Pengaruh Pelayanan Keperawatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Paviliun Rumah Sakit Advent Bandung
Sari
ABSTRACT
Health services are a very important part for various community backgrounds. People who prioritize health will seek health services from various service providers such as hospitals, clinics, doctors, nurses, and midwives. The purpose of this study was to determine the Effect of Nursing Services on the Level of Patient Satisfaction in the Inpatient Room of the Advent Hospital Pavilion in Bandung. The research design used in this study is a descriptive quantitative research method that is associative, Analysis using the t test was carried out using SPSS version 22. The test results showed an F count value of 7.366, with a significance value of 0.000. The F table of this study is 2.76. The F test and t test show that nursing services: tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy simultaneously and individually affect patient satisfaction.
Keywords: Nursing Services, Patient Satisfaction, Nursing Services.
ABSTRAK
Pelayanan kesehatan merupakan bagian yang sangat penting bagi berbagai latar belakang masyarakat. Masyarakat yang memprioritaskan kesehatan akan mencari pelayanan kesehatan dari berbagai penyedia layanan seperti rumah sakit, klinik, dokter, perawat, dan bidan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Pelayanan Keperawatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Paviliun Rumah Sakit Advent Bandung. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif yang bersifat asosiatif, Analisis menggunakan uji t dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil uji menunjukkan nilai Fhitung sebesar 7.366, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Ftabel penelitian ini adalah sebesar 2.76. Uji F dan uji t menunjukkan bahwa pelayanan keperawatan: tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy secara simultan dan secara sendiri-sendiri berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
Kata Kunci: Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Afrioza, S., & Baidillah, I. (2021). Hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sepatan. Journal of Nursing Practice and Education, 1(2), 169-180.
Agustina, D., Zahara, A., Septiani, S., & Syahri, M. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Dan Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1553-2558.
Budiono, B. (2016). Konsep dasar keperawatan.
Dohona, N. N., Kadang, Y., Sintong, H. H., & Tumewu, Y. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Banggai Laut. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 6164-6174.
Faluzi, A., Machmud, R., & Arif, Y. (2018). Analisis Penerapan Upaya Pencapaian Standar Sasaran Keselamatan Pasien Bagi Profesional Pemberi Asuhan Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan di Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 7, 34-43.
Firmana, D., & Anina, H. N. (2024). Perawatan paliatif pada pasien kanker. Penerbit Salemba.
Gannika, L., & Buanasasi, A. (2019). Hubungan gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan kinerja perawat di ruang rawat inap rumah sakit GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal keperawatan, 7(1), 1-8.
Handayany, G. N. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Pasien. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Istiono, W., Sutomo, A. H., Izhar, M. D., & Welembuntu, M. (2024). Strategi Penerapan Patient Centered Care pada Pelayanan Kesehatan Primer. UGM PRESS.
Kismanto, J., & Murtopo, A. S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Karanganyar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 106-116.
Lestari, R., Windarwati, H. D., & Hidayah, R. (2023). The power of digital resilience: Transformasi berpikir kritis dan penguatan kesehatan mental emosional di era disrupsi. Universitas Brawijaya Press.
Musdalifa, M. (2022). Gambaran Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Rawat Inap di BLUD RSUD Haji Padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Tahun 2022 (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Nurfadila, N. (2023). Hubungan Antara Persepsi Kualitas Layanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan RSUD Labuang Baji Tahun 2022 (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Saragih, Z. A., & Aini, N. (2024). Analisis Faktor Kepuasan Pasien Memengaruhi Minat Kunjungan Ulang Di Ruang Rawat Inap Di RSUD Engku Haji Daud Provinsi Kepulauan Riau: Keistimewaan, Kesesuaian, Keajegan, Estetika, Kunjungan Ulang. Jurnal Kesehatan dan Fisioterapi (KeFis), 4(4), 11-19.
Setiawan, B. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruangan IGD Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Setiawan, B. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruangan IGD Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Silalahi, J. Y. (2019). Analisis Mutu Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di Rumah Sakit Advent Medan Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Institut Kesehatan Helvetia Medan).
Sumenge, D., Masrawati, W. O., Makaminan, M. A., & Makalew, L. A. (2020, December). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Laboratorium RSUD Kabupaten Sorong. In PROSIDING Seminar Nasional Tahun 2020 ISBN: 978-623-93457-1-6 (pp. 53-59).
Sutarih, A. (2018). SInkronisasi Pengaturan Pelimpahan Wewenang Tindakan Medis Kepada Perawat Untuk Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. HERMENEUTIKA: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1).
Syahbana, A., Wahyuni, D., & Zulkarnain, E. (2019). Peran perawat dalam melakukan pengkajian kebutuhan pasien berdasarkan aspek biologis, psikologis, sosiologis, spiritual di Ruang Rawat Inap. Professional Health Journal, 1(1), 21-27.
Wulandari, L. P. (2024). Tingkat kepuasan pasien rawat jalan penyakit tuberkulosis terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Yunus, M., Kesuma, T. M., Diah, M., Yusuf, F., Abubakar, A., Rizal, S., ... & Zikran, G. (2023). Hospitality Hospital Management. Syiah Kuala University Press.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i5.20039
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License