Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengendalian Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Rw 01 Kelurahan Pulau Panggang Kecamatan Kepulauan Seribu Utara

Naryati Naryati, Jihan Sartika

Sari


ABSTRACT: FACTORS RELATED TO BLOOD PRESSURE CONTROL IN HYPERTENSION PATIENTS IN RW 01 KELURAHAN PULAU PANGGANG SUB-DISTRICT OF SERIBU UTARA

 

Introduction: High blood pressure or hypertension is an abnormal increase in blood pressure in the arteries continuously for more than one period. Hypertension can cause dangerous complications if not handled properly. Complications of hypertension include disorders of the brain, cardiovascular system, kidneys and eyes, health care system, lifestyle, environmental factors, and motivation.

Objective: The purpose of this study was to determine the factors associated with controlling blood pressure in patients with hypertension in RW 01 Kelurahan Pulau Panggang, North Seribu Islands District in 2021. Methods: The research design used was descriptive-analytic with a cross-sectional design. The number of samples involved was 38 respondents using the proportional stratified random sampling technique. The results of the study used Chi-Square statistical test analysis.

Results: The results of this study showed that there was no significant relationship between education and blood pressure control in patients with hypertension (Pv=0.006), there was a significant relationship between knowledge and controlling blood pressure in patients with hypertension (Pv=0.008), there was a significant relationship between family support and controlling blood pressure in patients with hypertension (Pv=0.002), there is a significant relationship between health facilities and controlling blood pressure in patients with hypertension (Pv=0.004).

Conclusion: educational institutions can provide further studies by including material about the importance of controlling hypertension for health so that it can be carried out optimally and the ideal body weight can be achieved.

 

Keywords: Hypertension, Knowledge, Education, Family Support, Health Facilities.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INTISARI: FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGENDALIAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI RW 01 KELURAHAN PULAU PANGGANG KECAMATAN KEPULAUAN SERIBU UTARA

 

Pendahuluan: Penyakit darah tinggi atau hipertensi adalah suatu peningkatan abnormal tekanan darah dalam pembuluh darah arteri secara terus menerus lebih dari satu periode, Hipertensi dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Komplikasi hipertensi diantaranya berupa gangguan pada otak, sistem kardiovaskuler, ginjal dan mata, sistem perawatan kesehatan, pola hidup, faktor lingkungan, dan motivasi.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengendalian Tekanan Darah Penderita Hipertensi di RW 01 Kelurahan Pulau Panggang Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Tahun 2021. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel yang dilibatkan sebanyak 38 responden dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Hasil penelitian menggunakan analisis uji statistik Chi Square.

Hasil: Hasil dari penelitian ini diperoleh tidak ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi (Pv=0,006), ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi (Pv=0,008), ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi (Pv=0,002), ada hubungan yang signifikan antara fasilitas kesehatan dengan pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi (Pv=0,004).

Kesimpulan: institusi pendidikan dapat memberikan kajian lebih lanjut dengan cara memasukkan materi tentang pentingnya pengendalian hipertensi bagi kesehatan sehingga, dapat dilakukan dengan optimal dan berat badan ideal bisa tercapai.

 

Kata kunci: Hipertensi, Pengetahuan, Pendidikan, Dukungan keluarga, Fasilitas Kesehatan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adrian Steven J & Tommy (2019). Hipertensi Esensial: Diagnosis dan Tatalaksana Terbaru pada Dewasa. Cermin Dunia Kedokteran Vol. 46 No. 3.

Aji WK, Soesanto H. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Pasien Klinik As Syifa di Kab. Bekasi). Semarang. Universitas Diponegoro: hlm. 1–29.

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.

Black, J dan Hawks, J. (2014). Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen Klinis untuk Hasil yang Diharapkan. Dialihbahasakan oleh Nampira R. Jakarta: Salemba Emban Patria.

Dea Gita Septianingsih. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pasien Hipertensi Dengan Upaya Pengendalian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Samata. Skripsi Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan jurusan keperawatan Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar.

Brunner & Suddarth, (2013). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 volume 2. Jakarta EGC.

Fathnur, Sani K. (2017). Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Friedman, M. M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori dan Praktik. Jakarta: EGC.

Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Kowalak. (2011). Buku Ajar Patofisiologi. Jakarta: EGC.

Manuntung Alfeus. (2018). Terapi Perilaku Kognitif Pada Pasien Hipertensi. Malang. Wineka Media.

Maswibowo R Dhifaa, & Mistika Zakiah (2018) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Hipertensi Dengan Perilaku Pengendalian Tekanan Dara Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja UPK Puskesmas Gang Sehat Pontianak. Jurnal Mahasiswa PSDP FK Universitas Tanjungpura Vol. 4 No. 1.

Mega Intan Cahyawaty. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Lansia Dalam Pengendalian Hipertensi Di Wilayah Puskesmas Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Program Studi S1 Keperawatan Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Nursalam. (2014). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2017). Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Potter & Perry. (2010). Fundamental Keperawatan. Buku 2 Edisi 7. Jakarta: Salemba Medika.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018.

Righo. A & Mahin R.R (2014) Terapi Bekam terbukti Ampuh Mengatasi Hipertensi.Bandung; C.V Rasi Terbit.

Riswandi. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Terhadap Penyakit DBD di Sidomulyo Pekanbaru. Pekanbaru.

Ronny, et al (2010). Fisiologi Kardiovaskular Buku Kedokteran. Jakarta: EGC.

Setiarini, S. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Penderita Hipertensi Terhadap Pengendalian Hipertensi Di Puskesmas Danguang Danguang. Menara Ilmu, 12(8).

Setiyaningsih, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Dukungan Keluarga Dan Peran Kader Terhadap Perilaku Pengendalian Hipertensi. IJMS-Indonesian Journal on Medical Science, 6(1).

Sherwood L. Fisiologi manusia dari sel ke sistem. 6th ed. Jakarta: EGC; 2012.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, S., Widayati, C. N., & Radate, R. (2018). Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Sikap Terhadap Perilaku Pengendalian Hipertensi Pada Lansia Di Desa Jono Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. The Shine Cahaya Dunia Ners, 3(2).

Triyanto, E. (2014). Pelayanan keperawatan bagi penderita Hipertensi Secara Terpadu. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Udjianti, W. J. (2011). Keperawatan Kardiovaskular. Jakarta: Salemba Medika

Wahyudi Wahid T, & Farhan Arjun. (2020). hubungan dukungan keluarga pada pasien dengan tekanan darah tinggi dalam pengendalian hipertensi di wilayah kerja puskesmas panjang kota Bandar Lampung. Manuju: Malahayati Nursing Journal Vol 2, No 3.

WHO. World Health Statistics (2015): World Health Organization; 2015.

WHO. World Health Organization (2014). Global Report on Non-Communicable Disease 2014. Geneva; WHO: Swiss.

Wulandhani, S. A. (2014). Hubungan dukungan keluarga dengan motivasi lansia hipertensi dalam memeriksakan Tekanan darahnya (Doctoral dissertation, Riau University).




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v3i3.4650

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License