Pengaruh Kombinasi Metode Pembelajaran Berbasis Audiovisual dan Simulasi Terhadap Keterampilan Mahasiswa Keperawatan dalam Penanganan Fraktur dengan Pembidaian
Sari
ABSTRACT
The development of effective learning models is a critical focus in creating educational environments that foster active student engagement and enhance enjoyment throughout the learning process. One approach considered effective in improving the competencies of nursing students is the integration of audiovisual media with simulation-based learning. This study aimed to evaluate the effectiveness of this combined method in enhancing students’ skills in fracture management. A pre-experimental study was conducted using a one-group pre-test and post-test design, with measurements taken before and after the intervention in a single group that received instruction through audiovisual media and simulation. The study population consisted of all first-semester students enrolled in the RPL Program, Bachelor of Nursing Study Program, during the 2023–2024 academic year, totaling 134 participants. The sampling method employed was total sampling. The findings indicated that, prior to the intervention, most students were categorized as unskilled. However, following the intervention, all participants demonstrated notable improvements in fracture management skills, specifically in the application of splinting techniques. Statistical analysis using the Wilcoxon signed-rank test revealed a significant effect of the combined learning method on students’ skill levels, with a p-value of 0.000 (< 0.05). This study contributes to the advancement of nursing education models and offers a theoretical foundation for enhancing curriculum development related to pre-hospital fracture management
Keywords: Audiovisual, Simulation, Fracture, Splinting
ABSTRAK
Pengembangan model pembelajaran yang inovatif menjadi aspek penting dalam meningkatkan mutu pendidikan keperawatan. Model pembelajaran yang mampu mendorong keterlibatan aktif mahasiswa dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna sangat dibutuhkan, terutama dalam penguasaan keterampilan klinis. Salah satu metode yang dinilai efektif adalah kombinasi media audiovisual dan pembelajaran berbasis simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media audiovisual dan simulasi terhadap peningkatan keterampilan mahasiswa dalam penanganan fraktur, khususnya teknik pembidaian. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan pendekatan one group pre-test and post-test. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 1 Program RPL, Program Studi S1 Keperawatan Tahun Akademik 2023–2024, sebanyak 134 orang, yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Intervensi berupa pembelajaran kombinasi media audiovisual dan simulasi diberikan dalam satu sesi praktik. Keterampilan mahasiswa dalam melakukan pembidaian diukur menggunakan lembar observasi keterampilan sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi sebagian besar mahasiswa berada dalam kategori tidak terampil. Setelah intervensi, seluruh mahasiswa mengalami peningkatan keterampilan yang signifikan dalam penanganan fraktur. Uji statistik Wilcoxon menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari metode pembelajaran tersebut terhadap peningkatan keterampilan mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran keperawatan dan menjadi dasar teoritis untuk penguatan kurikulum keterampilan klinis, khususnya penanganan fraktur di fase pra-rumah sakit.
Kata Kunci: Audiovisual, Simulasi, Fraktur, Pembidaian
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Abbas, J. (2020) ‘Service Quality In Higher Education Institutions: Qualitative Evidence From The Students’ Perspectives Using Maslow Hierarchy Of Needs’, International Journal Of Quality And Service Sciences, 12(3), Pp. 371–384. Available At: Https://Doi.Org/10.1108/Ijqss-02-2020-0016.
Febrianti, L.A. (2019) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pembidaian Fraktur Dengan Metode Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa/I Tingkat Iii Ners Stikes Santa Elisabeth Tahun 2019’, Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pembidaian Fraktur Dengan Metode Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa/I Tingkat Iii Ners Stikes Santa Elisabeth Tahun 2019, 53(9), Pp. 1689–1699.
Ferianto Kusno (2023) ‘Edukasi Dan Simulasi Bantuan Kegawadaruratan Balut Bidai, Evakuasi Dan Transportasi Pada Kasus Cidera Bagi Pmr Sman 1 Meraurak’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3 No. 1(1), Pp. 5–10.
Gao, Y. And Zhu, X. (2023) ‘Research On The Learning Experience Of Virtual Simulation Class Experimental Teaching And Learning Based On The Perspective Of Nursing Students’, Bmc Nursing, 22(1), Pp. 1–9. Available At: Https://Doi.Org/10.1186/S12912-023-01534-Z.
Ghofrani, M. Et Al. (2022) ‘What Should Be Measured? Nursing Education Institutions Performance: A Qualitative Study’, Bmj Open, 12(12), Pp. 1–9. Available At: Https://Doi.Org/10.1136/Bmjopen-2022-063114.
