Literature Review: Pengaruh Brain Gym Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar

Ainnurrahmah Kamila, Rika Harini, Ponirah Ponirah

Sari


ABSTRACT

 

Learning is a process that students do to get change. Concentration is needed in the student learning process. The concentration ability of students can increase with the course of age and the ability to sort out the material. One way to increase concentration in students is to do a brain gym. Brain gym is an exercise method: that uses kinesis training with the whole brain through the renewal of closed movement patterns. Objective: The purpose of this literature review is to find out the description of the influence of the brain gym on the level of learning concentration in elementary school students. The method used is a literature review looking for articles from the internet with a range of 2010-2020 based on keywords set by google scholars. Results: Based on a literature review of 11 articles, 7 articles were found that met the established criteria. Results of the 7 articles explain that the brain gym can affect the level of student learning concentration as seen from the p-value = 0.00 to 0.008 which means the p-value < = 0.05 for students. There is an effect of brain gym on the level of learning concentration in elementary school students. Suggestion: It is hoped that further researchers can apply brain gym directly to elementary school students

 

Keywords: Elementary School Students, Brain Gym, Study Concentration

 

 

ABSTRAK

 

Belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh siswa untuk melakukan suatu perubahan. Konsentrasi sangat dibutuhkan dalam proses belajar siswa. Kemampuan konsentrasi siswa dapat meningkat seiring bertambahnya usia dan kemampuan memilah materi. Meningkatkan konsentrasi pada siswa adalah dengan melakukan senam otak. Senam otak adalah metode latihan yang menggunakan latihan kinesis dengan seluruh otak melalui pembaharuan pola gerakan tertutup. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap tingkat konsentrasi belajar di sekolah dasar. Metode Penelitian yang digunakan adalah literature review dengan mencari artikel dari jaringan pada rentang 2010-2020 berdasarkan kata kunci yang ditetapkan oleh Google Scholar. Berdasarkan ulasan dari tinjauan pustaka dari 11 artikel ditemukan 7 artikel yang memenuhi kriteria yang ditetapkan. dari 7 artikel menjelaskan bahwa senam otak dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi belajar siswa dilihat dari nilai p value = 0,00 sampai dengan 0,002 yang berarti nilai p value < = 0,05 pada siswa. Ada pengaruh senam otak terhadap tingkat konsentrasi belajar pada siswa sekolah dasar diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan senam otak secara langsung pada siswa sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Siswa Sekolah Dasar, Brain Gym, Konsentrasi Belajar


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Dairo, L., & Dewi, M. (2019). Efektivitas Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 68–78. Retrieved from http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.p hp/ciencias/index

Dennison, Paul E., & Dennison, Gail E. 2008. Buku Panduan lengkap brain gym (senam otak). Jakarta : grasindo.

Djamarah, 2011. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Cet 1. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Datu, A., Naufal, F., Rohmah, N. N., & Hamid, N. M. A. (2016). Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas V Sd Di Sdn 2 Sempusari Jember.

Dikir, Yunita. Badi’ah Atik dkk. (2016). The Effect of Brain Gym on Stress Levels in School-Age Children of Fifth Grade at SD Negeri Pokoh 1 Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakart. Diaskes pada tanggal 23 April 2016.

Febriana. (2013). Pengaruh Senam Otak Metode Fritz' Brain Terhadap Tingkat Kecerdasan Otak Anak Di SDN Gondang III Kecamatan Nawangan Pacitan. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

Fianti, Atiko. (2007). Brain gym (senam otak). 2007/12/05 Journal of health- brain-gym-senam-otak. Pdf.

Hilmansyah, H. (2012). Lamanya Konsentrasi Si Kecil Bergantung Usia. 27 Mei.

Megawati, W., Ike, H., & Maunaturrohmah, A. (2017). Pengaruh senam otak (Brain Gym) terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa kelas IV SDN Wonoayu Kecamatan Pilangkencana Kabupaten Madiun Jawa Timur. Nursing Journal of STIKES Insan Cendekia Medika Jombang, 01(1), 24–30.

Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). Efektivitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak. Jurnal Ilmiah Berkala Psikolog, 12(1), 88–99.

Pramesti, T. A., Sastrawan, K. B., & Wardhana, Z. F. (2018). Pengaruh Brain Gym Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Anak Sekolah di SD Negeri 1 Tonja Denpasar. Bali Helath Journal, 2(1), 12–22. Retrieved fromhttp://ejournal.iikmpbali.ac.id/index.php/BHJ/article/view/20/10

Priambodo, G. M. (2016). Efektivitas Senam Otak (Brain Gym) Dalam Menurunkan Tingkat Kejenuhan (Burnout) Belajar Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Yogyakarta. Diaskes pada tanggal 22 Juni 2016.

Putri. (2010). Pengaruh Senam Otak Terhadap Minat Belajar Siswa (Umur 11-12 Tahun) Di SDN Nambangan Kidul 05 Kecamatan

Rahayu, N. I. (2017). Brain Gym Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri. Diaskes pada Maret 2017. Rahayu, Putri Rizka. 2017. Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Stress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi S1 Keperawatan Dalam Menyusun Tugas Akhir Di STIKes Widya Dharma Husada Tangerang Tahun 2017. Diaskes pada tanggal 02 juli 2017.

Rubianto, Bayu. (2017). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Penurunan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Semester IV STIKes Widya Dharma Husada Tangerang. Diaskes pada tanggal 10 Juli 2017.

Santi, J. A. (2018). Efektivitas Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Anak SD Di Sekolah Tahfidz Dan Non Tahfidz. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Silvia, A., Anggraini, S., & Labertus, K. (2019). Efektivitas Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelas VI Di Sekolah Dasar Kristen Kanaan Banjarmasin. JKSI, 4(1), 48–

Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (Pirls) 2011. Litera, 14(1), 170–186. https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.441 6 Yanti, N., Bahri, S., & Fajriani. (2018). Penggunaan Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa SD Negeri Ateuk Aceh Besar. Journal of Chemical Inform Widianti, Ririn.C. 2011. Pengaruh Senam Otak Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Diaskes pada tanggal 12 Juli 2011.

Wulandari, P. R. (2012). Hubungan Tingkat Stres Dengan Gangguan Tidur Pada Mhasiswa Skripsi Di Salah Satu Fakultas Rumpun Scince Technology UI. Diaskes pada tanggal 10 Juli 2012.

Widianti, A. T., Atikah. P. (2010). Senam Kesehatan: Aplikasi Senam untuk Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i3.6004

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License