Hubungan Screen Time dengan Pola Tidur Pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Budi Karya Surakarta

Siti Nur Solikah, Pris Priyatno

Sari


ABSTRACT

 

The Covid-19 pandemic has impacted the entire world since early 2020, leading to significant changes across various sectors, including education. As a result, all learning activities at every educational level have been conducted online. The Covid-19 pandemic has also changed the habits of children and adults in Indonesia. Children's habits of playing freely with their friends have become more limited because they are confined to the house (social restrictions). Children tend to be actively engaged with gadgets for various activities, including online learning, playing games, and interacting with friends through social media, often without time restrictions each day. The impact of excessive screen time in children causes several problems, one of which is sleep disorders in children. The purpose of this study was to determine the relationship between screen time and sleep patterns in preschool children at Budi Karya Surakarta Kindergarten. This type of research is quantitative research with a descriptive correlative design type with a cross-sectional approach with a sample size of 45 respondents. Sample selection used total sampling, with data analysis using the Chi-Square Test. The results showed that most respondents were in the High Screen Time (HST) category as much as 55% and there were sleep pattern disorders as much as 45%. The results of the study showed that there was a relationship between screen time and sleep patterns in preschool children at Budi Karya Surakarta Kindergarten with a value of (p = 0.000).

 

Keywords: Screen Time, Sleep Patterns, Preschool

 

 

ABSTRAK

 

Seluruh dunia mengalami pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan dimana semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara online pada semua tingkat pendidikan. Pandemi Covid-19 juga telah merubah kebiasaan kehidupan anak -anak dan orang dewasa di Indonesia.  Kebiasaan anak bermain bebas dengan temannya menjadi lebih terbatas karena terkurung di dalam rumah (pembatasan sosial). Anak cenderung aktif dengan aktivitas kegiatan yang ada di dalam gadget seperti pembelajaran online, bermain game, interaksi dengan teman melalui media sosial tanpa batasan waktu setiap hari. Dampak screen time anak yang berlebihan ini menyebabkan beberapa masalah salah satu diantaranya adalah terjadinya gangguan tidur pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan screen time dan pola tidur pada anak usia prasekolah di TK Budi Karya Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 45 responden. Pemilihan sampel menggunakan total sampling, dengan analisa data menggunakan Uji Chi - Square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden dalam kategori High Screen Time (HST) sebanyak 55% dan terjadi gangguan pola tidur sebanyak 45%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan screen time dengan pola tidur pada anak usia prasekolah di TK Budi Karya Surakarta dengan nilai (p = 0.000). 

 

Kata Kunci: Screen Tim, Pola Tidur, Pra Sekolah


Kata Kunci


Screen tim, pola tidur, pra sekolah

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adjie, E. K. K., Angtoni, M., Destra, E., Satyanegara, W. G., & Kurniawan, J. (2023). Korelasi Durasi Screen Time Dengan Gangguan Tidur Anak Usia 6-12 Tahun. Mahesa : Malahayati Health Student Journal, 3(7), 1987–1995. Https://Doi.Org/10.33024/Mahesa.V3i7.10653

Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa Sdn Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64-68.Https://Doi.Org/10.33746/Fhj.V6i2.68

Angtoni, M., & Adjie, E. K. K. (2022). Hubungan Durasi Screen Time Dengan Gangguan Tidur Anak Usia 6-12 Tahun Di Sdk Mater Dei Selama Pandemi Covid-19. Jurnal …, 4(June), 4439–4446. Http://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jpdk/Article/View/6170%0ahttp://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jpdk/Article/Download/6170/4605

Anitha, F. S., Narasimhan, U., Janakiraman, A., Janakarajan, N., & Tamilselvan, P. (2021). Association Of Digital Media Exposure And Addiction With Child Development And Behavior: A Cross-Sectional Study. Industrial Psychiatry Journal, 30(2), 265–271. Https://Doi.Org/10.4103/Ipj.Ipj_157_20

Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal Of Educational Review And Research, 1(2), 86. Https://Doi.Org/10.26737/Jerr.V1i2.1675

Barus, E. R. B., Bangun, F. Y., Situmorang, T., Mardhiah, Ginting, G. I., & Rangkuti, I. Y. (2023). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Pola Tidur Pada Anak Sekolah Ranto Peureulak Kab . Aceh Timur The Relationship Between Gadget Use And Sleep Patterns In Ranto Nsf ( National Sleep Foundation ) Merilis Annual Sleep In America Poll Pada Tahun 2011 Untuk Me. Jons : Journal Of Nursing, 1(1), 1–5.