Gisella Anastasia, Natalia Puspadewi, V.D.J. (2022) ‘Manfaat Moulage Pasien Simulasi Dalam Pembelajaran Keterampilan Klinis’, 21(2).
Halawa, T. (2022) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 03(1), Pp. 40–49. Available At: Http://Ojs.Umsida.Ac.Id/Index.Php/Pedagogia/Article/View/69/75.
Hardianti (2017) ‘Pengaruh Penyuluhan Melalui Metode Simulasi Dan Audiovisual Terhadap Tingkat Ketrampilan Menggosok Gigi Pada Murih Sd Inpres Cambaya Iv’, Skripsi Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Uin Alauddin Makassa, Pp. 1–68. Available At: Http://Repositori.Uin-Alauddin.Ac.Id/.
Ifrane, I. Et Al. (2007) ‘Quality Assurance In Higher Education: Experience Of Al Akhawayn University’, Ятыатат, Вы12у(235), P. 245. Available At: Http://Digilib.Unila.Ac.Id/4949/15/Bab Ii.Pdf.
Kemenkes Ri (2018) ‘Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018’, Kementrian Kesehatan Ri, 53(9), Pp. 1689–1699.
Kemenkes Ri (2019) Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Penatalaksanaan Fraktur. Indonesia.
Listiana, D. And Silviani, Y.E. (2020) ‘Pelatihan Balut Bidai Terhadap Keterampilan Pada Mahasiswa/I Keperawatan’, Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), Pp. 265–273. Available At: Https://Doi.Org/10.31539/Jks.V4i1.1715.
Maysaroh, N. (2022) Perbedaan Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Cedera Sprain Dengan Metode R.I.C.E Sebelum Dan Sesudah Dilakukan Pendidikan Kesehatan Media Audiovisual Pada Siswa Smp, Nber Working Papers. Available At: Http://Www.Nber.Org/Papers/W16019.
Novanty, I. And Harfiani, R. (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Smp Islam’, Repository Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara [Preprint].
Nur Cahyono, D. Et Al. (2021) ‘Journal Of Vocational Career Education The Impact Of Audio-Visual Media Toward Learning Result In The Subject Of Seizing Picture’, Jvce, 6(1), Pp. 1–10. Available At: Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jvce.
Panjaitan, C.A.A. (2021) Skripsi Christine Panjaitan-2-Dikonversi - Christine Panjaitan.
Ramadhan, K.K. And Pristianto, A. (2022) ‘Program Latihan Peningkatan Kemampuan Fungsional Pasien Post Orif Fracture Collum Femur Hip Dextra: A Case Report’, Physio Journal, 2(1), Pp. 11–18. Available At: Https://Doi.Org/10.30787/Phyjou.V2i1.824.
Rizka, S. And Fitri, A. (2017) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Balut Bidai Dengan Sikap Pertolongan Pertama Fraktur Pada Mahasiswa Keperawatan’, Jurnal Keperawatan, 6(2), P. 7. Available At: Http://Repository.Umy.Ac.Id/Handle/123456789/15482.
Sitorus, F.E. Et Al. (2020) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop’, Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 2(2), Pp. 147–152. Available At: Https://Doi.Org/10.35451/Jkf.V2i2.399.
Subandono, J. Et Al. (2019) Pembebatan Dan Pembidaian, Buku Pedoman Keterampilan Klinis.
Suparmanto, G. (2022) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Pada Sprain Dengan Media Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Pemain Futsal Di Surakarta’, Jurnal Kesehatan Rajawali, 12(1), Pp. 22–26. Available At: Https://Doi.Org/10.54350/Jkr.V12i1.112.
Suryana, A., Noviansyah, I. And Tamara, F. (2022) ‘Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ilmi Citeureup Bogor ’, Eduinovasi: Journal Of Basic Educational Studies, 2(2), Pp. 112–132. Available At: Https://Doi.Org/10.47467/Edui.V2i2.975.
Triana, H. (2022) ‘Fraktur Dengan Metode Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa / I Tingkat Iii Ners’, 15(1).
Wardani, D.A., Noor Aini, R.A. And Hayati, I. (2022) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Vaginitis’, Jurnal Keperawatan Wiyata, 3(1), P. 13. Available At: Https://Doi.Org/10.35728/Jkw.V3i1.429.
Warouw, J.A., Kumaat, L.T. And Pondaag, L. (2018) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Tentang Balut Bidai Pertolongan Pertama Fraktur Tulang Panjang Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 6 Manado’, Ejournal Keperawatan, 6, Pp. 1–8.
Widianto, A. And Khumaedi, M. (2021) ‘Pengembangan Media Audio Visual Simulasi Setting Mesin Cnc Turning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Pembubutan Rata’, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 21(1), Pp. 10–15.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i7.20955
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License