Efektivitas Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Seribu Hari Pertama Kehidupan Remaja Putri

Sunaeni Sunaeni, Al Inayah M. Abduh, Mariana Isir

Sari


ABSTRACT

 

Understanding nutrition in the first thousand days of human life needs to be promoted in preventing stunting. Adolescent girls have a key role in maintaining health during pregnancy, of which 28.72% of women in West Papua aged 15-19 years (SMP-SMA) are pregnant for the first time. Audio-visual media can be used as an alternative in disseminating information on stunting prevention during the "golden period". The purpose of this study was to determine the effect of audio-visual media on the knowledge of young women about the first thousand days of life. The research methods approach used a quasi-experimental pre-and post-test design. The population is 468 female students. The sampling technique used simple random sampling to get 46 respondents. The data collection instrument used a questionnaire with 34 questions. Data collection was carried out directly on young women before and after being given treatment in the form of counseling using audiovisual. Data analysis used paired T-Test with the help of software at a significance level of 0.05 and presented in the table. The results showed a p-value of 0.001, there was a significant difference in knowledge about the first thousand days of life for young women at MAN Model Sorong before and after being given treatment. Counseling about the first thousand days of life is very important for all young women, cross-sectoral collaboration is needed to produce the next generation that is free from stunting.

 

Keywords: The first thousand days of life; stunting; adolescent girls, audiovisual; media

 

ABSTRAK

 

Pemahaman gizi pada seribu hari pertama kehidupan manusia perlu digalakkan dalam mencegah stunting. Remaja putri memiliki peran kunci dalam menjaga kesehatan selama kehamilan, dimana 28,72% wanita di Papua Barat berusia 15-19 tahun (SMP-SMA) hamil untuk pertama kalinya. Media audio visual dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam menyebarluaskan informasi pencegahan stunting pada masa “masa emas”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap pengetahuan remaja putri tentang seribu hari pertama kehidupan. Pendekatan metode penelitian menggunakan quasi-experimental pre-and post-test design. Populasinya adalah 468 mahasiswi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 46 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 34 pertanyaan. Pengumpulan data dilakukan secara langsung pada remaja putri sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa penyuluhan menggunakan audiovisual. Analisis data menggunakan Paired T-Test dengan bantuan software pada taraf signifikansi 0,05 dan disajikan dalam tabel. Hasil penelitian menunjukkan p-value 0,001, terdapat perbedaan pengetahuan yang bermakna tentang seribu hari pertama kehidupan remaja putri di MAN Model Sorong sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Penyuluhan tentang seribu hari pertama kehidupan sangat penting bagi semua remaja putri, diperlukan kerjasama lintas sektor untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang bebas stunting.

 

Kata kunci: seribu hari pertama kehidupan, kerdil, gadis remaja, audiovisual, media


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adam, A., Rezky, F., Nursalin, N., & Rauf, S. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswi Jurusan Kebidanan Tentang Stunting. Media Gizi Pangan, 28(1), 84–92. https://doi.org/10.32382/mgp.v28i1.2242

Amdadi, Z. A., Sabur, F., & Afriani, A. (2021). Edukasi Tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Tamalate Makassar. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 16(1), 29. https://doi.org/10.32382/medkes.v16i1.1835

Astuti, E. K. (2020). The Influence Of Health Education With Audio Visual Media On Clean And Healthy Living Behavior ( PHBS ) In Grade III-V Students At Wanurojo Kemiri Purworejo State Elementary School. Jurnal Eduhealth, 10(02), 21–31.

Bappenas, R. (2013). Kerangka Kebijakan Gerakan Nasional Percepatan perbaikan Gizi dalam rangka seribu hari pertama kehidupan ( 1000) HPK.

Dhirah, U. H., Rosdiana, E., Anwar, C., & Marniati, M. (2020). Hubungan Perilaku Ibu Tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan Dengan Status Gizi Baduta Di Gampong Mibo Kecamatan Banda Raya Banda Aceh. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(1), 549. https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i1.872

Fadhila, A. D., Syam, A., & M, M. A. (2021). Pengaruh Pemberian Media Buku Saku Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan ( HPK ) Pada Siswa Remaja Putri di SMAN 1 Lasusua Kabupaten Kolaka Utara. 3, 74–83.