Daulay, E. D., Yusrita, L., & Kusuma, A. (2024). Penerapan Terapi Sleep Hygine Pada Anak Usia The Implementation Of Sleep Hygine Therapy In Preschool-Age Children Who Experience Megatasi Insomnia Adalah Terapi Perilaku , Yaitu Sleep Hygine Yang Merupakan. 2(November), 329–335.

Illingworth, G., Mansfield, K. L., Espie, C. A., Fazel, M., & Waite, F. (2022). Sleep In The Time Of Covid-19: Findings From 17000 School-Aged Children And Adolescents In The Uk During The First National Lockdown. Sleep Advances, 3(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.1093/Sleepadvances/Zpab021

Istiqomah, S. N. (2019). Dampak Eksposur Screen Time Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak-Anak Prasekolah. Journal Of Applied Health Research And Development, 1(1), 10–15.

Izzaturrahman, N., Safira, L., Herardi, R., & Muktamiroh, H. (2023). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Media Layar Dengan Pola Tidur Pada Anak Usia Tiga Sampai Dengan Lima Tahun Saat Masa Pandemi Covid-19. Sari Pediatri, 24(6), 382. Https://Doi.Org/10.14238/Sp24.6.2023.382-7

Kholidatul Jannah, Norma Gupita, & Dewi Pusparini. (2023). Pola Pengasuhan Orang Tua Terhadap Penerapan Screen Time Dimasa Generasi Alpha Usia 4-6 Tahun Di Desa Rombuh Kecamatanpalengaan Kabupaten Pamekasan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 333–343. Https://Edukhasi.Org/Index.Php/Jip

Manfaatin, E., & Aulia, M. (2024). Pengaruh Screen Time Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. … : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 01(01), 18–31. Https://Jurnal.Staidaf.Ac.Id/Index.Php/Almuhadzab/Article/View/273%0ahttps://Jurnal.Staidaf.Ac.Id/Index.Php/Almuhadzab/Article/Download/273/98

Pickard, H., Chu, P., Essex, C., Goddard, E. J., Baulcombe, K., Carter, B., Bedford, R., & Smith, T. J. (2024). Toddler Screen Use Before Bed And Its Effect On Sleep And Attention: A Randomized Clinical Trial. Jama Pediatrics, 178(12), 1270–1279. Https://Doi.Org/10.1001/Jamapediatrics.2024.3997

Priyoambodo, G. A. E., & Suminar, D. R. (2021). Hubungan Screen Time Dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini : A Literature Review. Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5), 327. Https://Doi.Org/10.36418/Syntax-Imperatif.V2i5.119

Sari, D. T. L., Khamdun, & Fardani, M. A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Sd Di Desa Soco Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1188–1194. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/322599509.Pdf

Setyarini, D. I., Rengganis, S. G., Ardhiani, I. T., & Mas’udah, E. K. (2023). Analisis Dampak Screen Time Terhadap Potensi Tantrum Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2496–2504. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i2.3376

Wandini, Riska, Novikasari, Lina & Kurnia, M. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mata Anak Di Sekolah Dasar Al Azhar I Bandar Lampung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(4), 810–819.

Widhiyanto, A., & Hasanah, R. (2024). Hubungan Penggunaan Smartphone Terhadap Pola Tidur Anak Pra Sekolah Di Tk Satu Atap Ketompen-Pajarakan Pendahuluan Metode. 1–9.

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, N., & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. … Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar …, 9–20.

Yumarni, V. (2022). No Title. 8, 107–119.

Zhai, X., Zeng, J., Eshak, E. S., Zhang, Y., Yang, M., Di, L., Xiang, B., & Cao, J. (2021). The Influencing Factors Of Sleep Quality Among Chinese Junior And Senior High School Adolescents During The Covid-19 Pandemic. Journal Of Tropical Pediatrics, 67(4), 1–14. Https://Doi.Org/10.1093/Tropej/Fmab069

Zhang, Y., Tian, S., Zou, D., Zhang, H., & Pan, C. W. (2022). Screen Time And Health Issues In Chinese School-Aged Children And Adolescents: A Systematic Review And Meta-Analysis. Bmc Public Health, 22(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.1186/S12889-022-13155-3




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i6.20053

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License