Hubungan Minat Ibu dengan Edukasi Stimulasi Tumbuh Kembang Pada Bayi di Klinik Bidan Wanti Medan
Sari
ABSTRACT
This study aims to analyze the relationship between mothers' interest and early childhood stimulation education for infants at Bidan Wanti Clinic in Medan. The background of this research is related to the low participation of mothers in providing stimulation for child development, despite receiving related education. This study uses an analytical quantitative research design with a cross-sectional approach. The sample used in this study consisted of 30 mothers with infants aged 0-24 months, selected using purposive sampling technique. Data was collected through a questionnaire measuring the mothers' interest in child development stimulation and the level of education they received. Data analysis was performed using Pearson's correlation test to determine the relationship between the two variables. The results showed a significant relationship between mothers' interest and stimulation education (p-value = 0.004), where mothers with higher interest were more likely to actively engage in receiving the education. These findings highlight the importance of increasing mothers' interest in early childhood stimulation education to optimize infant development. This study is expected to serve as a reference for improving the quality of early childhood stimulation education programs in the future.
Keywords: Maternal Interest, Stimulation Education, Infant Development.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara minat ibu dengan edukasi stimulasi tumbuh kembang pada bayi di Klinik Bidan Wanti Medan. Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan rendahnya partisipasi ibu dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang meskipun telah menerima edukasi terkait. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 ibu yang memiliki bayi usia 0-24 bulan, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur minat ibu terhadap stimulasi tumbuh kembang dan tingkat edukasi yang diterima ibu. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara minat ibu dengan edukasi stimulasi tumbuh kembang (p-value = 0,004), di mana ibu dengan minat tinggi cenderung lebih aktif menerima edukasi tersebut. Temuan ini menunjukkan pentingnya meningkatkan minat ibu dalam edukasi stimulasi tumbuh kembang agar dapat memaksimalkan perkembangan bayi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi peningkatan kualitas program edukasi stimulasi tumbuh kembang di masa mendatang.
Kata Kunci: Minat Ibu, Edukasi Stimulasi, Tumbuh Kembang Bayi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Aida, D. N., & Mansur, H. (2019). Kemampuan Ibu dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan pada Bayi Usia 0-2 Tahun Dengan Media Flashcard. Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang, 1.
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. (2023). Laporan Kesehatan Anak dan Ibu di Provinsi Sumatera Utara. Medan: Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.
Diniyah, M. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini dan Peran Orang Tua. Jakarta: Penerbit Pendidikan Anak.
Ghozali. (2023). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro Press.
Hakim, R. (2023). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat, A. (2021). Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Laporan Tahunan Kesehatan Ibu dan Anak Tahun 2022. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Maulida, E. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Menkes, R.I. (2019). Pedoman Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Nurjanah, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Stimulasi Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 150-160.
Prasetyo, D. (2021). Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.Suryani, T. (2023). Parenting dan Perkembangan Anak. Surabaya: Universitas Airlangga Press.
Rahmawati, D., & Nasution, A. (2022). Pengaruh Edukasi Kesehatan terhadap Minat Ibu dalam Stimulasi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Kesehatan, 30(3), 225-233.
Santrock. (2020). Children. NY: McGraw-Hill Education.
Sarwono. (2021). Statistik dan Analisis Data untuk Penelitian Sosial. Jakarta: Salemba Empat.
Setiawan, B. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak. Jurnal Psikologi, 18(1), 55-65.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto. (2021). Minat Ibu dalam Pemantauan Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak, 45(2), 101-110.
WHO. (2020). Early childhood development. World Health Organization. Retrieved from https://www.who.int
Wibowo, A. (2022). Peran Lingkungan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 15(3), 200-215.
Widodo, H. (2020). Evaluasi Program Stimulasi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 5(1), 88-98.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i6.19973
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License