worldwide. This high mortality rate is caused by the low knowledge and skills of first aiders in providing first aid in accident cases. Therefore, a learning process is needed to improve knowledge and skills by using the SAMBAS mnemonic learning module media. Knowing the effectiveness of the mnemonic sambas learning module in improving knowledge and skills in performing first aid in traffic accidents. Quasy Experimental used one group pretest posttest. The sampling technique is non-probability sampling with a quota sampling method with a total of 30 respondents. Statistical analysis used the Wilcoxon test. Based on the results of the study, the p value = 0.000 indicates that there is a change in knowledge after being given the intervention and the p value = 0.000 also explains that there are changes in skills after being given the SAMBAS mnemonic learning module. The SAMBAS mnemonic learning module can improve knowledge and skills in performing first aid in traffic accident cases.

 

Keywords: Module, Mnemonic SAMBAS, Knowledge, Skills

 

 

ABSTRAK

 

Cedera lalu lintas menjadi salah satu penyebab utama kecacatan dan kematian anak-anak di dunia. Tingginya angka kematian ini disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan keterampilan penolong pertama dalam memberikan pertolongan pertama pada kasus kecelakaan. Oleh karena itu diperlukan proses pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan menggunakan media modul pembelajaran mnemonic SAMBAS.  Mengetahui efektivitas modul pembelajaran mnemonic sambas dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintasQuasy Experimental menggunakan one group pretest posttest. Adapun teknik sampling yaitu non probability sampling dengan metode kuota sampling dengan jumlah responden 30 orang. Analisis statistik menggunakan uji wilcoxon.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai p=0,000 yang menunjukkan terdapat perubahan pengetahuan setelah diberikan intervensi dan nilai p=0,000 juga menjelaskan bahwa terdapat perubahan keterampilan setelah diberikan modul pembelajaran mnemonic SAMBAS.  Modul pembelajaran mnemonic SAMBAS dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama pada kasus kecelakaan lalu lintas.

 

Kata Kunci: Modul, Mnemonic SAMBAS, Pengetahuan, Keterampilan


Kata Kunci


Modul, Mnemonic SAMBAS, Pengetahuan, Keterampilan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alamsyah, A., Sulasri, S., Hasinda, H., & Handayani, T. (2020). Familiarisasi Bantuan Hidup Dasar Bagi Orang Awam Di Desa Romangloe Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 3(1), 39–45.

Andrade, E. G., Hayes, J. M., & Punch, L. J. (2020). Stop The Bleed: The Impact Of Trauma First Aid Kits On Post-Training Confidence Among Community Members And Medical Professionals. The American Journal Of Surgery, 220(1), 245–248.

Cilović-Lagarija, Š., Skočibušić, S., Musa, S., & Jogunčić, A. (2022). Burden Of Road Traffic Injuries In Federation Of Bosnia And Herzegovina–Fifteen-Year Survey: Šeila Cilović Lagarija. European Journal Of Public Health, 32(Supplement_3), Ckac131-578.

Databoks. (2022). Angka Kecelakaan Lalu Lintas Di Indonesia Meningkat Di 2021, Tertinggi Dari Kecelakaan Motor.

Deme, D. (2019). Review On Factors Causes Road Traffic Accident In Africa. Journal Of Civil Engineering Research & Technology, 1(1), 1–8.

Elsi, M., & Rahmi, D. (2021). Studi Fenomenologi Penanganan Pertama Kecelakaan Lalulintas Oleh Masyarakat Di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(1), 39–45.

Fatmawati, B. R., Suprayitna, M., & Prihatin, K. (2019). Efektifitas Edukasi Basic Life Support Dengan Media Audiovisual Dan Praktik Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Jenjang D. Iii Stikes Yarsi Mataram Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(1), 6–12.

Hatmalyakin, D. (2015). Hubungan Motivasi Dalam Memilih Program Studi Keperawatan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Angkatan 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak. Proners, 3(1), 1–7.

Hatmalyakin, D. (2019). Pengaruh Terapi Mindfulness Meditation Dan Aromaterapi Terhadap Penurunan Kecemasan Perawat Pada Penanganan Kegawatdaruratan Kardiovaskular Di Rsud Dr. Soedarso Pontianak. Universitas Brawijaya.

Hatmalyakin, D., Akbar, A., Arisandi, D., Hidayat, U. R., Alfikrie, F., Nurpratiwi, N., Amaludin, M., & Priyatnanto, H. (2023). Edukasi Penolong Pertama Pada Kasus Trauma. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 242–251.

Hatmalyakin, D., Hidayat, U. R., Akbar, A., Alfikrie, F., Arisandi, D., Nurpratiwi, N., & Amaludin, M. (2024). Efektivitas Media Visual Leaflet Mnemonic Sambas Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Lalu Lintas. Malahayati Nursing Journal, 6(11), 4437–4445.

Hatmalyakin, D., Hidayat, U. R., Alfikrie, F., Nurpratiwi, N., Akbar, A., Amaludin, M., & Priyatnanto, H. (2023). Pembelajaran Dengan Mnemonic Sambas Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Kasus Trauma Bagi Masyarakat. Edukasi Jurnal Pendidikan, 21(1).