Hartanto, D., Matahari, R., & Nurfita, D. (2020). Persiapan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Pada Remaja Melalui Edukasi Kesehatan dan Gizi Remaja. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 2(1), 729–734. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5279

Hayati, W., Marianthi, D., Nurhayati, N., & Susanto, T. (2020). Demonstration and Audio-Visual Methods for Improving Knowledge, Attitude and Skills of Breast Care among Pregnant Women. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 8(1). https://doi.org/10.24198/jkp.v8i1.1312

Husnah, H. (2017). NUTRISI PADA 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 17(3), 179–183. https://doi.org/10.24815/jks.v17i3.9065

Kemenkes RI. (2012). PEDOMAN PERENCANAAN PROGRAM.

Kesehatan, K., Indonesia, R., & Foundation, F. (2017). Menerjemahkan tujuan pembangunan berkelanjutan (sdg’s) dalam agenda pembangunan nasional. 1–2.

Kesejahteraan Rakyat, M. (2012). Versi 8 Sep t ‘12.

L.Achadi, E. (2014). Periode Kritis 1000 Hari Pertama kehidupan dan Dampak Jangka Panjang terhadap Kesehatan dan Fungsinya. PERSAGI, November.

(LPB), L. P. B. P. dan P. K. (2018). Laporan Provinsi Papua Barat Riskesdas 2018. Laporan Riskesdas 2018, 412.

Maretta, M. (2019). Edukasi Video Sejam Kusuka Efektif Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap WUS tentang Kesehatan Prakonsepsi di Universitas Setia Budi Surakarta: JURNAL KEBIDANAN, 8(2), 81–88. https://doi.org/10.35890/jkdh.v8i2.126

Marwang, S., Nahira, N., & Bunga, M. (2020). Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Premenstrual Syndrome Pada Remaja Putri di SMAN 18 Makassar. JOURNAL OF HEALTHCARE TECHNOLOGY AND MEDICINE, 6(1), 46–53. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/664

Nicolaou, C. (2021). Media trends and prospects in educational activities and techniques for online learning and teaching through television content: Technological and digital socio-cultural environment, generations, and audiovisual media communications in education. Education Sciences, 11(11). https://doi.org/10.3390/educsci11110685

Njuguna, E. (2018). Effectiveness And Acceptability Of Audiovisual Aids For Increasing Knowledge Of Neonatal Danger Signs Among Primiparous Women. Doctoral Dissertation, University of Nairobi.

Permatasari, A., & Iqbal, M. (2020). SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING DENGAN EDUKASI PERBAIKAN POLA MAKAN REMAJA PUTRI. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.34.286

Puspita, L., Umar, M. Y., & Wardani, P. K. (2021). PENCEGAHAN STUNTING MELALUI 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN (HPK). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu( ABDI KE UNGU), 3(1), 13–16. http://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/Abdi/article/view/stunting1000

Rahmiati, B. F., Naktiany, W. C., & Ardian, J. (2019). Efektivitas Intervensi Pendidikan Gizi Pada Program Suplementasi Besi Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku. Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan, 3(2), 47–51. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ghidza/article/view/14020

Safitri, A. (2018). KESIAPAN REMAJA PUTERI DALAM MENGHADAPI 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN DITINJAU DARI KUALITAS DAN KUANTITAS KONSUMSI PANGAN. GIZI INDONESIA, 41(2), 59–66. https://doi.org/10.36457/gizindo.v41i2.252

Sunarsih, T., Dewi, D. A. K., & Putri, A. R. S. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Program 1000 Hari Pertama Kehidupan Dengan Stimulasi Anak Dalam Kandungan. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 19(1), 83–89. https://doi.org/10.14710/mkmi.19.1.83-89

Ulfa, M., Stang, Tahir, A. M., Mallongi, A., & Rachmat, M. (2020). Effect of education media on improvement visual acetate acid inspection at Sudiang community health center. Enfermeria Clinica, 30(S4), 439–443. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.10.118

Urrahmah, A., & Jatmika, S. E. D. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Personal Hygiene Menstruasi Pada Santri Di Pondok Pesantren Al Muna 2 Bantul Personal hygiene menstruasi merupakan bagian dari kebersihan perorangan yang mempunyai peran penting dalam derajat kese. 1–12.

Yuliana, T. K. (2020). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Melalui Audio Visual Dengan Hasil Pengetahuan Setelah Penyuluhan Pada Remaja Sma Negeri 2 Pontianak Tahun 2017. Jurnal_Kebidanan, 8(1), 47–54. https://doi.org/10.33486/jurnal_kebidanan.v8i1.67.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i3.5971

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License