Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Penanganan Menghadapi Bencana Banjir Di Desa Tanjung Kecamatan Hamparan Rawang Provinsi Jambi

Fernalia Fernalia, Sela Wahyuni, Hanifah Hanifah

Sari


ABSTRACT: THE EFFECT OF COUNSELING USING AUDIOVISUAL MEDIA ON PUBLIC KNOWLEDGE ABOUT HANDLING FLOOD DISASTERS IN TANJUNG VILLAGE, HAMPARAN RAWANG DISTRICT, JAMBI PROVINCE

 

Background: Knowledge is the result of knowing that is obtained by someone after receiving information through the five senses. Good knowledge about handling flood disasters is the first step taken to minimize the impact of floods that occur.

Purpose: to study the effect of counseling with audiovisual media on public knowledge about dealing with flood disasters.

Methods: this type of research uses Pre Experiments with the type of The One Group Pretest Posttest Design. The population of this study was all heads of families in Tanjung Village, Hamparan Rawang District. The sampling technique in this study used purposive sampling with inclusion and exclusion criteria so that the number of samples was 77 people. The data collected in this study used primary data techniques by giving questionnaires about knowledge of flood management before and after being given counseling.

Result: the results obtained: Wilcoxom Signed Ranks Test obtained a Z value of -7.688 with an Asymp value. Sig (p) = 0.000, because the value of p <0.05, it can be concluded that there is an effect of providing counseling with audiovisual media on public knowledge about dealing with flood disasters in Tanjung Village, Hamparan Rawang District.

 

Conclusion: The conclusion of this study can provide experience and learn about research as well as add insight related to the effect of counseling on flood disasters on the community. so that the research results will be better.

 

Keywords: Counseling, Audiovisual, Flood

 

 

 

 

 

 

 

 

INTISARI: PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENANGANAN MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI DESA TANJUNG KECAMATAN HAMPARAN RAWANG PROVINSI JAMBI

 

Pendahuluan: Pengetahuan adalah hasil tahu yang didapatkan oleh seseorang setelah menerima informasi melalui panca indera. Pengetahuan yang baik tentang penanganan menghadapi bencana banjir merupakan langkah awal yang dilakukan untuk menimalisir dampak bencana banjir yang terjadi.

Tujuan: mempelajari pengaruh penyuluhan dengan Media Audiovisual terhadap pengetahuan Masyarakat tentang penanganan menghadapi Bencana Banjir.

Metode: Jenis penelitian ini menggunakan Pre Eksperimen dengan jenis The One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga di Desa Tnajung Kecamatan Hamparan Rawang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi sehingga jumlah sampel sebanyak 77 orang.pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik data primer dengn=an memberikan kuesioner tentang pengetahuan penanganan Banjir sebelum dan setelah diberikan penyuluhan.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan : Uji Wilcoxom Signed Ranks Test didapat nilai Z sebesar -7,688 dengan nilai Asymp. Sig (p) = 0,000, karena nilai p < 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian penyuluhan dengan media audiovisual terhadap pengetahuan Masyarakat tentang penanganan mengahadapi Bencana Banjir di Desa Tanjung Kecamatan Hamparan Rawang.

Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran tentang penelitian serta menambah wawasan terkait pengaruh penyuluhan tentang bencana banjir pada masyarakat Mengingat keterbatasan penelitian diharapkan agar peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian yang lain, menambah variable penelitian, dan menggunakan media yang lebih efektif  lagi sehingga hasil penelitian menjadi lebih baik.

 

Kata Kunci : Penyuluhan, Audiovisual, Banjir


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).

Al Muhtarom, N. I. M. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Masyarakat Dan Anggota Forum Desa Tangguh Bencana Terhadappenanganan Banjir Di Desa Sidounder Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen (Doctoral Dissertation, Stikes Muhammadiyah Gombong).

Anggraini, A., Triansyah, A., & Hidasari, F. P. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Keterampilan Forehand Drive Tenis Meja Penjas Fkip Untan 2016. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa, 7(7).

Arif, M. (2019). Analisis Wilayah Berpotensi Banjir Daerah Sumatera Barat Untuk Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berorientasi Bencana Alam. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 53-60.

Aryono, D. P. (2011). The Silent Disaster Bencana dan Korban Massal. CV. Sagung Seto. Jakarta.

Azwar, S. (2011). Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Yogakarta: Pustaka Pelajar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sungai Penuh. (2019). “RENSTRA. Rencana Strategis Badan Penanggulangan Bencana Daerah”. Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Bidang Komunikasi dan Informasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat. Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jambi Tahun 2014. Jambi: Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jambi; 2014.

BNPB. Data Informasi Bencana Indonesia (Dibi) (Internet). Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2019). (Diakses Tanggal 25 Februari 2019). Diambil Dari: Http://Bnpb.Cloud/Dibi.

BNPB. Informasi Kebencana Bulanan Teraktual Edisi Desember 2013. In: Badan Nasional Penanggulangan Bencana, editor. Jakarta: BNPB; 2013.

BPBD Sungai Penuh. Sejarah Kejadian Bencana Selama 3 Tahun Terakhir (2013 s/d 2015). In: BPBD Sungai Penuh, editor. Sungai Penuh: BPBD Sungai Penuh; 2015.

BPBD Sungai Penuh. Sejarah Kejadian Bencana Selama 3 Tahun Terakhir (2013 s/d 2015). In: BPBD Sungai Penuh, editor. Sungai Penuh: BPBD Sungai Penuh; 2015.

