Pengaruh Loyalitas dan Kepuasan Terhadap Kinerja Dalam Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Marinir Cilandak

Resa Fadhilla Zahwa, Dwi Rochyani, Susanti Widiastuti

Sari


ABSTRACT

 

Quality nursing services have factors that influence the performance of nurses, namely loyalty and satisfaction. The results of a Preliminary Study conducted on September 17, 2021, to respondents found that the reward system given to inpatient nurses is joint, where if the work team is successful then all members involved getting an award. Aspects of Loyalty and Satisfaction that affect performance include the willingness to cooperate and reward. Purpose to find out whether there is an influence of loyalty and satisfaction on the performance of nurses in nursing care in the inpatient room at the Cilandak Marine Hospital

Method quantitative research with descriptive survey design using a cross-sectional approach, with a sample of 67 people from the Edelweis room, Lower Flamboyan room, lower Dahlia room, Bougenvile room, and upper Cempaka room. The research instrument consists of a loyalty questionnaire, a satisfaction questionnaire, and a performance questionnaire, the three questionnaires have been tested for validity and reliability with Cronbach's alpha coefficient values above 0.90. The data were analyzed by descriptive statistics to determine the effect of loyalty and satisfaction on the performance of nurses in nursing care. The results showed that there was an influence of loyalty on performance (p<0.05) and there was no influence of satisfaction on performance (p>0.05). There is an effect of loyalty on the performance of nurses in Nursing Care in the Inpatient Room of the Cilandak Marine Hospital. Satisfaction does not affect the performance of nurses in Nursing Care in the Inpatient Room of the Cilandak Marine Hospital.

 

Keywords: Loyalty, Satisfaction, Performance

 

 

ABSTRAK


Pelayanan keperawatan yang bermutu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kinerja perawat yaitu loyalitas dan kepuasan.Hasil Studi Pendahulu yang dilakukan pada tanggal 17 September 2021 kepada Responden didapatkan bahwa System reward yang diberikan kepada perawat pelaksana rawat inap yaitu secara bersama, dimana bila tim kerja berhasil maka semua anggota yang terlibat mendapatkan penghargaan. Aspek Loyalitas dan Kepuasan yang mempengaruhi kinerja diantaranya kemauan bekerja sama dan penghargaan. Tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh loyalitas dan kepuasan terhadap kinerja perawat dalam asuhan keperawatan diruang rawat inap Rumah Sakit Marinir Cilandak. Penelitian kuantitatif dengan desain survey deskriptif menggunakan pendekatan cross Sectional, dengan sampel sebanyak 67 orang yang berasal dari ruang Edelweis, ruang Flamboyan Bawah, ruang Dahlia bawah, ruang Bougenvile, dan ruang Cempaka atas. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner loyalitas, kuesioner kepuasan dan kuesioner kinerja, ketiga kuesioner tersebut telah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai koefisien Cronbach’s alpha diatas 0.90. Data dianalisis dengan descriptive statistic untuk mengetahui pengaruh antara loyalitas dan kepuasan terhadap kinerja perawat dalam asuhan keperawatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh loyalitas terhadap kinerja (p<0,05) dan tidak terdapat pengaruh kepuasan terhadap kinerja (p>0,05).  Ada pengaruh loyalitas terhadap kinerja perawat dalam Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Marinir Cilandak. Kepuasan tidak berpengaruh terhadap kinerja perawat dalam Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Marinir Cilandak.


Kata kunci : Loyalitas, Kepuasan, Kinerja

 


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ali Chaerudin, Intan Hartaningtyasrani, Velina Alicia. (2020). Sumber Daya Manusia : Pilar Utama Kegiatan Opersional Organisasi, Sukabumi, 82-99.

Fitriani, W. (2020). Artikel Pengenalan Sistem Informasi. https://doi.org/10.31219/osf.io/tr4m7.

Ibnu, U., Uis, S., Umar, J. T., Baja, L., Telp, K. B., & Tahun, B. E. I. (2019). Universitas ibnu sina (uis). 20–35.

Indrawati, A. D. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 135–142. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.

Mahdarsari, M. (2021). Initium community journal.

Mastur, V. A. M., Handiyani, H., & Atnikasari, A. (2020). Pelaksanaan Audit Mutu Pelayanan Keperawatan di RS A Jakarta Barat. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 8(3), 397. https://doi.org/10.20527/dk.v8i3.7765

Mugianti, Sri. (2016). Manajemen dan Kepemimpinan Dalam Praktik Keperawatan. Jakarta. 16-23.

Munandar, Aji. (2021). KEPUASAN KERJA TENAGA PENDIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Tawadhu, 5(1).

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional Edidi 4, Jakarta Selatan, 120-125.

Priyono, Marnis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia, Sidoardjo, 228-231.

Pusdatin. (2020). Profil Kesehatan Tahun 2019, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, 109-115.

Riwoe, R. J. D. J. A. T. M. F. W. A. F. E. D. (2019). Latar Belakang Instalasi Gawat Darurat ( IGD ) suatu organisasi ataupun awam kondisi gawat darurat , tiga hal yang waktu pertama korban ditemukan , ketepatan dan pelayanan kesehatan di rumah sakit kegawat memberikan daruratan pelayanan pertolongan oleh pe. 1–16.

Rofiliani, Lugas. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Etika Kerja Islam Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. http://perpus.iainsalatiga.ac.id/lemari/fg/free/pdf/?file=http://perpus.iainsalatiga.ac.id/g/pdf/public/index.php/?pdf=11050/1/SKRIPSI%20LUGAS%20ROFILIANA%20DONE

Sianturi, D. (2021). UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.

Siti Nurkhalizah, Siti Rochmani, Z. M. S. (2021). Nusantara Hasana Journal. Nusantara Hasana Journal, 1(1), 95–101.

Studi, P., Kesehatan, I., Keolahragaan, F. I., & Manado, U. N. (2021). Hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pasien rawat inap di rsud cendrawasi dobo kabupaten kepulauan. 02(03), 1–6.

Sudarta, I. W., Dharmana, E., Santoso, A., Bethesda, S., Yogyakarta, Y., Kedokteran, F., Diponegoro, U., & Keperawatan, J. (2014). Pengaruh Loyalitas Dan Kepuasan Terhadap Kinerja Perawat Dalam Asuhan Keperawatan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Swasta Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Keperawatan, 2(1), 22–29. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JMK/article/view/3993.

Suhardi, A., Ismilasari, I., & Jasman, J. (2021). Analisis Pengaruh Loyalitas dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 1117–1124. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.421

Sutrisno, Eny. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, 74-80.

Tingkat, D., & Tenaga, L. (2016). Oleh : EKA GALUH ANGGRAINI PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT.

Widayati, F., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 251–257. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.29

Waryantini, & Maya. (2020). Hubungan Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat Dalam Melakukan Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Healthy Journal ©2020, Prodi Ilmu Keperawatan, FIKES-UNIBBA, Bandung, 10(1), 16–28.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i3.6025

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License