HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KADAR GULA DARAH PADA PENYANDANG DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS BERINGIN RAYA KOTA BENGKULU

Desi Susanti, Dita Amita, Fourni Ardiansyah

Sari


INTISARI : HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KADAR GULA DARAH PADA PENYANDANG DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS BERINGIN RAYA

KOTA BENGKULU

Pendahuluan: Pelaksanaan mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil pada seorang penyandang Diabetes Melitus tipe 2 perlu adanya dukungan dari orang terdekat,yaitu keluarga. Keluarga dapat membantu untuk mengatur jadwal aktifitas fisik dan membantu mengolah makanan untuk diet untuk diabetes.

Tujuan: untuk memberikan gambaran, informasi, pengetahuan, serta wawasan tentang dukungan keluarga terhadap kadar gula darah pada klien diabetes melitus tipe 2 dan Dapat dijadikan sebagai bahan kajian dan informasi dalam mengembangkan ilmu keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan terhadap klien diabetes melitus tipe 2.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional untuk melihat dukungan keluarga pada pasien diabetes mellitus tipe 2. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 pasien dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling.

Hasil Penelitian: ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kadar gula darah penyandang DM tipe 2 (p value = 0,002)

Kesimpulan : Dukungan keluarga pada penyandang DM tipe 2 pada penelitian ini sebagian besar pada kategori baik (63,3%), kadar gula darah terkontrol  lebih didominasi disbanding yang tidak terkontrol (56,7%). Ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kadar gula darah penyandang Diabetes Melitus tipe 2.

 

Kata Kunci : Dukungan Keluarga; Gula Darah; Diabetes Mellitus


Teks Lengkap:

Artikel PDF Similarity

Referensi


Kementrian Kesehatan RI . (2018). Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Pusdatin.kemkes.go.id

Nuraisyah, Fatma, et al. (2017). Family support and quality of life among patients with diabetes melitus. Journal of Community Medicine and public Health, Vol 33 No 01 Tahun 2017.

Rahman, U, M. (2015). Hubungan kepatuhan dalam menjalankan diet dengan pengendalian kadar gula darah pada pasien diabetes melitus di puskesmas global limboto. Diunduh di http://eprints.ung.ac.id/12289/1/2014-1-1-14201-841410107-abstraksi-19082014093811.pdf.

Senuk, A., Supit, W. & Onibala, F. (2013). Hubungan Pengetahuan dan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Menjalani Diet Diabetes Melitus di Poliklinik RSUD Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara. JURNAL KEPERAWATAN, 1.

Setiati, Siti., Alwi, Idrus,. Sudoyo, Aru, W., Simadibrata K, Marcellus., Setiyohadi, Bambang., & syam, A, F. (2014). Buku ajar ilmu penyakit dalam jilid ii (6th ed). Jakarta: Interna publishing.

Sugandha dkk. (2014). Gambaran pengendalian kadar gula darah dan HbAIc pada pasien diabetes melitus tipe 2 yang di rawat di RSUP Sanglah.

Sutanto. (2010). Cekal (Cegah dan Tangkal) Penyakit Modern (Hipertensi, Stroke, Jantung, Kolesterol, dan Diabetes). Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Wardani dan Muhammad. (2014). Family Support and Glucose Control Related to Microvascular Complications Symptoms. Jurnal Berkala Epidemiologi, Volume 2 Nomor 1, Januari 2014.

Worlth Health Oragnization (WHO). (2020). Diabetes, Key fact. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/diabetes diakses pada 8 Juni 2020.

Yanto dan Dewi .(2017). Dukungan Keluarga Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat; Implementasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Kekayaan Intelektual. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Yusra, A. (2011). Hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien diabetes melitus tipe 2 dipoliklinik penyakit dalam Rumah Sakit umum pusat Fatmawati .Jakarta Utara. FKUI




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v2i3.2884

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License