Chyntia, A. P. (2017). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapsiagaan Keluarga Terhadap Bencana Banjir Di Sungai Penuh Tahun 2017 (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).

Chifdillah, N A & Hazanah, S. (2021). Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual dan Media Visual Terhadap Pengetahuan Mahasiswa. Mahakam Midwifery Journal, 6 (1), 14-27.

Danianti, R. P., & Sariffuddin, S. (2015). Tingkat kerentanan masyarakat terhadap bencana banjir di Perumnas Tlogosari, Kota Semarang. Jurnal Pengembangan Kota, 3(2), 90-99.

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan (Studi di Kawasan Objek Wisata Alam Gunung Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Geografi, 4(1)

Darwis, D., Ardi, M., & Pertiwi, N. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Gizi Terhadap Pemberian Makanan Bergizi Balita. UNM Environmental Journals, 3(1), 01-08.

Dinas Kesehatan Sungai Penuh. Form Pelaporan Perkembangan Kejadian Bencana. In: Dinas Kesehatan Sungai Penuh, editor. Sungai Penuh: Dinas Kesehatan Sungai Penuh; 2015.

Dodon Yamin.2013. “Indikator dan Perilaku Kesiapsiagaan Masyarakat Di PemukimanPadat Penduduk Dalam Antisipasi Berbagai Fase Bencana Banjir”. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol.24 No.2 (Agustus2013):h.125-140.

Effendi, H. (2009). Perbedaan motivasi belajar siswa yang berasal dari keluarga utuh dengan siswa yang berasal dari keluarga broken home di SMK Negeri 2 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Findayani, A. (2018). Kesiap Siagaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Banjir Di Kota Semarang. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 12(1), 102-114.

Harahap, M. E., Lufti, M. L., & Muthalib, A. (2015). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Desa Perkebunan Bukit Lawang Kecamatan Bahorok Tahun 2011. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 1(1), 22-31.

Hasan, S. (2012). Strategi Krisis Public Relations Pasca Bencana. Jurnal Dialog dan Penanggulangan Bencana, 3(2), 68-78.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180.

Hildayanto, A. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Banjir. Higeia (Journal Of Public Health Research And Development), 4(4), 577-586.

Indawati, L. (2015). Analisis Tingkat Kerawanan Banjir Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Upaya Pengurangan Dampak Banjir Di Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro (Implementasinya Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas 7 Smpn 2 Baureno, Pada Topik: Keadaan Alam Dan Aktifitas Pendu (Doctoral Dissertation, Uns (Sebelas Maret University)).

Kadek, A.(2018).Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Dengan Media Vidio Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Persinonal Hygiene Siswa Sd Negeri 2 Karya Makmur Kabupaten Musi Rawas Utara. Skripsi. Bengkulu.(Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti Bengkulu)

Lestari, S. (2015). Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Diare Pada Balita Di Desa Baturetno Banguntapan Bantul Yogyakarta.

Mahnun, N. (2018). Implementasi pembelajaran online dan optimalisasi pengelolaan pembelajaran berbasis online di Perguruan Tinggi Islam dalam mewujudkan World Class University. IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, 1(1), 29-36.

Mandasari, N., & Ip, S. (2020). Penanggulangan Bencana Banjir Di Sungai Batang Merao Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sungai Penuh. Jurnal Administrasi Nusantara, 3(2), 43-51.

Mayzufli, A., Respati, T., & Budiman, B. (2013). Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Mengenai Kesehatan Reproduksi Siswa SMA Swasta dan Madrasyah Alliyah. Global medical & health communication, 1(2), 46-51..

Newcomb, T., R. Turner & P. Converse. (1985). Social Psychologi: The Study of Human Interaction. New York: Holt Rinehart and Winston, Inc.

Notoatmodjo, S., 2010. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, S., 2012, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cipta, Jakarta

Notoatmojo Soekidjo. 2017. Metedologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Ridha, R., & Husna, C. (2017). Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Tindakan Penanggulangan Banjir. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(4).

Rosyida, F., & Adi, K. R. (2017). Studi Eksplorasi Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir Di Sd Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 2(1), 1-5.

Simamora, R. H., & Saragih, E. (2019). Penyuluhan kesehatan terhadap masyarakat: Perawatan penderita asam urat dengan media audiovisual. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 24-31.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Tahir, M. R., Rahman, U., & Nursalam, N. (2015). Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 86-102.

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Ri No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. (2007. Jakarta.

United Nations. Guidelines for Reducing Flood Losses. In: Departemen of Economic and Social Affairs, editor. United State of America: United Nations; 2000.

Utari, W., & Novayelinda, R. (2013). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keluarga Tentang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa) (Doctoral Dissertation, Riau University).

Yatnikasari, S., Pranoto, S. H., & Agustina, F. (2020). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Kesiapsiagaan Kepala Keluarga Dalam Menghadapi Bencana Banjir. Jurnal Teknik, 18(2), 135-149.

Yulianto, E. (2019, September). Manajemen Pembelajaran IPA menggunakan Media Audiovisual di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

Yusyaf, Sari Ratina. Naskah publikasi: Efektifitas pendidikan kesehatan menggunakan metode penyuluhan individual terhadap peningkatan pengetahuan keluarga tentang demam berdarah dengue. Universitas Negeri Riau. http://respiratory.unri.ac.id. diakses 21 Februari 2016

Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v3i4.5257

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License