Hatmalyakin, D., Utami, Y. W., & Wihastuti, T. A. (2019). The Effect Of Mindfulness Meditation On Mental Illness Among Nurse In Icu And Iccu. Research Journal Of Life Science; Vol 6, No 1 (2019)Do - 10.21776/Ub.Rjls.2019.006.01.8 . Https://Rjls.Ub.Ac.Id/Index.Php/Rjls/Article/View/289

Hidayat, U. R., Alfikrie, F., Hatmalyakin, D., Akbar, A., Nupratiwi, N., & Amaludin, M. (2022). Efektifitas Pelatihan Pertolongan Pertama Henti Jantung Dengan Model Selamat Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Masyarakat Kota Pontianak. Malahayati Nursing Journal, 4(10), 2600–2610.

Hidayat, U. R., Hatmalyakin, D., Alfikrie, F., Akbar, A., & Amaludin, M. (2022). Pelatihan Pertolongan Pertama Berbasis Model Selamat Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Penanganan Henti Jantung Di Luar Rumah Sakit. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 10(2), 166–174.

Hizrian, E. F., Yulendasari, R., & Isnainy, U. C. A. S. (2022). Efektifitas Simulasi Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Motivasi Tentang Penanganan Kajadian Kecelakaan Lalu Lintas (Kkl) Pada Masyarakat Awam Di Desa Bumi Sari Kecamatan Natar. Mahesa: Malahayati Health Student Journal, 2(4), 743–760.

Irman, O., Wijayanti, A. R., & Rangga, Y. P. P. (2021). Pelatihan Kecerdasan Emosional Terhadap Self-Efficacy Mahasiswa Praktik Klinik Keperawatan Gawat Darurat. Jurnal Health Sains, 2(6), 829–837.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Laporan Provinsi Kalimantan Barat Riskesdas 2018. Laporan Riskesdas Nasional 2018, 493.

Lestari, F., Lina, L. F., Puspaningtyas, N. D., & Pratama, I. C. (2022). Peningkatan Pengetahuan Patuh Berlalu Lintas Dan Berkendara Aman Pada Siswa Sma 1 Natar. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service (Jsstcs), 3(2), 249–253.

Lestari, S., Muslihin, H. Y., & Elan, E. (2020). Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 337–345.

Ludvigsson, J. F., Stiris, T., Del Torso, S., Mercier, J.-C., Valiulis, A., & Hadjipanayis, A. (2017). European Academy Of Paediatrics Statement: Vision Zero For Child Deaths In Traffic Accidents. European Journal Of Pediatrics, 176(2), 291–292.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.

Notoatmodjo, S. (2017). Konsep Pengetahuan, Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta, Egc.

Panchal, A. R., Bartos, J. A., Cabañas, J. G., Donnino, M. W., Drennan, I. R., Hirsch, K. G., Kudenchuk, P. J., Kurz, M. C., Lavonas, E. J., Morley, P. T., O’neil, B. J., Peberdy, M. A., Rittenberger, J. C., Rodriguez, A. J., Sawyer, K. N., & Berg, K. M. (2020). Part 3: Adult Basic And Advanced Life Support: 2020 American Heart Association Guidelines For Cardiopulmonary Resuscitation And Emergency Cardiovascular Care. In Circulation (Vol. 142, Issue 16 2). Https://Doi.Org/10.1161/Cir.0000000000000916

Razzak, J. A., Bhatti, J., Wright, K., Nyirenda, M., Tahir, M. R., & Hyder, A. A. (2022). Improvement In Trauma Care For Road Traffic Injuries: An Assessment Of The Effect On Mortality In Low-Income And Middle-Income Countries. The Lancet.

Sesrianty, V. (2018). Hubungan Pendidikan Dan Masa Kerja Dengan Keterampilan Perawat Melakukan Tindakan Bantuan Hidup Dasar. Jurnal Kesehatan Perintis, 5(2), 139–144.

Sinaga, W., & Sufiani, A. (2024). Edukasi Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Terhadap Siswa Smk Al-Hidayah Lestari Jakarta Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ipmas, 4(3), 232–242.

Suastrawan, P. G. P., Saputra, I. K., & Yanti, N. P. (2021). Hubungan Pengetahuan Pertolongan Pertama Dengan Motivasi Menolong Korban Kecelakaan Lalu Lintas Pada Masyarakat Di Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Bali. Coping: Community Of Publishing In Nursing, 9(2), 236–242.

Sumadi, P., Laksmi, I. A. A., Putra, P. W. K., & Suprapta, M. A. (2020). Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur Pada Anggota Pmr Di Smp Negeri 2 Kuta Utara. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 19–23.

Wardani, E. K., Upoyo, A. S., & Alivian, G. N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Mandiri Audiovisual Dan Booklet Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Perawat Di Rsud Wonosari. Journal Of Bionursing, 2(3), 183–189.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i4.19430

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License